window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil

Enda · 7 Feb, 2021 10:00

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 01

Mobil berkarat

Karat pada mobil merupakan suatu permasalahan yang harus dengan cepat diatasi. Proses munculnya karat biasanya timbul akibat paparan udara dan tingkat kelembaban udara. Bagi pengguna kendaraan, terlebih yang sudah berumur, masalah karat kerap kali timbul pada mobil kesayangan.

Dalam keadaan seperti ini, kandungan logam besi pada mobil mulai mengalami oksidasi atau korosi. Untuk menanggulangi agar tidak kembali timbulnya karat, kalian harus sering membersihkannya.

Berikut adalah tips pencegahan dan perbaikan agar penyebaran karat tidak semakin melebar.

Bersihkan menggunakan Rust Remover

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 02

Rust remover

Rust remover ini merupakan cairan khusus untuk menghilangkan karat dengan cara yang mudah. Langkah yang harus dilakukan adalah merendam bagian yang berkarat selama 15 menit hingga 8 jam. Setelahnya, kalian bisa sikat permukaan karat yang telah direndam cairan ini menggunakan sikat besi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Gunakan Baking Soda

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 01

Baking soda

Bahan aktif dalam baking soda ternyata sangat ampuh untuk menyingkirkan berbagai macam noda termasuk juga menyingkirkan karat dari mobil. Cara menghilangkan karat dengan menggunakan baking soda juga terbilang cukup mudah, hanya dengan menyikat bagian karat pada mobil menggunakan air yang sudah dicampur dengan baking soda. Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang baik.

Cairan Cuka Bisa Mengurangi Karat?

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 02

Cairan cuka

Apabila tanda-tanda karat sudah mulai terlihat, langkah sederhana lainnya kalian bisa menghilangkan karat menggunakan cuka. Kandungan asam asetat dan asam sitrat sangat efektif menyingkirkan karat.

Langkah yang harus dilakukan adalah bongkar bagian yang terkena karat dan rendam dengan air cuka selama 1-2 hari. Apabila karat masih terlihat, kalian bisa melanjutkan perendaman hingga karatnya hilang. Setelahnya, bisa menggunakan sikat untuk membersihkan sisa karat yang menempel pada body mobil.

Perasan Lemon Bisa Lunturkan Karat

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 03

Perasan lemon

Bicara mengenai buah lemon, kandungan yang terdapat didalamnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada mobil dengan cara yang cukup mudah.

Langkah yang harus dilakukan pertama-tama menaburi bagian yang berkarat dengan garam lalu rendam dalam air lemon atau jeruk nipis. Kalian juga bisa menggunakan sikat atau penggosok alumunium untuk mendapatkan hasil lebih baik.

Lapisi Dempul Bila Karat Sudah Semakin Parah

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 04

Dempul mobil

Apabila karat sudah semakin parah, biasanya body akan keropos. Terpaksa kalian perlu menutup permukaan dengan dempul. Namun sebelum itu, karat yang menempel pada body mobil dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cara di atas.

Langkah selanjutnya, kalian bisa mengecat dengan cat primer sebagai lapisan pertama, cat di lapisan kedua dan clear coat untuk finishing. Namun sebelum melakukan pengecatan, pastikan sudah meratakan dempul dengan menggunakan amplas.

Laspisi dengan Plat Besi yang Baru

Tips: Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Mobil 05

las dan penggantian plat

Jika karat pada body semakin parah dan sudah tidak bisa ditolong, kalian bisa menambal bagian yang bolong akibat keropos dengan plat yang baru. Cara ini merupakan yang paling efektif untuk menghilangkan karat pada body. Setelahnya disarankan untuk didempul dan di cat ulang agar mendapatkan hasil yang baik.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil