window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil

Enda · 8 Sep, 2021 13:30

Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil 01

Cara mudah membesihkan injektor mobil

Injektor merupakan salah satu bagian terpenting pada mesin mobil. Injektor sendiri memiliki fungsi yang sangat krusial, yakni menyuplai bensin ke ruang bakar untuk menghasilkan ledakan yang membuat mesin mobil menjadi berputar.

Agar selalu mendapatkan performa yang baik, maka kondisi injektor diwajibkan selalu dalam keadaan prima.

Dengan begitu, kami ingin membagikan informasi berupa tips dari Auto2000 cara mudah membersihkan injektor pada mesin mobil.

Baca juga: Tuas Transmisi Matic Salah Oper Gigi ke R Dari Posisi D, Apakah Bahaya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Pakai Cairan Pembersih Dituangkan ke Dalam Tangki BBM

Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil 01

Menuang cairan pembersih khusus ke dalam tangki BBM

Cara membersihkan injektor mobil yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, yakni menggunakan cairan pembersih khusus. Cairan pembersih ini nantinya dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar.

Dengan begitu, cairan pembersih akan mengalir menuju injektor bersamaan dengan bahan bakar untuk membersihkan bagian dalamnya. Sementara itu, Anda tetap bisa menggunakan mobil seperti biasanya, tidak perlu menunggu cairan pembersih melakukan tugasnya.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggunaan cairan pembersih ini adalah cara pembersihan paling dasar. Hasil pembersihannya dianggap kurang maksimal karena cairan tersebut tercampur dengan bahan bakar di dalam tangki.

Baca juga: Biar Tak Terpleset Saat Mengerem, Ketahui Cara Kerja Fitur EBD pada Mobil-Mobil Modern Ini

2. Dengan Menyemprotkan Cairan Pembersih ke Lubang Injektor

Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil 02

menyemprotkan cairan ke lubang injektor untuk membersihkan injketor

Langkah lain dalam membersihkan injektor, kalian bisa melakukannya dengan cara disemprotkan cairan khusus ke dalam lubang injektornya. Cara membersihkan injektor mobil ini mengharuskan Anda membongkar lebih dulu komponennya dan melepasnya dari mesin.

Setelah injektor dilepas dari mesin, di bagian injektor tempat bahan bakar masuk, akan dipasangkan semprotan pembersih. Ketika injektor diaktifkan, maka cairan pembersih akan mengalir dan membersihkan kerak maupun kotoran yang menempel didalamnya.

Saat Anda sudah melihat hasil semprotan yang keluar dari injektor dalam bentuk spray, maka itu berarti pembersihan sudah selesai dilakukan.

3. Menggunakan Alat Pembersih Khusus

Punya Mobil Injeksi? Ini Cara Mudah Membersihkan Injektor Pada Mesin Mobil 03

Memakai alat pembersih khusus untuk membersihkan kotoran yang menyumbat lubang injektor

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan alat pembersih khusus yang berfungsi mengangkat seluruh noda maupun kerak dari bagian dalam ruang pembakaran.

Langkahnya dimulai dengan membongkar injektor dan mengeluarkannya dari mesin mobil untuk sementara. Ketika sudah dilepas, injektor akan direndam dengan cairan khusus pembersih/injektor cleaner. Agar cairan bisa menjangkau bagian terdalam dari injektor, wadah akan dipasangi getaran ultrasonic untuk membuat cairannya bergerak. 

Setelah cairan pembersih berhasil meluruhkan kerak, noda, dan kotoran, selanjutnya injektor akan dipasang ke tabung-tabung kaca agar hasil penyemprotan cairan pembersih bisa dinilai hasilnya. Cara menilainya dengan membandingkan waktu injeksi yang dilakukan dan jumlah bahan bakar.

Baca juga: Ketahui Syarat Balik Nama BPKB dan STNK, Segini Estimasi Waktu dan Biayanya

 

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil