Pilih Mana, Datsun GO Baru Atau Bekas?

Anissa · 23 Mei, 2020 12:00

Bagi sebagian orang, terkadang membeli mobil bekas merupakan pilihan yang lebih menguntungkan untuk diambil. Biasanya, jika kita tidak menggunakan mobil sebagai transportasi harian, kita akan cenderung untuk memilih membeli mobil bekas, dengan alasan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga barunya. 

Salah satu mobil yang terkenal dibanderol dengan harga yang terjangkau, tidak lain adalah Datsun GO. Mobil ini terkenal memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi sehingga irit bensin, juga memiliki biaya perawatan yang murah. Selain itu, karena harga mobil baru Datsun GO juga sudah bisa dibilang cukup terjangkau, maka mobil bekasnya pun banyak dicari sebagai alternatif bagi orang yang memerlukan mobil dengan harga yang ramah di kantong.

Datsun GO Bekas

Mobil-mobil Datsun GO bisa dibilang cukup jarang terlihat di diler-diler mobil bekas jika dibandingkan dengan Low Cost Green Car (LCGC) yang lainnya, seperti Toyota Calya, Honda Brio, maupun Daihatsu Sigra. Hal ini disebut-sebut merupakan dampak dari angka penjualan mobil ini yang tidak terlalu tinggi, terlepas dari kepopulerannya yang cukup tinggi. Mobil ini memang tidak terlalu sering terlihat di pasaran, sehingga masih jarang ada yang menjual mobil ini dalam keadaan bekas. 

Kendati demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa Datsun GO dan Datsun GO+ merupakan model mobil bekas yang cukup menarik untuk dipilih. Usia kedua varian mobil dari Datsun ini masih terbilang muda, jadi seandainya kita membeli mobil bekas sekalipun, masalah yang akan kita temui pada mesin atau komponen mobil lainnya biasanya bukanlah masalah besar. Terlebih jika angka yang tertera pada odometer mobilnya masih sedikit.
Kebanyakan mobil Datsun GO maupun Datsun GO+ bekas yang ada di pasaran keadaannya memang masih cukup baik. Komponennya masih bagus dan kebanyakan belum masuk waktu untuk penggantian besar. 

Selain itu, mesin tiga silinder berkapasitas 1.200 cc yang bisa menghasilkan tenaga 68 PS dan torsi 104 Nm yang dibenamkan ke dalam kedua varian mobil ini menjadikan mobil ini semakin hemat bensin. Tidak heran jika kemudian mobil ini banyak dilirik oleh para pengemudi taksi online di Indonesia. 

Berikut adalah daftar harga mobil Datsun GO dan Datsun GO+ bekas yang ada di pasaran. Harga ini bisa bervariasi tergantung dengan keadaan mobil bekas yang dijual. 

Model/Tahun Kisaran Harga
Datsun GO, Datsun GO+/2014 Rp65-75 jutaan
Datsun GO, Datsun GO+/2015 Rp70-80 jutaan
Datsun GO, Datsun GO+/2016 Rp75-85 jutaan
Datsun GO, Datsun GO+/2017 Rp80-90 jutaan
Datsun GO, Datsun GO+/2018 Rp85-95 jutaan

Datsun GO dan Datsun GO+ Baru

Harga murah yang ditawarkan oleh Datsun GO dan Datsun GO+ bekas yang ada di pasaran memang sangat menarik. Tetapi jika kita menginginkan kualitas mobil yang prima, tidak ada salahnya jika kita mengeluarkan sedikit lebih banyak uang untuk membeli mobil baru. Selain itu, dengan membeli mobil baru, kita bisa mendapatkan gratis biaya jasa servis hingga penggunaan mobil dengan jarak 50.000 km, sehingga kita tidak akan merogoh kocek terlalu dalam ketika harus melakukan perawatan pada mobil.

Ketika baru pertama kali dirilis kembali di dunia otomotif, Datsun GO memang mendapatkan respon yang cukup hangat. Meskipun satu tahun setelah dirilisnya angka penjualan secara globalnya hanya mencapai 100.000 unit, tetapi mobil yang satu ini bisa menarik minat pecinta mobil di Indonesia dengan harganya yang sangat ramah budget.

Pada saat baru dirilis kembali, Datsun GO dibanderol dengan harga di bawah Rp100 juta untuk tipe paling dasar. Harga tersebut tentu sangat terjangkau dibandingkan mobil pesaingnya untuk ukuran mobil baru. 
Jika dilihat secara sekilas, desain mobil Datsun GO ketika pertama kali perilisannya mirip dengan Nissan Grand Livina, tetapi lebih kompak. Saat itu, mobil ini juga dibekali dengan mesin berkapasitas 1.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 50 kw pada putaran 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada putaran 5.000 rpm. 

Tetapi pada tahun-tahun berikutnya, Datsun pun terus menghadirkan berbagai perubahan dan peningkatan pada Datsun GO, dan bahkan kemudian menghadirkan Datsun GO+ sebagai varian mobil MPV. Hal ini ternyata berimbas pada harganya yang kemudian mengalami sedikit kenaikan. Berikut ini adalah rincian harga terbaru dari mobil Datsun GO dan Datsun GO+.

Datsun GO

Nama Model Pilihan Transmisi Harga
All New Datsun GO D Transmisi Manual Rp112,090,000
All New Datsun GO A Rp119,460,000
All New Datsun GO T Rp131,780,000
All New Datsun GO T-ACTIVE Rp135,420,000
All New Datsun GO A Transmisi Otomatis Rp135,410,000
All New Datsun GO T Rp147,610,000
All New Datsun GO T-ACTIVE Rp151,360,000

Datsun GO+

Nama Model Pilihan Transmisi Harga
All New Datsun GO+ D Transmisi Manual Rp120,270,000
All New Datsun GO+ A Rp128,130,000
All New Datsun GO+ T Rp137,430,000
All New Datsun GO+ T-STYLE Rp141,960,000
All New Datsun GO+ A Transmisi Otomatis Rp144,090,000
All New Datsun GO+ T Rp153,250,000
All New Datsun GO+ T-STYLE Rp157,910,000

Baik mobil baru maupun mobil bekas, Datsun GO dan Datsun GO+ memang menawarkan keuntungannya masing-masing. Konsumen juga tidak perlu bingung lagi saat memilih mobil baru atau bekas. Semuanya kembali ke kebutuhan dan selera masing-masing.Berdasarkan tabel di atas, bisa kita simpulkan bahwa harga Datsun GO dan Datsun GO+ memang tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Dan untuk ukuran mobil baru, harga kedua varian mobil pabrikan Datsun ini memang cukup terjangkau.

Komentar

Mobil Terbaru