window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa?

Yongki Sanjaya · 1 Feb, 2022 10:00

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 01

Segmen crossover kini semakin sengit dan ketat setelah Hyundai Motors Indonesia meluncurkan Hyundai Creta di ajang GIIAS 2021 lalu. Secara segmentasi, mobil ini menjadi rival baru Honda HR-V. Tak tinggal diam, PT Honda Prospect Motor kini juga sedang mempersiapkan HR-V generasi ketiga yang sudah terlebih dahulu meluncur di Jepang dan Thailand.

Tentunya, kemunculan Honda HR-V 2022 ini akan sangat dinanti karena publik ingin melihat apa saja inovasi baru yang ada pada crossover tersebut. Sebab selama ini, Honda HR-V sukses menjadi crossover terlaris walaupun cukup banyak merek lain bermain di segmen ini.

Karena belum meluncur, kami hanya akan membandingkan Honda HR-V generasi ketiga ini berdasarkan prediksi spesifikasi yang ada di Thailand. Biasanya, unit yang hadir di Thailand spesifikasi atau fiturnya mirip dengan yang kemudian meluncur di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan banyaknya inovasi fitur, apakah Hyundai Creta bisa jadi kuda hitam melawan Honda HR-V yang sudah punya nama? Mari kita bandingkan.

Honda HR-V Gen 3 2022, Pakai Mesin Milik Civic Turbo?

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 01

Honda HR-V Turbo 2022 sudah bersiap untuk mendarat di Indonesia.  Spyshoot sosok Honda HR-V ini pun sudah beredar luas, saat sesi pembuatan video iklan produk. Dari beberapa foto yang beredar di media sosial, cukup terlihat jelas kalau Honda HR-V 2022 yang masuk Indonesia punya kemiripan dengan HR-V RS di Thailand pada bagian lampu belakang, serta gril depannya.

Informasi akan masuknya Honda HR-V 2022 sudah muncul sejak pertengahan tahun lalu. Saat itu muncul informasi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia mengenai dokumen pendaftaran hak paten dari Honda Motor Co. Ltd. Kemudian melalui situs Badan Pendapatan Daerah Pemerintah DKI Jakarta tercantum informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari beberapa varian Honda HR-V terbaru antara lain HR-V E CVT, S CVT, SE CVT, dan satu lagi yang menarik yakni 1.5T RS CVT.

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 02

Menurut prediksi kami untuk HR-V RS di Indonesia, kemungkinan akan dipasang mesin 1.5L Turbo kepunyaan All New Honda Civic yang juga belum lama dirilis HPM. Untuk tipe dibawahnya tak menutup kemungkinan akan memakai mesin milik City Hatchback, sebagaimana saat generasi sekarang yang pakai mesin turunan milik Jazz. 

Interior Honda HR-V 2022 Versi Jepang, Desainnya Premium dan Kaya Fitur

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 03

Memasuki kabin Honda HR-V 2022, kita akan disuguhi jok dual tone, panoramic moon roof (versi tertinggi) yang berada di atas bangku baris pertama dan kedua memberikan kesan menawan. Untuk infotaiment dengan layar model floating plus sistem koneksi Honda yang telah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.

Semua varian Honda HR-V 2022 telah mendapatkan lampu interior LED, dan jok belakang lipat 60:40. Meski memiliki tampilan digital, penyetelan AC Honda HR-V generasi ketiga malah menggunakan model putar memakai tiga buah knob.

Sedangkan Honda HR-V generasi lama head unitnya dipasangkan model tanam, serta pengaturan AC digital yang lebih condong ke arah pengemudi.

Tampilan Honda HR-V 2022, Kian Elegan dan Dewasa

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 04

Honda HR-V 2022 hadir dengan mendapatkan ubahan desain yang terlihat mulai dari bagian fascia. Disain pada grill mengalami ubahan dengan kini berbentuk hexagonal memanjang, lampu utama pun lebih ramping sehingga SUV kompak makin terlihat premium.

Bagian belakang, Honda HR-V 2022 kini terlihat makin ramping. Hal ini berkat bentuk lampu belakang yang lebih pipih dan terkesan menyatu dengan kedua sisinya. Generasi terbaru Honda HR-V 2022 juga telah mengadopsi fitur power tailgate sehingga dapat membuka bagasi secara otomatis dengan menggoyangan kaki di bawah bumper belakangnya.

Honda HR-V Gen 3 Bakal Dapat Honda Sensing?

Honda Indonesia kini semakin serius soal fitur keselamatan di lini produk terbaru mereka. Untuk versi global, Honda HR-V 2022 telah ditanamkan fitur keselamatan Honda SENSING. 

Teknologi tersebut mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Sedangkan Honda HR-V generasi sebelumnya hanya mendapatkan fitur keselamatan berupa G-CON + ACE, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Motion Adaptive EPS, Brake Override System dan Parking Sensor. 

Hyundai Creta 2022, Fiturnya Paling Royal Untuk Saat Ini

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 05

Kalau membandingkan Hyundai Creta 2022 dengan Honda HR-V Gen 2 yang ada sekarang, crossover terlaris asal Jepang itu perlu waspada karena Creta punya banyak fitur unggulan dan yang terpenting ialah harganya yang lebih murah.

Creta memberikan banyak nuansa baru. Desain Parametric Jewel Grille di eksterior yang ditawarkan Creta tentunya masih sangat fresh. Interiornya juga kaya fitur canggih yang harus bisa dilampaui HR-V pada generasi ketiga. 

Hyundai Creta masih bisa berbangga diri karena punya dua monitor lebar. Satu berpenampang 10,25 inci sebagai meter cluster di sisi pengemudi, dan satu lagi berukuran 8 inci menjadi headunit infotainment.

Mesin Hyundai Creta Kalah Tenaga Dari Mesin Civic Turbo Basisnya HR-V 1.5T RS

Perbandingan Hyundai Creta 2022 vs Honda HR-V Gen 3 yang Bakal Masuk Indonesia, HR-V Bawa Inovasi Apa? 06

Hyundai menggunakan mesin Smartstream G1.5 untuk Creta. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi 143,8 Nm di 4.500 rpm. Mesin tersebut kemudain dikombinasikan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT) dan ada juga pilihan transmisi manual 6 percepatan.

Ada kemungkinan, Honda memiliki dua pilihan meisn untuk HR-V. Yaitu mesin 1.5L berdaya 121 PS. Opsi selanjutnya yaitu mesin yang diadopsi dari Honda Civic Turbo, dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 173 Hp dengan torsi 220 Nm. Jelas dari sisi tenaga, Honda nantinya masih bisa tetap jumawa karena ungguli Creta.

Hyundai Creta Punya Fitur ADAS, Hyundai SmartSense

Sebagai SUV modern, Hyundai telah membekali Creta dengan fitur Hyundai SmartSense. Berikut beberapa fitur di Hyundai Creta yang termasuk dalam Hyundai SmartSense :

  • Forward Collision Avoidance Assist (FCA)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA)
  • Driver Attention Warning (DAW)
  • Driver Rear View Monitor (DRVM)
  • Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
  • Safe Exit Warning (SEW)
  • High Beam Assist (HBA)
  • Rear Occupant Alert (ROA)
  • Hill-start Assist Control (HAC)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Vehicle Stability Management (VSM)

Kesimpulan

Melihat prediksi fitur yang telah diusung oleh Honda HR-V Gen 3 versi Jepang atau Thailand, banyak hal baru nan canggih di crossover andalan Honda tersebut. HR-V sudah memiliki fitur ADAS yang dulu hanya tersedia terbatas di model flagship mereka.

Untuk saat ini, Hyundai Creta mungkin menang banyak dari HR-V generasi kedua yang sudah mulai usang. Namun bila model barunya nanti sudah meluncur, maka Honda bisa saja membalikkan keadaan dan kembali merajai penjualan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil