window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Persiapan Berkendara Jelang Musim Hujan

Dhoni · 1 Okt, 2020 18:00

Musim hujan mulai membasahi berbagai kota di Indonesia, kewaspadaan harus semakin ditingkatkan mulai dari persiapan pada mobil kesayangan serta berbagai barang yang kerap tertinggal saat dibutuhkan.

Kondisi kontur permukaan jalan di Indonesia yang terkadang menimbulkan genangan sehingga perfoma mobil wajib dalam keadaan prima. Memaksakan kendaraan untuk dapat melalui genangan tinggi dapat menimbulkan kendala di kemudian hari.

Persiapan Berkendara Jelang Musim Hujan 01

Untuk memastikan kendaraan dan barang bawaan siap dalam menghadapi musim hujan, berikut yang wajib dipersiapkan:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelistrikan Mobil

Dapat dipastikan mesin mobil anti terhadap air, hanya pada kasus tertentu air masuk ke mesin dan tentu berujung kerusakan parah. Tetapi beberapa bagian mobil sangat mungkin kemasukan air ketika memaksakan kendaraan menerabas genangan air.

Terlebih lagi bagian kelistrikan yang biasanya tidak kedap air sehingga wajib memastikan tidak ada bagian yang mungkin bermasalah saat terkena air.

Pembersih kaca

Mulai dari wiper yang sangat jarang digunakan, tidak ada salahnya menguji kinerja dari pergerakannya. Begitu pula dengan karet wiper, jika telah berusia atau kaku maka wajib melakukan penggantian.

Cairan wiper (wiper fluid), terlalu lama tidak digunakan sangat mungkin selang air tersumbat. Jadi pastikan juga saluran air pembersih kaca dan jaga agar tidak habis saat berkendara.

Kaca mobil

Tanpa disadari, jamur di kaca mobil dapat tumbuh bukan hanya di kondisi musim hujan. Dan Terkadang jamur pada kaca mobil mulai dapat dilihat saat musim hujan. Membersihkan dan menjaga kondisi kaca wajib dilakukan agar berkendara menjadi nyaman.

Persiapan Berkendara Jelang Musim Hujan 01

Lampu mobil

Demi menjaga visibilitas saat berkendara yang menunjang keselamatan anda dan pengguna kendaraan lainnya, lampu mobil wajib dalam keadaan normal agar dapat membantu penglihatan hingga menjadi isyarat.

Ban mobil

Tekanan udara ban wajib sesuai standar yang ditentukan. Kondisi ban mobil yang telah aus akan sangat berbahaya digunakan dalam kondisi kering sekalipun, apalagi saat permukaan jalan basah. Untuk melihat keausan ban, anda dapat memperhatikan tanda melalui Tire Wear Indicator (TWI) yang berada di alur ban mobil.

Kaki-kaki mobil

Jika keausan ban tidak merata, kemungkinan kendala pada kaki-kaki mobil. Tidak ada salahnya memeriksa kondisi kaki-kaki termasuk rem mobil mulai dari kampas rem hingga minyak rem.

Kemudian persiapan barang bawaan yang sering terlupakan saat dibutuhkan ketika musim hujan seperti,

Payung

Terkadang payung telah diturunkan dari mobil ketika musim panas. Namun jika payung telah tersedia maka tidak ada salahnya memeriksa kondisinya. Jangan sampai ketika akan digunakan, payung malah rusak karena usia pemakaian.

Baju cadangan

Baju cadangan sangat dibutuhkan saat musim hujan, jangan sampai berkendara dalam kondisi basah. Selain tubuh dapat terserang deman, jok mobil yang basah dapat menimbulkan aroma kurang sedap di kemudian hari.

Sandal jepit

Berkendara dengan kaki yang basah tentu sangat tidak nyaman. Maka usahakan selalu menyediakan sandal jepit saat akan keluar dari mobil demi menuju mini market.

Dengan beragam persiapan, tentu diharapkan berkendara tetap aman dan nyaman saat musim hujan.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil