window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sukses Dirayu Jokowi, Tesla Akhirnya Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah Tahun Ini

Adit · 20 Mei, 2022 11:03

Sukses Dirayu Jokowi, Tesla Akhirnya Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah Tahun Ini 01

  • Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bilang pabrik Tesla di Indonesia akan berlokasi di Jawa Tengah.
  • Selain Tesla ada beberapa pabrik lain yang bakal bangun pabrik di Kawasan Industri Batang.
  • Bos Tesla, Elon Musk, juga akan berkunjung ke Indonesia November 2022 mendatang.

Investasi Tesla di Indonesia tampaknya bakal terealisasi. Jenama mobil listrik asal Amerika Serikat itu tertarik dengan potensi yang dimiliki Indonesia. Bahkan kabar terbaru menyebutkan Tesla akan membangun fasilitas produksi atau pabrik di Kawasan Industri Batang (KIB), Jawa Tengah

Hal ini disampaikan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengutip siaran Kementerian Investasi dalam acara Road to G20: Investment Forum Mendorong Percepatan Investasi Berkelanjutan dan Inklusif, Rabu 17 Mei 2022.

Sukses Dirayu Jokowi, Tesla Akhirnya Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah Tahun Ini 02

Kabar pembangunan pabrik Tesla di Jawa Tengah disampaikan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Baca Juga: Harga Fantastis, Tesla Cybertruck 2022 Telah dipesan Konsumen Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kita tahu bahwa Jawa Tengah akan menjadi pusat salah satu kawasan industri terbaik di RI, yaitu di Barang. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, kemudian Tesla pun insha Allah akan masuk ke sana termasuk beberapa perusahaan lain," katanya. 

Selebihnya ujar Bahlil, investasi Tesla akan dilakukan pada tahun ini. Hanya saja dirinya belum bisa menguak besaran investasi, alias masih dirahasiakan dan belum bisa dibocorkan ke publik. 

"Kalau ditanya kapan masuknya, Insha Allah 2022 ini, tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya, karena kita belum tanda tangan kesepakatan," tambah Bahlil.

Sukses Dirayu Jokowi, Tesla Akhirnya Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah Tahun Ini 01

Selain Tesla, ada beberapa perusahaan yang akan bangun pabrik di Jawa Tengah

Tapi yang jelas Bahlil menuturkan, akan ada dua bentuk investasi yang ditanamkan di Indonesia. Semuanya berkutat pada industri kendaraan listrik, sesuai dengan bentuk bisnis Tesla. 

"Tesla akan masuk ke Indonesia. Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar, yang pertama itu adalah tentang ekosistem baterai mobil, yang kedua adalah mobilnya," imbuh Bahlil. 

Baca Juga: Indonesia Masuk Radar Pembangunan Gigafactory Kedua Tesla di Asia

CEO Tesla Bakal Datang ke Indonesia November 2022

Sebelumnya Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan telah menemui CEO Tesla, Elon Musk di Amerika Serikat membahas potensi yang dimiliki Indonesia terkait ekosistem pengembangan kendaraan listrik. 

Sukses Dirayu Jokowi, Tesla Akhirnya Mau Bikin Pabrik di Jawa Tengah Tahun Ini 02

CEO Tesla Elon Musk saat menemui Jokowi di SpaceX beberapa waktu lalu

Dilanjutkan dengan lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga mendatangi salah satu markas perusahaan Musk di negeri paman sam beberapa waktu lalu. Intinya Jokowi mengundang Musk untuk bisa berinvestasi di Indonesia.

Sebab Indonesia memiliki peran strategis di rantai pasok global kendaraan listrik, melalui cadangan nikel terbesar di dunia, yang mana sebagai bahan baku baterainya. 

Empunya Tesla disebut-sebut tertarik dengan 'rayuan' oleh Luhut maupun Jokowi. Untuk itu bila tak ada aral melintang Elon Musk akan datang ke Indonesia pada November mendatang. 

Baca Juga: Setelah Ban Serep, Beli Mobil Tesla Tidak Akan Mendapatkan Charger

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia