window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda

Dhoni · 30 Apr, 2021 07:00

Tahukah anda pada kaca depan mobil Honda terdapat tanda segitiga kecil? Posisinya berada di sisi kanan dan kiri dengan ketinggian berada sedikit di atas sudut pandang pengemudi. Tanda segitiga ini hampir terdapat pada seluruh mobil Honda lansiran di atas tahun 2010.

Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda 01

Tahukah anda pada kaca depan mobil Honda terdapat tanda segitiga kecil?

Baca juga: Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah

Ternyata tanda segitiga kecil tersebut memiliki peran penting sebagai mengoreksi pergerakan garis pandang pengemudi.

Tanda segitiga kecil pada kaca mobil Honda telah diadopsi pertama kali pada Honda Freed yang diluncurkan pada tahun 2008. Tanda tersebut juga dipastikan akan tersedia pada model terbaru Honda HR-V yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda 01

Fungsi tanda segitiga kecil pada mobil Honda (image)

Ukuran dari tanda segitiga pada kaca mobil Honda berkisar antara 4 hingga 5 mm yang terbuat seperti pada lapisan hitam di sekeliling kaca mobil depan. Ukurannya sangat kecil sehingga tidak semua orang menyadari keberadaannya dan tentu tidak mengetahui fungsinya. Seperti saya, mungkin juga Anda.

Tanda segitiga pada kaca mobil Honda merupakan hasil pengembangan dari data dan analisa terhadap lebih dari 1.000 data mengenai ‘bagaimana garis pandang pengemudi ketika mobil sedang berbelok ke kiri dengan lebar jalan 3 meter.

Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda 02

Tanda segitiga kecil pada mobil Honda (image)

Dari hasil data analisa, banyak pengemudi yang menggerakan mata secara horizontal tetapi juga terdapat beberapa pengemudi dengan justru mengalihkan pandangan ke kanan-kiri maupun atas dan bawah. Dengan terdapat tanda segiitiga kecil pada kaca mobil, tanpa disadari akan mengkoreksi garis pandang sang pengemudi. Hasilnya tentu dapat mengurangi terjadinya kecelakaan.

Menurut hasil pengujian pihak Honda, sebanyak 30 karyawan dari berbagai usia, jenis kelamin hingga fisik melakukan uji coba terhadap segitiga kecil. Mereka harus melakukan 12 kali di jalan yang sempit dengan tersedia belokan ke kiri selebar 3 meter. Tanpa tersedianya tanda segitiga kecil, banyak yang nyaris menyentuh dinding pembatas. Namun ketika menggunakan mobil dengan tanda segitiga kecil maka hasilnya cukup mengejutkan, jarak dengan dinding hampir mencapai 12 mm atau lebih.

Dengan hasil tersebut, Honda dapat menekan gangguan garis pandang dan memudahkan menangkap atau perkirakan lebar dari kendaraan. Hal ini tentu sangat berfungsi ketika melalui jalan-jalan sempit atau gang. Namun sepertinya tanda segitiga kecil belum diaplikasikan oleh pihak Honda pada seluruh mobilnya.

Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda 03

(image)

Pada akhirnya, tanda segitiga kecil ini dianggap tidak relevan dengan teknologi tinggi yang saat ini ditawarkan pada berbagai jenis mobil. Padahal kalau kita sudah terbiasa dengan keberadaan segitiga kecil ini dapat membuat fitur pendukung seperti sensor pada sudut mobil hingga monitor view di sekeliling mobil menjadi biasa saja.

Namun yang pasti, tanda segitiga kecil pada kaca depan mobil Honda dapat melatih feeling anda dalam mengemudi.

Memang saat ini banyak pengemudi mobil yang instan dan dipermudah dengan berbagai fitur canggih, sehingga lebih mengabaikan unsur feeling dalam berkendara yang biasanya memanfaatkan 'patokan visual'. Jadi apakah di mobil Honda Anda terdapat tanda segitiga kecil berwarna hitam?

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil