window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan!

Dhoni · 26 Okt, 2020 16:35

Sebenarnya memeriksa 4 cairan sangat mudah melakukan perawatan pada mobil agar tetap memiliki performa dan kenyamanan saat digunakan. Terlebih menjelang mudik ketika musim hujan tiba, kebutuhan 4 cairan pada mobil wajib terpenuhi.

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan! 01

Walau cukup banyak yang merasa bingung ketika akan mulai membuka kap mesin demi memeriksa kondisi mesin mobil dalam melakukan perawatan. Langkah dalam merawat mobil dapat dilakukan dengan mudah, cukup dua kali sebulan demi mobil kesayangan. Paling tidak langkah perawatan secara pribadi ini dapat menekan biaya saat service rutin di bengkel.

Cara ini sangat baik bagi mereka yang masih awam dalam hal perawatan mobil,

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Air radiator / ‘coolant’

Fungsi pada radiator adalah sebagai pendingin mesin, jika air atau coolant telah berkurang maka sangat beresiko dengan suhu pada mesin. Untuk menambahkannya sangat mudah, anda tinggal membuka tutup radiator dan menuangkan air sesuai batas maksimal.

Untuk posisi tutup air radiator, setiap mobil memiliki perpedaan lokasinya. Begitu juga dengan jenis air yang digunakan. Walau pada dasarnya tetap menggunakan air sumur atau yang lebih baik adalah air mineral.

Namun, yang harus anda ingat dalam membuka tutup radiator adalah kondisi mesin. Jika mesin masih panas, lebih baik menunggunya agar air di dalam radiator tidak menyembur.

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan! 01

2. Volume oli mesin

Pada mobil model terbaru, biasanya bagian yang bertanda kotak kuning di dalam gambar adalah ‘dipstick’ (tongkat pengukur ketinggian oli di dalam mesin). Jika oli di dalam mesin tidak sesuai atau sedikit (di bawah batas normal) maka kinerja mesin dapat berkurang.

Untuk memeriksa jumlah oli mesin, persiapkan tisu atau kain perca. Tarik keluar ‘dipstick’, bersihkan batang ‘dipstick’ tersebut sampai bersih menggunakan tisu atau kain perca, kemudian masukan kembali ke tempat semula. Keluarkan lagi dan lihat tingkat ketinggian oli pada ‘dipstick’ tersebut.

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan! 02

Tingkat ideal adalah F (full), oli agak pekat tapi tidak lengket. Tingkat oli biasanya tidak  turun terlalu jauh dari ‘full’. Tapi kalau takaran oli Anda jauh sangat dari ‘full’, sebaiknya bawa pergi ke bengkel secepatnya.

Bagaimanapun, sifat oli yang seperti air akan dapat menguap ketika terkena panas dan akan berkurang. Kalau merasa sudah lama tidak mengganti oli, maka cepat bawa pergi untuk diservis.

3. Minyak rem

Minyak rem sangat penting karena memiliki tugas menekan perangkat rem agar dapat menghentikan laju kendaraan. Singkatnya, kalau tidak ada cairan rem maka mobil tidak akan berhenti.

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan! 03

Cairan rem biasanya tidak mudah berkurang karena komponen yang digunakan wajib kedap terhadap udara, jika ada udara di dalam pipa penghubung minyak rem maka kinerjanya akan tidak maksimal. Istilahnya ada angin dan harus membuang angin.

Jika terindikasi minyak rem lakas habis, maka anda arus segera membawa mobil ke bengkel atau ahli tentang perangkat rem. Yang ditakutkan adalah ada kebocoran sehingga rem dapat ‘ngeblong’.

Tidak ada salahnya menguras minyak rem dengan yang baru, namun dalam kondisi minyak rem telah berubah warna menjadi sangat gelap. Ingat pastikan kondisi rem dalam keadan bagus karena keselamatan anda maupun pengguna jalan lainnya sangat bergantung pada rem.

4. Air Wiper

Saat musim hujan maupun tidak, air wiper sangat dibutuhkan agar memudahkan anda membersihkan kaca. Dalam konsisi darurat, tidak ada salahnya hanya menggunakan air yang bukan cairan khusus pembersih kaca. Ingat air wiper ini sangat penting, jadi jangan menunda untuk menambahkan air tersebut.

Silakan periksa keempat cairan ini sebelum pulang dan mengemudi di musim hujan! 04

Tapi ingat, jangan membersihkan wiper karena telur yang dilempar ke kaca seperti kejadian yang viral pada beberapa waktu Karena sifatnya telur yang terkena air dapat berubah warna dan menutupi kaca sehingga berbahaya. Tidak ada salahnya anda menghentikan mobil di tempat yang aman untuk membersihkannya sejenak agar tidak menutupi kaca.

 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil