window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Polisi Tambah 34 Kamera Tilang Elektronik, Pemudik Ugal-ugalan Bisa Kena Pantau

Herdi · 9 Feb, 2023 13:01

Polisi Tambah 34 Kamera Tilang Elektronik, Pemudik Ugal-ugalan Bisa Kena Pantau 01

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menambah 34 Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau kamera tilang elektronik di tahun 2023. Hal ini dilakukan untuk memperkuat sistem pemantauan lalu lintas.

Menurut Kabag TIK Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya, 34 kamera ETLE  akan disebar di tiga wilayah Polda, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. 

Kabag TIK Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya

Kabag TIK Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya

"Jadi jumlah keseluruhan penambahan kamera ETLE dari Korlantas Polri di tiga Polda tersebut untuk tahun 2023 ada 34 titik kamera yang tersebar di beberapa Polres,” ungkap Made Agus dilansir NTMC Polri. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Made Agus menyatakan, dengan semakin banyak titik-titik kamera ETLE diharapkan anggota Polantas Polri mampu bersikap profesional dalam menangani penegakan hukum bidang lalu lintas, dan kasus-kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi.

Baca juga: Tilang Elektronik Dinilai Bisa Tingkatkan Disiplin Berkendara Dibanding Tilang Manual

Ilustrasi kameran ETLE

Pemantaun kamera ETLE

Selain itu, lanjut dia, anggota polisi juga semakin transparan dan prosedural tanpa memihak kepada salah satu yang berperkara. Hal ini guna meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri.

Agus Made juga menyebutkan, penambahan kamera juga merupakan upaya Korlantas Polri dalam mengoptimalkan memperkuat pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran yang akan berlangsung pertengahan April 2023. "Agar pelaksanaan mudik nanti masyarakat bisa merasakan kenyamanan, karena terbangunnya tertib lalu lintas dan tertib hukum," sebut Agus.

Baca juga: Copot Pelat Nomor Demi Hindari Tilang Elektronik Ancamannya Dipenjara dan Kendaraan Disita

Lokasi Kamera Tilang Elektronik Terbaru

Ilustrasi kameran ETLE

Ilustrasi kameran ETLE

Adapun lokasi pemasangan kamera ETLE, sebagai berikut:

Jawa Tengah

Penambahan titik lokasi kamera berada di Polres Kabupaten Semarang, Polres Salatiga, Polres Sragen dan Polres Karanganyar. Untuk Polres Semarang titik lokasi berada di TL Asalaman dan TL Alun-Alun Lama.

Ilustrasi kameran ETLE

Penempatan kamera ETLE

Untuk Polres Salatiga ditempatkan di Bundaran Tamansari dan di Simpang Empat Jetis. Sementyara Polres Karanganyar berlokasi di Alun-Alun Karanganyar dan SP 4 Tegal Gede. Sedang di Polres Sragen berlokasi di Jl. Timur Tilang Sari SPBU dan TL Alun-Alun Sragen.

Jawa Timur

Wilayah di timur Pulau Jawa, titik lokasi kamera berada di 9 Polres, yaitu Polres Ngawi berlokasi di SP 4 Terminal Lama dan SP 4 Dungus. Untuk Polres Madiun Kabupaten dipasang di SP 4 MT Haryono dan SP 4 Dasar Dolopo. 

Ilustrasi kameran ETLE

31 kamera ETLE baru akan disebar

Adapun di Polres Nganjuk berlokasi di SP 4 Mangundikaran dan Pospol Melundo. Sedang di Polres Jombang dipasang di Jl. Nuchoid Masjid Tunggul dan di SP 4 Sambang. Sementara itu, untuk Polres Mojokerto Kota titik lokasi kamera berada di SP 4 Empunala Gajah Mada dan Jl. Majapahit. Untuk Polres Sidoarjo Kota dipasang di SP 5 Krian dan Jl. Raya Kletek.

Sedangkan untuk Polres Pasuruan Kota diletakkan di Jl. Pahlawan Stadion dan SP 3 Pahlawan. Untuk Polres Probolinggo Kota titik kamera berada di SP 4 TL Laweyan dan Jl. PB Sudirman. Sementara untuk Polres Banyuwangi dipasang di Gajah Mada Genteng dan SP 3 DPR Adisucipto.

Baca juga: Nekat Copot Plat Nomor Demi Hindari Tilang Elektronik, Siap-siap Motor Atau Mobil Disita Polisi

Ilustrasi kameran ETLE

Pantau para pelanggar lalu lintas

Bali

Untuk wilayah Bali, kamera ETLE akan diterapkan di Polres Jembrana, Polres Tabanan, Polres Badung, dan Polresta Denpasar. Polres Jembrana akan menyebarkan kameranya di Pospol Sudirman dan Gajah Mada, lalu Polres Tabanan penyebaran kameranya di Simpang Pahlawan dan Pospol traffic light Kediri.

Polres Badung sendiri akan memasang kamera tilang elektronik di Simpang traffic light Akian Basih dan Puspem Badung. Sementara  Polresta Denpasar pemasang kamera dilakukan di Simpang Sanggaran dan Jalan Sekarsari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil