window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Seberapa Penting Fitur Kamera Mundur Pada Mobil Masa Kini?

Dhoni · 3 Mar, 2021 12:00

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai fitur pada mobil turut mengalami peningkatan. Bila dahulu saat memundurkan mobil harus butuh bantuan pengamatan orang lain dan feeling yang tepat, kini kita cukup melihat melalui layar infotaiment pada mobil. Kemudahan ini berkat tersedianya kamera belakang.

Seberapa Penting Fitur Kamera Mundur Pada Mobil Masa Kini? 01

Seberapa penting fitur kamera mundur pada mobil masa kini?

Kamera Belakang, Fitur Keselamatan Penting yang Kurang Dianggap 

Memang, tidak semua mobil telah terpasang kamera belakang. Seiring kebutuhan, telah banyak produk after market yang menjual kamera belakang.

Tapi tahukah Anda, bahwa kamera belakang awalnya dipasang untuk meningkatkan keselamatan orang disekitar mobil. Jadi bukan sekedar memudahkan saat mundur atau parkir saja.

Kamera belakang pada mobil, awalnya diciptakan untuk memantau apabila tiba-tiba saja anak-anak yang berada di belakang mobil. Bukan tanpa sebab, di Amerika Serikat seringkali terjadi kecelakaan terhadap anak kecil ketika mobil sedang bergerak mundur. Jumlahnya mencapai 15 ribu kejadian dengan sekitar 200 orang meninggal dunia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seberapa Penting Fitur Kamera Mundur Pada Mobil Masa Kini? 01

fungsi kamera belakang pada mobil

Dengan banyaknya korban, pemerintah Amerika Serikat lantas mengeluarkan peraturan untuk mobil lansiran tahun 2018 wajib terpasang kamera belakang.

Fungsi Kamera Belakang pada Mobil, Alat Bantu Selain Spion

Kemampuan berkendara saat mundur dengan melihat kaca spion atau menengok langsung ke belakang tetap wajib dimiliki. Sebagai pengemudi, kita dituntut tidak hanya mengandalkan gambar tampilan pada layar monitor.

Namun demikian, fungsi dari kamera belakang untuk memundurkan mobil tergolong sangat penting. Bahkan titik blind spot ketika mundur sangat besar dibanding mobil bergerak maju.

Seberapa Penting Fitur Kamera Mundur Pada Mobil Masa Kini? 02

Kamera belakang pada Toyota

Bahkan penggunaan kamera belakang untuk mundur tidak hanya terdapat pada mobil-mobil berukuran bongsor seperti SUV maupun MPV. Beberapa city car pun telah menggunakan fitur ini demi memberikan keamanan dalam berkendara, seperti Daihatsu Sirion.

Sistem Kerja Kamera Belakang, Canggih dan Presisi

Kamera belakang akan berfungsi ketika tuas transmisi berada pada posisi mundur atau ‘R’. Tampilan layar monitor secara otomatis berubah menampilkan kondisi di belakang mobil. Setiap kamera memiliki variasi jangkauan antara 3 meter hingga lima meter.

Tampilan pada layar dari kamera mundur terdapat garis pembantu dan biasanya terhubung melalui sensor pada roda depan (kemudi). Kemampuan garus tersebut akan bergerak melengkung mengikuti arah kemudi, jika setir mobil diarahkan ke kiri maka garis tersebut akan mengikuti.

Sonar atau sensor belakang pun akan mendeteksi ketika bagian belakang mobil terlalu dekat dengan benda sehingga mengeluarkan suara peringatan.

Selain kamera belakang, kini juga tersedia fitur kamera 360 derajat. Kamera ini dapat menampilkan kondisi bagian belakang maupun sekeliling mobil.

Cara kerjanya mirip seperti pada penggunaan kamera belakang. Ketika tuas transmisi berpindah ke posisi mundur maka kamera 360 derajat akan menampilkan kondisi di sekeliling mobil pada layar sentuh.

Tampilannya menjadi persepektif bird's eye view. Fitur kamera 360 derajat dapat ditemui pada Wuling Almaz.

Memasang Kamera Belakang pada Mobil, Banyak Pilihannya 

Saat ini cukup banyak pilihan after market dari kamera mundur, hasil tangkapan kamera pun menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Kejernihan gambar dengan resolusi tinggi tentu sangat dibutuhkan, terlebih saat malam hari.

Namun yang harus dipastikan adalah head unit pada mobil Anda dapat mendukung penggunaan kamera mundur. Minimal telah memakai double din yang terdapat layar monitor berukuran kecil.

Jika masih mengunakan sistem audio single din, maka anda harus menambahkan layar monitor agar dapat terhubung dan menampilkan gambar kondisi di belakang mobil.

Seberapa Penting Fitur Kamera Mundur Pada Mobil Masa Kini? 03

Kamera belakang harus dengan resolusi tinggi untuk penggunaan malam hari

Kesimpulan

Sebelum kamera belakang banyak digunakan seperti sekarang, beberapa mobil telah memasangkan sensor parkir pada bodi bagian belakang mobil.

Sebenarnya, sensor tersebut tergolong cukup efektif memberi sinyal peringatan apabila bagian belakang semakin mendekati objek diam. Walau terkadang, suara peringatan dianggap mengganggu.

Dengan tersedianya sensor belakang dan kamera belakang, seharusnya kecelakaan yang ditumbulkan dapat ditekan. Namun demikian feeling berkendara wajib dimiliki. Ingat, belajar parkir lebih sulit dibanding pertama kali berkendara! 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil