window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin?

Yongki Sanjaya · 11 Mar, 2022 11:30

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 01

Radiator berfungsi mendinginkan mesin mobil supaya tetap dalam suhu kerja optimal. Untuk cairan pendingin, ada beberapa versi yaitu pakai coolant atau air aki dan air biasa. Jika komponen ini bermasalah, maka suhu mesin akan tak terkendali sehingga terjadi overheat. 

Radiator merupakan komponen utama yang memegang peran krusial. Radiator mobil bekerja menstabilkan suhu dengan cara menyerap suhu panas dari mesin melalui cairan yang bersirkulasi. Artinya, sistem cairan dalam radiator juga berperan penting untuk mempercepat pendinginan dengan membuang panas mesin yang didinginkan melewati radiator. 

Komponen Dalam Radiator, Bekerja Mensirkulasikan Hawa Panas Mesin

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Radiator memiliki beberapa komponen pendukung untuk memaksimalkan kerjanya. Komponen ini memastikan fungsi radiator memberikan sistem pendinginan mesin yang optimal. Berikut ini komponen penting dalam radiator sebagaimana dikutip dari laman Auto2000:

  • Upper tank: bagian ini digunakan sebagai tempat penampungan air (coolant) pembawa suhu panas setelah mengitari mesin. Bentuk upper tank memanjang dan terletak di bagian atas radiator. Komponen ini disebut juga reservoir tank.
  • Radiator core: komponen inti yang berbentuk seperti pipa kecil dengan lubang di sekelilingnya. Bagian ini berfungsi menyalurkan panas dari air yang telah melewati mesin ke udara luar. 
  • Lower tank: digunakan sebagai penampungan air setelah mengalami proses pendinginan. Letaknya berada di bagian bawah radiator. Air yang sudah berada di dalam lower tank siap dialirkan kembali melalui saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas. 
  • Sirip radiator: berfungsi membantu core dalam pelepasan panas dari air menuju ke udara. Karena berfungsi mendukung kinerja core, maka letak sirip radiator adalah di tengah-tengahnya. 
  • Drain plus: terletak di bawah radiator pada lower tank dan berperan sebagai komponen penguras air pendingin. 
  • Radiator cap: disebut juga sebagai tutup radiator, peran radiator cap adalah menutup lubang radiator, mengatur tekanan, dan tempat pengisian dari air. Komponen ini juga didesain untuk menutup radiator agar tidak terjadi kebocoran pada radiator mobil.

Cara Kerja Radiator Mobil, Sirkulasi Cairan Jadi Kunci Utamanya

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 01

Lantas bagaimana cara kerja radiator dalam menjaga atau mendinginkan suhu mesin mobil? Cara kerja radiator sebagai pendingin suhu mobil dimulai dari mengalirnya air atau coolant bersuhu netral ke saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas.

Saat mengalir, cairan akan menyerap dan membawa suhu panas untuk kemudian dibawa kembali menuju upper tank radiator. Di sini, proses pendinginan akan terjadi, saat cairan masuk ke radiator core yang pendinginannya dibantu sirip radiator.

Kipas radiator membantu dalam mengisap udara dari luar agar terjadi aliran di antara sirip-sirip udara pada radiator core. Setelah suhu cairan kembali dingin, maka air tersebut akan dialirkan kembali bersirkulasi ke mesin untuk menyerap panas.  

Kontroversi Pilihan Cairan Radiator Mobil, Pilih Coolant Atau Air Biasa?

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 02

Dalam sistem pendinginan di radiator, cairan ini menjadi hal yang krusial. Pihak pabrikan mobil merekomendasikan untuk memakai coolant sebagai cairan pendingin. Namun demikian, karena harga coolant yang dianggap mahal dan sulit dicari, oleh sebagian pemilik diganti dengan air biasa. 

Dalam pengertian sederhana, cairan pendingin pada sebuah mobil biasanya memiliki kandungan kalor yang tinggi, tidak memiliki racun dan tidak akan menimbulkan korosi. Nah, coolant ini 

Dikutip dari laman resmi Wuling, coolant merupakan cairan yang terbentuk dari air yang sudah melewati proses deionisasi dan proses demineralisasi. Kedua proses tersebut membuat coolant menjadi terbebas dari kotoran yang ada di air dan juga mineral.

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 03

Adapun air biasa alias air sumur belum melewati proses deionisasi dan demineralisasi. Air biasanya masih memiliki mineral dan berbagai kandungan kimia lainnya, sehingga air bisa bereaksi dengan material baja mesin. Alhasil, kandungan mineral dalam air sumur ini berpotensi menyebabkan karat di saluran radiator.

Sementara itu, coolant sudah diberi tambahan bahan kimia khusus seperti corrosion inhibitor dan propylene glicol. Pada dasarnya, propylene glicol berguna untuk meningkatkan kualitas titik didih dari air dan corrosion inhibitor berguna untuk anti karat.

Cairan coolant hampir sama dengan oli mesin karena perlu diganti secara rutin. Periode penggantiannya bisa dilakukan sesuai dengan intensitas penggunaan mobil. Cairan ini bisa kita kenali karena warna warni yang pekat dan sedikit lebih kental dari air biasa. 

Umumnya, water coolant diganti setelah mobil menempuh jarak 40.000 km. Jika kondisi coolant sudah memburuk, maka kemampuan mengikat panas mesin akan berkurang dan kemampuan menghindarkan korosi juga akan berkurang. 

Alternatif Murah Meriah Dari Coolant, Pakai Air Aki

Serba Serbi Radiator Mobil dan Cooling System, Pilih Coolant Atau Air Biasa Untuk Pendingin? 04

Lantas, adakah alternatif yang lebih baik dari air sumur tapi harganya lebih murah dari coolant? Ada kok, yaitu air aki demineralisasi. 

Bagi yang masih bingung, air aki ini sering disebut sebagai air aki biru karena kemasan atau tutupnya berwarna biru. Jadi bukan air aki merah yang merupakan cairan kimia accu zuur. Air aki biru ini cukup mudah ditemukan, entah itu di toko sparepart mobil bahkan sparepart motor. 

Sedikit disinggung di atas, proses pembuatan coolant ialah dengan deionisasi dan demineralisasi. Prosesnya sama seperti ketika membuat air aki biru, tapi bedanya kalau air aki biru ini tak mendapatkan tambahan bahan kimia seperti corrosion inhibitor dan propylene glicol.

Jadi risiko karat ini tak muncul bila memakai air aki biru karena sudah melewati proses demineralisasi. Namun, kemampuan melepas panasnya jelas tak sebaik coolant dengan propylene glicol yang punya titik didih lebih baik.

Berdasarkan pengalaman kami, masih ada sedikit risiko penguapan kalau kita pakai air aki biru. Namun, memang tak sampai terjadi karat sebagaimana kalau pakai air sumur biasa. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil