window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Xiaomi Gandeng Great Wall Motors Produksi Mobil Listrik, Falsafah Harga Murah Berkualitas Berlaku?

Dhoni · 30 Mar, 2021 20:00

Kendaraan berteknologi elektrikfikasi punya magnet yang lebih kuat memikat perusahaan besar smartphone maupun elektronik. Jika sebelumnya Apple dan Sony, kini giliran Xiaomi yang coba peruntungannya di segmen otomotif. Menjadi salah satu produsen smartphone besar di dunia, Xiaomi pun tergiur untuk bermain dalam kendaraan listrik dengan menggandeng Great Wall Motors.

Xiaomi Gandeng Great Wall Motors Produksi Mobil Listrik, Falsafah Harga Murah Berkualitas Berlaku? 01

Xiaomi Gandeng GWM, mobil listrik jadi murah?

Walau pihak Xiaomi dan Great Wall Motors belum mengumumkan kemitraan mereka secara resmi, namun informasi dari Reuters mengatakan kolaborasi keduanya telah terjadi. Hal ini langsung membuat saham Xiaomi meningkat sebanyak 9%.

Tentunya kendaraan berteknologi elektrikfikasi hasil kerjasama Xiaomi dan Great Wall Motors akan dipasarkan secara global, seperti halnya berbagai produk buatan Xiaomi. Saat ini Xiaomi tidak hanya bergelut dengan mengandalkan smartphone saja, berbagai piranti yang berhubungan dengan internet hingga peralatan rumah tangga menjadi produk andalannya.

Xiaomi Gandeng Great Wall Motors Produksi Mobil Listrik, Falsafah Harga Murah Berkualitas Berlaku? 02

Ora, mobil listrik buatan Great Wall Motors

Sedangkan Great Wall Motors (GWM) sebagai produsen mobil asal China telah menghadirkan mobil listrik dengan merek Ora. Di China, GWM terbilang cukup sukses dengan mobil SUV nya dengan tipe Haval H6. Jika memang GWM telah bekerjasama dengan Xiaomi, maka ini adalah langkah pertama kali yang dilakukan Great Wall Motors dalam menjalin kemitraan dengan perusahaan besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Xiaomi memang sedang berusaha mencari produsen mobil yang dapat dijadikan bagian dalam meningkatkan performa dari teknologinya. Pemilihan Great Wall Motors bukan tanpa alasan, kemampuan GWM telah terbukti dengan pencapaiannya dalam memproduksi mobil sebanyak 10 juta mobil. Dan kemampuan ini menjadi hal yang sangat diincar oleh Xiaomi.

Saat ini, beberapa produsen maupun perusahaan eletronik memang sedang berlomba dalam mewujudkan penerapan teknologi pada kendaraan elektrikfikasi. Selain Xiaomi juga terdapat Apple yang sedang menyiapkan mobil berteknologi elektrikfikasi.

Sedangkan perusahaan Sony yang telah menghadirkan Sony Vision S. Namun demikian, kendaraan hasil karya Sony hanya untuk membuktikan kemampuan dari teknologinya.

Mobil Listrik Didesain oleh Xiaomi, Diproduksi Oleh GWM

Denga aliansi keduanya, dapat dipastikan disain untuk mobil listrik akan dilakukan oleh Xiaomi, sedangkan untuk produksi dibuat Great Wall Motors. Tentu cara ini telah sesuai dengan kapasitas dari keduanya.

Pendiri dan sekaligus  CEO Xiaomi, Lei Jun percaya bahwa perusahaannya memiliki keahlian merancang dan memproduksi kendaraan listrik dengan kualitas bagus. Dan yang terpenting dapat dilakukan lebih cepat dari perkiraan orang lain.

Lalu apakah hasil kerjasama keduanya dapat menghasilkan produk berkualitas dan harga terjangkau?

Kita tunggu saja, rencananya mobil hasil aliansi XIaomi dan Great Wall Motors akan diluncurkan pada tahun 2023. Kira-kira harganya dapat berkisar di angka berapa ya?

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil