Tampang Sama-sama Sporty, Pilih Yamaha Aerox 155 atau Honda Vario 150?

Bicara tentang skutik 150 cc bertampang sporty, pilihan utama sudah pasti merujuk kepada Yamaha Aerox 155 2021 dan Honda Vario 150 2021. Bukan tanpa sebab. Impresi yang disuguhkan keduanya nyaris sama, lantaran memiliki desain dan rancang bangun serupa. Lantas, semenarik apa mereka ketika disandingkan? 

All New Yamaha Aerox Connected sendiri baru akhir tahun lalu mendapatkan penyegaran (November 2020). Selain desain, pengembangan pada lini Maxi Yamaha ini juga terdapat pada sektor performa dan fitur. Sebaliknya, Vario 150 belum mendapatkan pembaruan signifikan lagi pasca meluncur 2018 silam. 

All New Yamaha Aerox 155 Connected dan Honda Vario 150 sama-sama mengusung desain sporty.

Sekilas, Desain All New Yamaha Aerox 155 Mirip Honda Vario 150

Meski begitu, bukan berarti ia tak punya bekalan menarik untuk peminat skutik sport. Sematan dual headlamp layaknya identitas kebanyakan motor sport Honda, diamini oleh Vario paling atas. Begitu pula terapan daytime running light (DRL) LED selaku penghias wajah. Seluruh penerangan depan pun terfokus pada bagian ini. Ditandai dengan penempatan lampu sein di bagian muka. 

Kenyataannya, gaya demikianlah yang dipilih Yamaha Indonesia. Usungan lampu utama All New Aerox 155 2021 kini berukuran lebih besar, pun halnya penggunaan DRL yang tak dapat Anda ditemui pada Aerox lama. Akan tetapi, justru di sinilah letak persamaan tampang antara Aerox 155 dan Vario 150. Wajar jika kemudian muncul anggapan, Aerox 155 baru makin mirip dengan Vario. 

Desain fairing baru Yamaha Aerox 155  2021 lebih ergonomis.

Memang tidak sepenuhnya, karena lampu sinyal pada All New Aerox Connected 2021 masih bersarang di bagian fairing. Tentu saja masih berupa bohlam kuning seperti produk buatan Yamaha Indonesia lain. Hanya saja posisinya disesuaikan dengan bentuk baru dari pelindung kaki tersebut. Desainnya juga lebih tebal sebagai langkah menyelaraskan bagian muka yang membesar tadi. 

Hal positif pun dapat dirasakan oleh pengendara Yamaha Aerox 155. Pasalnya, bodi meruncing yang sebelumnya ada di model lama, tak lagi ditemui pada generasi terbaru Aerox. Dengan begitu, kecil kecenderungan kaki terutama lutut menyentuh bagian fairing. Risiko itu justru lebih besar pada Vario 150, dikarenakan bentuk fairing yang masih menajam.

Honda Vario 150 2021 punya bobot jauh lebih ringan.

Tubuh Honda Vario 150 Lebih Ramping Daripada Aerox 155

Terlepas soal desain, baik Vario 150 maupun Aerox 155 punya posisi berkendara selevel. Dengan posisi setang rendah dan menekuk ke arah pengemudi serta jok tinggi, keduanya menawarkan kemudahan dalam mengendalikan si motor. Walau begitu, logikanya Vario 150 diuntungkan karena punya tubuh lebih ramping.  
 
Dimensi total Vario 150 adalah 1.919 x 679 x 1.062 mm (P x L x T). Lantas ketinggian tempat duduk dan ground clearance, masing-masing disetel 769 mm dan 132 mm. Sementara sang rival punya ukuran 1.980 x 700 x 1.150 mm, dipadu tinggi jok 790 mm dan jarak kolong 143 mm. 

Perbandingan Rancang Bangun

 

Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Honda Vario 150 2021

Tipe Rangka

Underbone

Underbone

Suspensi Depan

Teleskopic

Telescopic

Suspensi Belakang

Unit Swing

Swing Arm dengan Suspensi Tunggal

Ban Depan

110/80-14M/C 53P

90/80 - 14M/C 43P Tubeless

Ban Belakang

140/70-14M/C 62P

100/80 - 14M/C 48P Tubeless

Rem Depan

Disc brake

Cakram Hidrolik, Piston Tunggal Combi Brake System

Rem Belakang

Drum

Tromol

Panjang X Lebar x Tinggi

1.980 X 700 X 1.150 mm

1.919 x 679 x 1.062 mm

Jarak Sumbu Roda

1.350 mm

1.280 mm

Tinggi Tempat Duduk

790 mm

769 mm

Jarak Terendah ke Tanah

143 mm

132 mm

Bobot

122 kg,

112 kg

Kapasitas Bahan Bakar

5,5 liter

5,5 liter

Kapasitas Bagasi

25 liter

18 liter

Keterpautan juga terjadi karena jarak sumbu roda Aerox 155 (1.350 mm) lebih panjang dari Vario 150 (1.280 mm). Belum lagi soal bobot di mana Vario 150 hanya punya berat badan 112 kg. Sementara Aerox 155 memiliki timbangan sebanyak 122 kg (tipe non-ABS). Bahkan lebih berat lagi untuk All New Aerox 155 Connected ABS 2021 yaitu 125 kg. 

Performa Yamaha Aerox 155 Masih Terbaik di Kelasnya. 

Saat Ini Yamaha Aerox 155 Unggul Dalam Hal Performa

Kendati bongsor, penunggang tak perlu khawatir All New Aerox 155 Connected 2021 bakal kehilangan momentum kala berakselerasi. Pasalnya, output mesin SOHC berteknologi VVA (variable valve actuation) 155 cc miliknya itu turut mengalami peningkatan. Perubahan pada jeroan jantung mekanik serta rasio kompresi (10,5 ± 0,4 : 1 menjadi 11,6 : 1), membuat tenaga serta torsinya masing-masing tercatat 15,3 Ps di 8.000 rpm dan 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Meningkat dari Aerox lama yang menorehkan daya 14,9 Ps @8.000 rpm dan torsi 13,8 Nm @6.250 rpm. 

Bagaimana Jika Honda Vario Bermesin Layaknya Honda PCX 160?

Sementara pada Honda Vario 150 2021, catatan performa dari kedua faktor hanyalah 13,1 Ps di 8.500 rpm dan 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Selisih ini menurut kami wajar, toh mesin SOHC kepunyaan Honda hanyalah berkapasitas 150 cc. Namun bukan tidak mungkin keadaannya akan berbalik di kemudian hari. 

Honda Vario bakal membalikkan keadaan, seandainya menggunakan mesin 157 cc seperti Honda PCX 160. 

Kita ketahui, saat ini kubu sayap kepak sudah merilis All new Honda PCX 160 2021. Dengan bekalan mesin berkapasitas 157 cc, PCX 160 mampu menorehkan tenaga 16,2 Ps @8.500 rpm dan torsi 15 Nm @6.500 rpm. Seperti pula kebiasaan Honda, Lumrah bila mesin itu diaplikasikan juga oleh Honda Vario di kemudian hari. Dengan kata lain, bukan PCX saja yang menjadi pemilik tunggal mesin eSP paling anyar tersebut. Berkaca pula dari catatan output jantung mekanik tersebut, sudah pasti Honda Vario lebih unggul dari Yamaha Aerox.

Harga Yamaha Aerox 155 Lebih Mahal, Tapi Berlimpah Fitur Baru

Semoga pula peningkatan tersebut diikuti mereka lewat peningkatan fitur. Seperti penyajiannya sekarang ini, Honda Vario 150 memiliki sematan berupa panel meter digital, sistem kunci keyless dan idling start stop (ISS) system. Sayangnya, sistem pengereman Vario paling atas belum kedapatan sistem pengereman antilock braking system (ABS). 

Penghenti lajunya masih mengandalkan jenis combi brake system (CBS). Memang tak sebanding dengan ABS. Tapi, proses deselerasinya cukup efektif lantaran pengendara hanya perlu menekan tuas rem kiri saja untuk menghentikan laju kedua roda. Ketika ditekan, pengereman bakal terjadi lebih dulu pada roda belakang. Baru kemudian secara simultan diikuti oleh penekanan pada kaliper rem depan yang dikawal oleh cakram. 

Honda Vario 150 mengandalkan rem CBS, sementara Yamaha Aerox 155 memakai ABS (tipe tertinggi). 

Metode demikian tentu tak dapat Anda temui pada All New Yamaha Aerox, khususnya tipe standar. Aktivitas pengurangan kecepatan sepenuhnya dikendalikan oleh pengendara - memanfaatkan dua tuas rem di setang. Unit ini pun tak punya perangkat penyala-mati mesin otomatis. Begitu pula penguncian modern karena masih menggunakan anak kunci. 

Namun, All New Yamaha Aerox 155 versi basic sudah punya fitur konektivitas gawai. Dengan begitu, pengendara dapat mengetahui jika ada ada panggilan telepon, pesan hingga email masuk, berkat notifikasi yang muncul pada layar panel meter digitalnya. Tak cuma itu, Yamaha Indonesia juga sudah menyematkan power outlet pada konsol sebelah kiri. Dipasangkan agar pemilik dapat mengisi daya ulang gawai Kedua hal inilah yang tak Anda temukan pada Honda Vario 150. 

Memindai barcode motor, salah satu cara untuk menikmati konektivitas gawai Yamaha Aerox 155 Connected.

Apalagi saat menilik ke varian All New Yamaha Aerox 155 Connected ABS. Pada varian tertinggi, tersaji sistem pengereman ABS di roda depan. Andaikata melakukan pengereman secara keras, sensor bakal mengeliminasi roda terkunci di bagian tersebut.    

Kesimpulan

Untuk saat ini, All New Yamaha Aerox 155 bisa dikatakan lebih unggul dari Honda Vario 150. Selain perubahan desain, ia juga mendapatkan peningkatan ihwal capaian performa juga fitur. Hanya saja aspek tadi juga mesti dibayar lebih oleh calon pembeli Yamaha Aerox terbaru. Untuk saat ini, All New Yamaha Aerox 155 Connected (non-ABS) dijual Rp 25,5 juta. Harga varian All New Yamaha Aerox 155 Connected ABS 2021 bahkan lebih tinggi lagi yaitu Rp 29 juta (on the road Jakarta).

 

Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Honda Vario 150 2021

Tipe Mesin

Liquid cooled 4-stroke, SOHC

4 langkah, SOHC, eSP, Pendingin Cairan

Kapasitas Mesin

155 cc

150 cc

Suplai Bahan Bakar

Injection

PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Bore x Stroke

58,0 x 58.7 mm

57,3 x 57,9 mm

Rasio Kompresi

11,6:1

10,6 : 1

Tenaga maksimal

15,3 Ps @8.000 rpm

13,1 PS @8.500 rpm

Torsi Maksimal

13,9 Nm @6.500 rpm  

13,4 Nm @5.000 rpm

Sementara itu, Honda Vario 150 2021 yang hanya dibedakan berdasarkan trim, dipatok mulai dari Rp 24,15 juta sampai Rp 24,3 juta saja. Memang tak ada kelengkapan seperti power outlet maupun pengereman ABS. Harganya yang lebih bersahabat juga ditunjang dengan catatan konsumsi bahan bakar cukup irit yaitu 46,9 km/liter (klaim AHM). Efisiensi itupun didukung pula oleh kapasitas tangki bahan bakar berkapasitas 5,5 liter. Perlu juga dicatat, daya tampung bensin serupa jua terdapat pada All New Aerox 155 2021. Meski secara logika - karena punya mesin lebih besar, agak sulit menjangkau keiritan sang lawan.    

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat