Fitur Sama-sama Lengkap dan Harga Selevel, Pilih Honda Scoopy atau Yamaha FreeGo?

Honda Scoopy 2021 dan Yamaha FreeGo 2021 sama-sama menempati strata teratas di segmen entry level. Di lini tersebut, baik PT Astra Honda Motor (AHM) maupun PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mematoknya dengan nominal paling tinggi. Tentu dengan beberapa pembeda yang sekaligus menjadi keunggulannya, dibanding produk sekelas.

Harga Honda Scoopy 2021 saja saat ini sudah berkisar antara Rp 19 juta sampai Rp 20 jutaan. Terpaut cukup jauh dengan pemilik mesin 110 lain seperti Honda Beat atau Honda Genio. Begitu pula dengan banderol Yamaha FreeGo 2021. Skutik 125 cc itu sudah dipatok dari Rp 19 jutaan. Bahkan, untuk varian tertingginya saja sudah mencapai Rp 22 jutaan. Selisihnya begitu besar dibanding Yamaha Gear 125 atau Yamaha Mio Series. 

Baca juga : Mulai Terlupakan, Padahal Yamaha FreeGo 2021 Punya 7 Hal Menarik untuk Tetap Dibeli

Honda Scoopy dan Yamaha FreeGo dibanderol dengan harga selevel.

Namun, penetapan banderol tersebutlah yang justru membuat Honda Scoopy dan Yamaha FreeGo layak dikomparasi. Secara konsep memang berbeda, di mana FreeGo menampilkan usungan desain modern dan cenderung simple. Sementara Scoopy 2021, jauh lebih 'manis' berkat sajian bertemakan retro. Namun, penilaian terhadap sektor ini tentu kembali kepada preferensi masing-masing. 

Panel Meter Full Digital atau Kombinasi Analog-Digital?

Kelanjutan ihwal modernitas dituangkan secara penuh oleh Yamaha Indonesia pada panel meter. Informasi seperti spidometer, odometer hingga kapasitas bahan bakar ditampilkan secara digital. Sedang indikator bertandakan lampu, mengapit layar utamanya. 

Di situ pun terdapat indikator smart key system, Stop & Start System (SSS) dan ABS (anti-lock braking system). Hanya saja, ketiganya dapat Anda temui jika membeli unit Yamaha FreeGo S Version dan Yamaha FreeGo S ABS saja. 

Suguhan itu berbeda jauh dengan Honda Scoopy. Panel meter yang bersarang di setang telanjangnya menyajikan kombinasi analog-digital. Untuk mengetahui informasi spidometer, ditandai oleh jarum manual. Namun, tripmeter dan kapasitas BBM dituliskan secara digital. 

Penyajian panel meter berbeda antara Yamaha FreeGo dan Honda Scoopy.

Bahkan terdapat pula informasi tambahan seperti jam, indikator aki, konsumsi bahan bakar hingga pemberitahuan soal pergantian oli mesin. Fitur ini tak dipunyai Yamaha FreeGo. Selain itu, Scoopy sudah mendapatkan Idling Stop System (ISS) sebagai perlengkapan standar. Sementara fitur penyala-mati otomatis pada FreeGo hanya dapat ditemui pada dua varian atas saja - bukan Yamaha FreeGo standar. 

Yamaha FreeGo Tawarkan Kemudahan Pengisian Bensin

Pun demikian soal sistem penguncian. Penggunaan kunci pintar cuma ada di FreeGo S Version dan FreeGo S ABS. Sama pula pada Honda Scoopy. sistem tersebut dapat ditemui pada tipe atas. Walau begitu, tipe basic dari keduanya (menggunakan kunci berpengaman magnet) sama-sama dilengkapi tombol pembuka jok. Bedanya, tombol pada FreeGo terdapat penambahan untuk membuka cover tangki bensin.

Bahkan, dibagian atasnya terdapat power outlet untuk mengisi daya ulang gawai. Sayang, belum dilengkapi soket USB dan tidak ada konsol untuk menaruh smartphone selama diisi sembari jalan. Bukan hanya di kanan, konsol yang idealnya dipunyai skutik tak tersedia pada skutik buatan Yamaha Indonesia. 

Power outlet Yamaha FreeGo belum menggunakan USB port.

Pasalnya, bagian itu difungsikan sebagai 'mulut' untuk menuang bahan bakar Yamaha FreeGo. Positifnya, pemilik tidak perlu turun dari motor saat akan mengisi bensin. Uniknya lagi, tangki bahan bakar FreeGo ini terletak di bagian bawah dek (pijakan kaki). Lain halnya dengan Scoopy. Sisi sebelah kiri itu dimanfaatkannya untuk konsol berpenutup. Di dalamnya juga terdapat pengisi baterai seluler dengan konektor USB. 

Tutup tangki bensin Yamaha FreeGo ada di bawah setang sebelah kiri.

Bagasi Yamaha FreeGo lebih Besar dari Honda Scoopy

FreeGo 2021 memang tidak punya tempat penyimpan barang di area depan. Toh, upaya memaksimalkan akomodasi untuk membawa barang sepenuhnya diterjemahkan lewat bagasi bermuatan 25 liter. 

Baca juga: Mulai Terlupakan, Padahal Yamaha FreeGo 2021 Punya 7 Hal Menarik untuk Tetap Dibeli

Dengan kapasitas setara Yamaha NMax, sudah pasti ruang penyimpanan itu mampu menelan helm full face serta barang-barang lain. Optimasi itu pun tak lepas dari keputusan Yamaha menempatkan tangki bahan bakar di bawah pijakan kaki. Mengenai sektor ini FreeGo jelas lebih unggul dari Scoopy. Skutik milik PT AHM hanya sanggup memuat barang berkapasitas 15,4 liter, tanpa bisa memuat helm full face. 

Tidak adanya tangki di bawah jok membuat bagasi Yamaha FreeGo lebih luas.

Honda Scoopy Punya Dimensi lebih Ramping

Besarnya daya tampung barang bawaan tadi pun berdampak terhadap perancangan tubuh Yamaha FreeGo 2021. Dari dimensi maupun jarak sumbu roda, skutik berlambang garpu tala punya postur lebih besar ketimbang Honda Scoopy. Penyetelan jok FreeGo pun lebih tinggi, meski jarak kolongnya lebih rendah dari sang rival. 

Lantaran punya jok lebih rendah, Scoopy pun diuntungkan karena memiliki bobot tergolong ringan. Penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), berpengaruh besar terhadap timbangannya. Berkat itu dia mampu memberikan gap 7 kg terhadap FreeGo - berdasarkan perbandingan varian terberat. 

Honda Scoopy dan Yamaha FreeGo sama-sama pakai ban 12 inci.

Walau begitu, rasanya FreeGo dan Scoopy setara dalam hal pengendalian. Terlepas diferensiasi tubuh, keduanya sama-sama mengandalkan stabilitas dari roda berukuran 12 inci berukuran serupa. Termasuk pula kelengkapan kaki-kaki lewat peredam kejut teleskopik di depan dan tunggal pada bagian belakang. 

Pun halnya perangkat pengereman cakram dan tromol (depan-belakang). Seperti penjelasan sebelumnya, opsi pada Yamaha FreeGo lebih variatif karena menyediakan tipe berpelengkap ABS. Sebaliknya pada Scoopy, pengereman bersensor itu tidak menjadi bagian pada versi teratasnya.  

Perbandingan Rancang Bangun
  Honda Scoopy 2021 Yamaha FreeGo 2021
Rangka Underbone Underbone
Suspensi depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal Unit swing
Ukuran Ban depan 100/90 – 12 59J (Tubeless) 100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
Ukuran Ban Belakang 110/90 – 12 64J (Tubeless) 110/90-12M/C 64L - Tubeless
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal Cakram
Rem belakang Tromol Tromol
Dimensi (P x L x T) 1.864 x 683 x 1.075 mm 1.905 x 690 x 1.100 mm
Tinggi Tempat Duduk 746 mm 778 mm
Jarak sumbu Roda 1.251 mm 1.275 mm
Jarak terendah ke tanah 145 mm 135 mm
Berat 95 kg, 94 kg (smartkey) 100 kg, 102 kg (ABS)
Kapasitas tangki bensin 4,2 liter 4,2 liter

Performa Yamaha FreeGo hanya Unggul Sedikit dari Honda Scoopy

Di atas kertas, performa Yamaha FreeGo 2021 pastilah unggul ketimbang Yamaha FreeGo. Kendati begitu, perbedaan kubikasi tersebut nyatanya tak berpengaruh banyak pada selisih keduanya. 

Bekalan mesin injeksi 125 cc, membuat Yamaha FreeGo sanggup melontarkan daya 9,5 PS @8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm @5.500 rpm. Terpaut sedikit saja dengan Honda Scoopy yang notabene bermesin 110 cc. Torehan outputnya adalah 9 PS di 7.500 rpm dan 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Gap tak seberapa ini tentu juga dipengaruhi oleh bobot Honda Scoopy terbaru yang lebih ringan tadi. 

Perbandingan Mesin
  Honda Scoopy 2021 Yamaha FreeGo 2021
Tipe mesin 4-Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP 4-Langkah, SOHC, Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar Injeksi (PGM-FI) Injeksi
Diameter x langkah 47 x 63,1 mm 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah 108,2 cc 125 cc
Perbandingan kompresi 10 : 1 9,5 : 1
Daya maksimum 9 PS @7.500 rpm 9,5 PS @8.000 rpm
Torsi maksimum 9,3 Nm @5.500 rpm 9,5 Nm @5.500 rpm
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe Starter Pedal dan elektrik Pedal dan elektrik

Kesimpulan

Komparasi Yamaha FreeGo maupun Scoopy memang tidak head to head secara desain. Perbandingan terhadap keduanya justru bermula lantaran punya banderol yang tergolong selevel. Secara fitur pun mirip, meski terdapat keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk. 

Sebagai contoh soal penggunaan lampu utama. Scoopy lebih kekinian dengan projector LED, sementara FreeGo hanya LED saja. Lalu akomodasi memuat barang bawaan. Scoopy memang menyediakan konsol di bawah kemudi, sementara tidak dengan FreeGo.

Akan tetapi, skutik Yamaha mengoptimalkan sepenuhnya kemampuan membawa barang melalui jok. Lalu soal fitur semisal ABS, hanya dapat ditemui pada Yamaha FreeGo. Hal ini tidak menjadi pilihan pada varian teratas Scoopy. 

Daftar Harga Honda Scoopy 2021
Honda Scoopy Fashion Rp 19.950.000
Honda Scoopy Sporty Rp 19.950.000
Honda Scoopy Prestige Rp 20.750.000
Honda Scoopy Stylish Rp 20.750.000

 

Daftar Harga Yamaha FreeGo 2021
Yamaha FreeGo Standar Rp 19.275.000
Yamaha FreeGo S Version Rp 20.815.000
Yamaha FreeGo S ABS Rp 22.840.000
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Scoopy
Lihat