window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya

Dhoni · 22 Mar, 2021 20:00

Transmisi menjadi bagian terpenting dalam sistem kerja mesin kendaraan. Tugas dari transmisi adalah kumpulan gigi rasio untuk mengatur kecepatan dan tenaga dari mesin. Kalau sistem transmisi rusak, maka tenaga dari mesin tidak bisa disalurkan ke poros roda sehingga kendaraan sulit bergerak.

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 01

5 Gejala Kerusakan Transmisi dan Cara Penanganannya

Baca juga: Tips Menggunakan Transmisi Otomatis di Jalanan Menurun, Perhatikan Hal-hal ini! 

Banyak yang beranggapan kalau transmisi ini ialah bagian yang sangat sederhana, padahal didalamnya terdiri dari berbagai komponen dan tidak cuma sekedar susunan gigi rasio saja. Dengan banyaknya komponen yang terdapat pada transmisi, tentu membuatnya lebih cepat rusak bila penggunaanya terlalu dipaksakan atau tidak dirawat.

Kerusakan transmisi dapat membuat mobil tidak berjalan dengan normal atau justru malah tidak bergerak. Sebenarnya terdapat tanda-tanda gejala awal transmisi yang bermasalah sehingga agar Anda dapat mengatasinya sejak dini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 01

Bagian pada transmisi mobil

Gejala Kerusakan Transmisi Manual di Mobil

Pada dasarnya sebelum terjadi kerusakan pada transmisi, biasanya akan hadir gejala-gejala atau tanda. Anda harus sensitif dalam merasakan tanda kerusakan yang ditimbulkan pada bagian transmisi mobil. Ingat, terlalu menganggap enteng permasalahan pada mobil dapat berujung biaya lebih besar yang harus Anda keluarkan.

“Paling tidak ada lima hal yang dapat diketahui sebelum transmisi mobil Anda rusak. Jika Anda terbiasa dengan kondisi mobil yang normal pasti akan mengetahui saat merasakan mobil dalam kondisi tidak baik,” Ungkap Iwan, mekanik dari Rumah Jip di daerah Tangerang ini.

Iwan menyebut bila pada dasarnya mobil juga butuh perhatian agar dapat digunakan lebih lama. Mengetahui sejak dini permasalahan pada mobil dapat meringankan biaya perbaikan. Berikut ini kami sajikan 5 gejala kerusakan transmisi dan cara penanganannya.

Timbul Suara Tidak Wajar

Terdapat dua gejala yang ditimbulkan ketika terdengar suara tidak wajar. Pertama timbul suara saat transmisi mobil masih di posisi netral. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, maka dipastikan susunan bearing yang berada di transmisi mobil mengalami kendala.

Cara menanganinya hanya dengan melakukan service dan semoga saja hanya bagian bearing transmisi yang harus diganti.

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 02

Suara dapat menjadi indikator kerusakan pada transmisi

Gejala lain dari timbulnya suara dapat diketahui ketika Anda mendengar suara mendengung ketika mobil mulai bergerak atau posisi gear tidak di N (netral). Suara tersebut akan semakin keras bunyinya dan juga terdengar suara ketukan benda tumpul saling beradu. Biasanya hal ini timbul karena kurangnya dorongan oli transmisi.

Jika dorongan oli transmisi berkurang, maka tekanan dalam penggantian gigi akan berkurang. Ingat oli tidak hanya bertugas menjadi pendingin dan pelumas, tetapi juga bertugas memberikan tekanan. Pastikan volume oli transmisi selalu terjaga, jika dirasa kurang maka anda harus segera menambahkan sesuai batas yang telah ditentukan.

Namun sebelum menambahkan oli transmisi, pastikan tidak terdapat kebocoran pada bagian paking transmisi. Karena sebenarnya memang cukup jarang terjadi transmisi mengalami kekurangan oli transmisi.

Ingat, jika Anda memaksakan mengunakan mobil dengan suara yang mendengung, dapat dipastikan Anda harus melakukan service hingga mengganti komponen dari bagian transmisi mobil.

Transmisi Susah Oper Gigi

Indikasi yang paling sering dirasakan saat transmisi mobil mengalami kerusakan adalah susah memindahkan gear dari N (netral) ke gigi 1. Penyebab awal dikarenakan terjadinya kerusakan pada penghubung tuas dan withdrawal lever maupun bagian lainnya yang terdapat di dalam transmisi.

Penyebab utama dari kerusakan dengan sulitnya oper gigi adalah usia pemakaian yang tidak diiringi perawatan. Seperti halnya mesin mobil, bagian transmisi juga bisa terjadi gesekan sesuai putaran mesin mobil. Dan oli transmisi menjadi bagian terpenting untuk menjaga fungsi komponen transmisi.

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 03

Bagian transmisi mobil yang mungkin rusak

Lakukan pemeriksaan dengan bantuan ahlinya, jika perlu Anda harus melakukan penggantian sesuai dari kerusakan komponen di dalam transmisi.

Kopling Transmisi Bermasalah

Kopling menjadi bagian dari transmisi manual yang bertugas sebagai penghubung dan pemutus tenaga dari mesin mobil menuju transmisi. Jika kopling mengalami kendala, dapat dipastikan kinerja transmisi dalam menyalurkan tenaga akan terhambat.

Hal yang biasanya terjadi adalah kopling seperti mbagel kaku sehingga disk kopling tidak dapat terlepas. Jika Anda memaksakan, suara mesin akan terdengar tertahan sehingga dapat merusak bagian transmisi hingga mesin mobil.

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 04

Kampas kopling dapat aus seiring pemakaian dan harus diganti

Permasalahan ini biasanya karena tali kopling kendur atau bisa jadi per kopling telah lemah. Pastikan anda selalu mengetahui kondisi mobil sejak dini agar tidak menjadi kendala saat digunakan.

Transmisi Gear Selip

Gear slip atau tiba-tiba pindah ke posisi netral, padahal tuas perseneling sedang berada di gigi satu. Permasalahan lebih sering terjadi pada transmisi jenis manual, namun untuk jenis otomatis juga dapat mengalaminya. Jangan anggap enteng permasalahan ini karena cukup berbahaya.

Bayangkan, ketika Anda sedang melalui tanjakan dengan gigi 1, lalu tiba-tiba kehilangan tenaga karena transmisi telah bergerak ke posisi netral. Jika terlambat menyadari maka mobil dapat kehilangan tenaga dan bergerak mundur.

Cara menanganinya hanya dengan membawa mobil Anda ke bengkel yang paham soal perbaikan transmisi. Cukup banyak komponen yang dapat menjadi penyebabnya, bisa bagian kopling, gear di dalam transmisi, solenoid hingga bagian lainnya.

Transmisi Rusak, Mobil Jadi Bergetar Saat Gantung Kopling

Getaran timbul biasanya terjadi di bagian body mobil. Getaran ini biasanya terjadi akibat kampas kopling yang mulai aus. Tentu mengatasinya hanya dengan menganti kampas kopling dan harus segera melakukan agar meminimalisir dampak kerusakan.

Sulit Oper Gigi? Bisa Jadi itu Gejala Awal Kerusakan Transmisi. Ini Cara Mengatasinya 05

Transmisi mobil butuh perhatian dan perawatan

Ingat transmisi merupakan salah satu bagian terpenting dan saling terkait dengan sistem kerja mesin mobil. Tanpa perawatan rutin, dapat membuat kerusakan mudah timbul.

“Jangan menunda untuk memperbaiki kerusakan, jika memang harus diganti, usahakan mengunakan komponen yang asli. Biaya melakukan perbaikan cukup besar, jika komponen tidak asli maka anda harus mengalami kejadian yang sama sehingga biaya juga semakin tinggi.” Pungkas Iwan.

Gejala Kerusakan Transmisi, Alarm Awal Untuk Pemeriksaan Kerusakan

Sistem kerja transmisi seperti halnya mesin mobil sehingga membutuhkan perhatian dan perawatan. Terlalu memaksakan kondisi mobil yang sedang bermasalah dapat berujung dengan kerusakan lebih parah dan membutuhkan biaya lebih besar.

Kami ingatkan kembali, selalu periksa kondisi mobil sebelum digunakan agar memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil