window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia

Harry · 9 Des, 2021 17:00

Tahun 2021 ini merupakan pencapaian istimewa untuk PT Piaggio Indonesia (PID). Pasalnya perusahaan otomotif asal Italia itu berhasil mencatatkan kiprahnya selama 10 tahun mewarnai industri sepeda motor Tanah Air.

Hadirnya PID berawal pada tahun 2011 setelah melalui riset pasar mendalam, sebagai perwakilan Piaggio Group. Misinya ingin membawa merek sepeda motor ikonik asal Italia ke Indonesia, sekaligus memberikan solusi mobilitas dengan pengalaman premium.

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 01

Empat brand yang digawangi Piaggio Indonesia.

Banyak produk-produk yang ditawarkan melalui empat brand yang dibawanya, yakni Piaggio, Vespa, Moto Guzzi dan Aprilia. Hal ini sejalan dengan terus diperkuatnya jaringan dealer mereka dengan konsep premium.

Bahkan mereka membuat dealer khusus yang disebut Motoplex, sebagai dealer yang menjadi rumah untuk empat brand mereka. Pelanggan pun bisa dengan mudah mendapatkan produk, layanan perawatan hingga produk aksesoris dalam satu atap.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Aprilia Tuono 660, Naked Bike Nan Unik Tawarkan Handling Lincah Berpadu Performa Mengagumkan

Selama kiprahnya itu pula, sudah banyak pengalaman berkendara dengan produk dari masing-masing brand. Tentu semuanya berkesan, terlebih setiap merek memiliki ciri khasnya yang juga menjadi identitas masing-masing. Seperti apa?

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 01

Piaggio MP3 Yourban, punya dimensi lebih ringkas.

Piaggio

Merek satu ini punya sejumlah produk yang pernah mengaspal di Indonesia, mulai dari Piaggio Zip, Piaggio Liberty, Piaggio Medley S dan Piaggio MP3 Series. Merek ini tampil dengan menawarkan sebuah motor berdesain premium khas Eropa dan sarat teknologi canggih.

Piaggio MP3 jadi produk yang paling unik. Tengok saja penggunaan sepasang roda depan yang tak biasa. Belum lagi mekanisme gerak yang telah dipatenkan, memberikan rasa berkendara layaknya mengendarai motor dengan dua roda, karena tetap bisa menikung miring.

Baca juga : Moto Guzzi Kenalkan Dua Moge Edisi Terbatas di Indonesia, Harga Tembus Rp 670 Juta

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 02

Piaggio MP3 500 HPE Sport Advance, versi terbaru yang dijual di Indonesia.

Mekanisme gerak ini menjamin pergerakan setiap roda depan independent. Tak mengerankan jika akhirnya, motor tetap bisa berdiri tegap, meski pada permukaan jalan yang tak rata. Mekanisme gerak ini juga bisa dikunci, sehingga memudahkan saat parkir. Unik!

Kami pernah mencoba Piaggio MP3 Yourban dan Piaggio MP3 500 baik varian HPE atau Bussiness. Sebagai produk premium, motor ini memang sarat teknologi, seperti ASR (Anti Slip Regulation), Parking Brake, pengunci mekanisme gerak secara elektronik, ABS dan banyak lagi.

Melibas beragam kondisi jalan bukan masalah besar. Jalanan basah dan licin bisa diantisipasi dengan ASR serta traksi roda depan ganda. Tenaga berlimpah berkat penggunaan mesin berkapasitas besar membuat pengalaman berkendara akan menyenangkan.

Vespa

Siapa yang tau merek ini? Ini adalah brand legendaris tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Kiprahnya bahkan sudah ada sejak 1950-an. Kini Vespa dikenal sebagai skuter matic dengan desain timeless dan ikonik, serta menjadi salah satu penopang gaya hidup pemiliknya.

Baca juga : Vespa Racikan Indonesia Segera Banjiri Pasar Luar Negeri,Termasuk Motor Listrik?

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 03

Sporty bikin Vespa Sprint 150 disukai anak muda.

Setidaknya ada enam model dari brand Vespa yang diniagakan PID saat ini, yakni Vespa S 125, Vespa LX 125, Vespa Sprint 150, Vespa Primavera 150, Vespa GTS 150, Vespa GTV Sei Giorni dan Vespa GTS 300 Super Tech. Semuanya menjadi produk favorit disegmennya masing-masing.

Sebuah pengalaman seru dan menyenangkan adalah kala mencoba Vespa GTS 300 Super Tech. Motor ini jadi Vespa tercanggih dan paling bertenaga sampai saat ini. Canggih karena bisa menerima panggilan telepon dan memiliki fitur navigasi berkat penerapan aplikasi Vespa MIA.

Baca juga : Harga si Imut Piaggio Zip Bekas Tembus Rp27 Juta, Layak jadi Collector Item?

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 04

Vespa GTS 300 Super Tech, paling kuat dan canggih.

Bertenaga karena mesinnya sangat kuat. Daya maksimalnya mencapai 23,8 PS dengan torsi 26 Nm. Kami melakukan pengukuran akselerasi, untuk 0-100 km/jam hanya butuh 10,91 detik saja. Ya, sebuah Vespa juga bisa memacu adrenalin penggunanya.

Data Akselerasi Vespa GTS Super Tech 300 2021
0-60 km/jam 3,84 detik
0-80 km/jam 6,45 detik
0-100 km/jam 10,91 detik
60-100 km/jam 7,08 detik
0-100 meter 6,94 detik
0-201 meter 10,86 detik
0-402 meter 17,59 detik
Top speed Spidometer 129 km/jam
Top speed Racebox 119 km/jam

Moto Guzzi

Produk satu ini identik dengan mesin V-twin transversal, yang dipasang melintang serta menggunakan gardan sebagai penerus daya mesin menuju roda. Unik karena selain pengaturan layout mesin, juga saat menstarter, motor akan bergoyang-goyang.

Sejauh pengalaman kami mengendarai motor Moto Guzzi, mesinnya cenderung lembut dengan suara mesin khas. Karakternya punya torsi kuat pada putaran rendah, namun juga bertenaga pada putaran atas. Asyik untuk cruising melibas jalanan kosong saat touring.

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 05

Moto Guzzi V85 TT pas untuk touring.

Saat ini lini produk Moto Guzzi untuk pasar Indonesia ada Moto Guzzi V7 Stone, Moto Guzzi V7 III Racer dan varian Moto Guzzi V85 TT Series. Sebelumnya sempat pula meniagakan Moto Guzzi V9 Series serta Moto Guzzi Audace.

Tak ada yang lebih menyenangkan kala bisa menjajal motor dengan mesin unik ini. Salah satunya saat mencoba Moto Guzzi V85 TT langsung di Thailand. Menikmati jalanan berkelok dan tepian pantai sangat menggambarkan sebuah produk yang mampu menemani pemiliknya berkelana.

Tak hanya kinerja mesinnya, namun juga desain unik dengan sentuhan klasik yang membuatnya berbeda dari kompetitor sekelas. Sejauh ini, Moto Guzzi V85 TT masih menjadi salah satu motor touring adventure yang menyenangkan.

Aprilia

Sebuah brand yang identik dengan tema balap, namun pada motor versi produksi massalnya juga diberikan banyak sekali teknologi canggih. Kini PID menawarkan tiga model terkini untuk pasar Indonesia, yakni Aprilia Shiver 900, Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 06

Aprilia Shiver 900 gagah dengan torsi galak.

Aprilia Shiver 900 merupakan salah satu model naked bike yang kekar dan kuat. Jambakan torsi 90 Nm yang keluar dari mesin v-twin miliknya tak bisa dianggap enteng. Ciri khas desainnya adalah sepasang knalpot ganda yang berada di bawah bodi belakangnya.

Meski berkesan besar, nyatanya motor ini mudah dikendarai termasuk saat melibas jalur sempit di pegunungan diutara Pulau Lombok. Keluaran tenaga 96,3 PS serta torsi 90 Nm jelas sangat kuat. Jika terlalu liar,  untuk menjinakkannya kalian bisa menyesuaikan dengan Riding Mode yang dipakai, lantaran tersedia opsi Sport, Tour dan Rain.

Pembangunan Pabrik

Puncak dari 10 tahun kiprahnya di Indonesia, PID melakukan ground breaking, untuk pembangunan pabrik perakitan mereka di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini kelak akan memproduksi Vespa untuk kebutuhan pasar lokal.

Empat Brand Premium Nan Ikonik Sukses Warnai 10 Tahun Kiprah Piaggio di Indonesia 07

Seremonial ground breaking pabrik Vespa di Cikarang.

Dengan luas area 55.000 meter persegi, rasanya pabrik ini akan memproduksi model-model populer seperti Vespa S 125, Vespa LX 125, Vespa Sprint 150, Vespa Primavera 150. Soal kualitas Vespa rakitan lokal, PID menjamin akan tetap sama baiknya dengan yang saat ini diniagakan.

Hal ini tentu semakin membuktikan jika PID serius menggarap pasar Indonesia, tak hanya dengan menjual produk premium namun juga menyerap tenaga kerja yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });