Varian Toyota Hilux GR dan Toyota Fortuner GR Akan Bermesin V6 di Filipina

Dhoni · 13 Jan 2021 18:25

Dari 10 varian terbaru yang rencananya akan diluncurkan oleh Toyota Motor Philipina, Toyota Hilux GR dan Toyota Fortuner GR menjadi daya tarik tersendiri, termasuk untuk pasar Indonesia. Tak hanya Toyota Vios GR-S, Toyota Innova facelift maupun Toyota Yaris GR yang menjadi daya menarik utama, namun sentuhan dari Gazoo Racing (GR)  pada kedua mobil bongsor tersebut menjadikan lebih istimewa.

Toyota Hilux GR

Gazoo Racing sebagai divisi motorsport Toyota memang bertugas untuk meningkatkan performa mobil-mobil buatan Toyota. Biasanya, hasil sentuhan Gazoo Racing ditujukan khusus bagi mobil-mobil kompetisi Toyota, layaknya Hilux yang tengah bertarung di Rally Dakar. Sehingga dapat dipastikan, performa mobil dengan embel-embel GR pada jajaran produk Toyota akan semakin ‘buas’.

Seperti halnya informasi yang kami lansir dari philkotse.com, informasi secara detail untuk spesifikasi dari Toyota Hilux GR maupun Toyota Fortuner GR memang masih belum tersedia. Pihak Toyota Motor Phiilipina masih menyimpan rapat segala bentuk informasi dari kedua mobil tersebut.

Toyota Hilux hasil sentuhan Toyota Gazoo Racing

Jantung Pacu Diesel V6 3.3 Liter

Harusnya  dari  segi performa Toyota fortuner GR dan Toyota Hilux GR memiliki mesin dengan tenaga lebih mumpuni dibanding versi standar. Bukan hanya sekedar emblem saja. Informasi secara global, kedua mobil dengan platform yang sama akan mengadopsi mesin turbo diesel V6 3.3L berkapasitas 3.300 cc. Mesin serupa dengan yang digunakan Toyota Land Cruiser ini dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 272 PS dengan torsi puncak sebesar 650 Nm. 

Untuk Toyota Fortuner maupun Toyota Hilux yang dijual di Indonesia saat ini masih menggunakan mesin diesel berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc. Sementara di Thailand, Toyota telah menyediakan mesin 1GD-FTV yang berkapasitas 2,8 liter dengan turbocharger pada varian Fortuner Legender dan Hilux Revo. 

Ilustrasi Toyota Fortuner GR (motoring.com.au)

Selain perubahan mesin yang akan digunakan, sesuai dengan spesifikasi kompetisi maka bagian kaki-kaki atau suspensi dari Toyota Fortuner GR dan Toyota Hilux GR harus mendapat sentuhan. Paling tidak travel suspensi lebih mumpuni digunakan pada jalan aspal hingga light offroad.

Tetapi pihak Toyota mungkin akan menampilkan model yang berbeda di setiap Negara. Tentunya hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan hingga peraturan dari negara yang akan mendapatkan jatah dari Toyota. Sedikit informasi, pada model GR Hilux yang hadir di Philipina pda 2020 lalu, ternyata hanya mendapat setuhan sisi ekteriornya, menjadi model facelift.

Jadi penempatan emblem 'GR' pada Toyota seakan menjadi penanda perbedaan apakah logo tersebut terletak di belakang maupun di depan dari nama model mobil Toyota. Jadi jika pihak Toyota Motor Philipina (TMP) disebut akan menghadirkan varian Toyota Hilux GR dan Toyota Fortuner GR, tampaknya spesifikasi yang didapatkan akan serupa dengan informasi dari Toyota Global. Setidaknya penggunaan mesin diesel V6 3.3 liter sangat berpotensi akan terwujud.

Toyota Hilux GR Sport

Ataupun jika jantung pacu di balik kapnya masih dipertahankan, setidaknya perubahan seperti yang didapatkan oleh Toyota Vios GR-S bisa didapatkan. Sedan ini mendapatkan perubahan tampilan yang semakin sporty, namun mesinnya masih menggunakan 4-silinder segaris 1,5 liter bertenaga 107 PS dan torsi 160 Nm. Namun penggunaan transmisi CVT dengan mode simulasi manual 10 speed plus paddle shift membuat pengendaraannya lebih menyenangkan. Apalagi Vios ini mendapatkan suspensi sport serta velg 17 inci berkelir hitam yang agresif.

Jadi apakah konsumen di Indonesia juga dapat berharap untuk mendapatkan Fortuner GR dan Hilux GR di Tanah Air? Sebelum kehadiran keduanya, tampaknya konsumen Indonesia masih perlu menunggu kehadiran Fortuner Legender yang lebih potensial menggoda konsumen di Tanah Air. Atau mungkin edisi GR Fortuner atau GR Hilux lebih mudah terwujud? Kita tunggu saja. 

Komentar

Mobil Terbaru