window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022

Prasetyo · 1 Jan, 2023 09:04

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 01

Guangzhou Auto Show 2022 resmi dibuka, Jumat (30/12/2022). Boleh dibilang, pameran otomotif ini jadi surganya para produsen mobil asal Cina menunjukkan teknologi terbarunya.

Beberapa peserta dari Tiongkok yang ikut hadir di Guangzhou Auto Show 2022 yakni Chery, Geely, NIO, dan juga FAW. Nah pabrikan yang terakhir kami sebut ini menampilkan mobil konsep ala kapal pesiar. Mobil tersebut dinamakan FAW Fuwei.

Baca juga: Hyundai N Vision 74, Mobil Konsep Berparas Retro dengan Tenaga Ganda

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Roda Mengambang Bak Kapal Pesiar

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 01

Dari depan udah mirip kapal

Dikutip dari Autohome, Minggu (01/01/2023), mobil itu dibangun oleh FAW Fuwei Innovation Research Institute di bawah FAW. Dan secara keseluruhan tidak bisa disanggah kalau mobil konsep ini terlihat sangat sci-fi.

Dari segi penampilan, FAW Fuwei mengadopsi ide desain yang sangat futuristik. Bahkan harus kami akui, dari luar kalau ini bukan lagi terlihat sebagai mobil, namun lebih mirip kapal pesiar ukuran kecil alias yacht.

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 02

Tak terlihat roda dan gagang pintu

Mobil konsep ini mengadopsi gril depan cekung berukuran besar yang dilapisi dengan elemen emas. Dikedua sisi fascia depan ini juga ada panel dekoratif yang menonjol layaknya bagian depan kapal untuk membelah ombak di lautan. 

Kemudian dari bagian samping ia tampak polos. Tidak ada gagang pintu maupun roda yang terlihat. Bodinya seakan mengambang, hanya sebuah panel kaca besar yang melengkung dari bagian penumpan depan ke belakang.

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 03

Pintu geser dengan arah berlawanan

Namun ternyata mobil baru ini mengadopsi desain pintu geser sisi berlawanan, yang proses buka tutupya secara elektrik.

Baca juga: Mari Kenalan dengan Batra, Mobil Konsep Sebelum Toyota Avanza - Daihatsu Xenia Lahir

Interiornya Tanpa Setir

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 04

Setir digantikan monitor LCD

Dibandingkan desain eksterior yang lebih mirip kapal, maka ruang kabin FAW Fewei dibuat lebih moderat layaknya mobil konsep lain. Interiornya mengadopsi warna terang, kombinasi putih dan cokelat muda, serta ada sedikit aksen emas yang senada bagian gril depan.

Dari sisi ruang pengemudi terlihat tak ada lingkar setir disana. Gantinya dua buah panel monitor LCD ukuran besar yang tersusun bertingkat. Layout dasbor juga tampak kosong dan rata. Sementara kisi-kisi AC diberi sentuhan dekoratif ala kristal.

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 05

Jok belakangnya juga mewah

Panel kaca besar ternyata juga bukan hanya di jendela. Namun bagian atap mobil ini hampir seluruhnya terbuat dari kaca. Lantas jok penumpang belakang model captain seat lengkap dengan snadaran kaki.

Pada konso tengahnya juga disediakan tempat penyimpanan gelas wine, serta sejumlah tombol remote untuk berbagai fungsi fitur pemanja ruang penumpang.

Baca juga: MG Maze, Mobil Konsep Terbaru MG Paduan Antara Dunia Game dengan Tampilan Futuristik!

Banyak Mobil Konsep Unik di Guangzhou Auto Show 2022

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 06

Zeeker M-Vision

Sayangnya tidak ada keterangan resmi seperti apa mesin dan teknologi yang tersemat pada FAW Fuwei. Meksi begitu, mobil berparas unik ini bukan satu-satunya mobil konsep di ajang Guangzhou Auto Show 2022.

Mobil Mengambang Ala Kapal Pesiar Muncul di Guangzhou Auto Show 2022 07

IAT

Sebab di pameran ini juga muncul beberapa mobil kosep buatan Cina lainnya. Seperti Zeeker M-Vision yang berwujud MPV masa depan. Lalu ada IAT yang merupakan perusahaan dari IAT Automobile Technology sebuah perusahaan desain otomotif yang juga pernah ikut merancang beberapa mobil Geely, FAW, GAC, NIO, dan sebagainya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia