Ini Alasan Honda CB150R Streetfire ogah Pakai Assist and Slipper Clutch

Secara tampilan, All New Honda CB150R Streetfire 2021 menempati strata paling atas di segmen naked bike 150 cc. Sematan berupa suspensi depan upside down (USD), membuatnya unggul dari rival seperti Yamaha Vixion. Namun, apakah hal tersebut berlaku mutlak? 

Demikian adanya jika pembahasan merujuk kepada sektor pengendalian. Dengan penggunaan fork berdimater 37 mm itu, optimasi akan didapat pemilih All New Honda CB150R Streetfire. Bukan semata menambah kesan gagah bak sebuah big bike. Aplikasi peredam kejut model tabung terbalik ini jua meningkatkan kestabilan dan kontrol pengendara terhadap sang kuda besi. 

Generasi terbaru Honda CB150R Streetfire tidak menggunakan Assist and Slipper Clutch.

"Sejak diperkenalkan 2021, Honda CB150R Streetfire telah diterima dengan baik berkat performa dan kenyamanan berkendaranya di perkotaan. Sekarang, kami menyempurnakannya sebagai naked bike layaknya big bike. Kemudian menunjangnya dengan suspensi USD yang disukai oleh masyarakat. Saya harap ketika mengendarai dan merasakan perubahan pada bagian kemudi, Anda dapat mengingat bahwa sepeda motor ini sangat menyenangkan," kata Keiichi Yasuda, President Director PT AHM saat peluncuran kemarin (5/5). 

Yasuda juga menyebutkan, kesenangan dalam mengendarai All New CB150R Streetfire juga terletak pada saat pengendara 'memainkan' transmisi. Tadinya, kami pikir ujaran tersebut bakal berkaitan pula dengan fitur baru misalnya Assist and Slipper Clutch.      

Kenyataannya, perangkat pada girboks itu tak ambil bagian pada pengembangan Honda CB150R Streetfire kali ini. Padahal, pengaplikasiannya jelas bermanfaat bagi habitat asli All New Honda CB150R Streetfire - penggunaan di perkotaan. 

Baca juga: Selisik Spesifikasi Honda CB150R Streetfire 2021, Ternyata makin Ringan!

Assist and Slipper Clutch sudah dipakai oleh All New Honda CBR150R 2021.

Assist and Slipper Clutch Mencegah Roda Belakang Terkunci

Assist and Slipper Clutch sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu clutch outer, clutch center dan preassure plate. Sejatinya sama seperti kopling pada umumnya. Hanya saja, khusus untuk clutch center terbagi menjadi dua bagian dengan pergerakan ke dalam dan keluar. 

Ketika motor melakukan deselerasi yang diikuti down shift, clutch outer akan menempel ke per kopling dan mendorong clutch center ke arah luar. Kinerja itu kemudian membuat pressure plate terbuka. Sebagai cara mengurangi tekanan antara kampas kopling dan plat. Dengan begitulah efek engine brake akan lebih halus dan gejala roda belakang terkunci dapat dihindari. 

Hal ini mestinya pun menguntungkan untuk motor perkotaan seperti All New Honda CB150R Streetfire. Manfaat berupa kestabilan bisa didapat ketika menghadapi jalanan yang licin atau berpasir. 

Baca juga: Serba-serbi Assist and Slipper Clutch, Kian Jamak Ditemukan pada Motor Bermesin Kecil

Bukan saja mencegah roda belakang terkunci, Assist and Slipper Clutch juga membuat pengoperasian kopling menjadi enteng.

Faktanya pula, perangkat itu membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan. Ya, sangat berguna untuk menghadapi situasi jalan perkotaan yang acap kali membuat pengendara sering berpindah gigi.

Alasan All New Honda CB150R Streetfire tak Pakai Assist and Slipper Clutch

Pertanyaannya, kenapa All New Honda CB150R Streetfire tidak pakai Assist and Slipper Clutch? Dari sisi manfaat, jelas bakal memudahkan sekaligus meningkatkan kenyamanan pengendara. Toh, perangkat ini jua sudah digunakan All New Honda CBR150R 2021 yang notabene bermesin 150 cc. 

Pembahasan ini pun kemudian dijawab langsung oleh Sakron Limpanachaipondgoon, selaku Large Project Leader Honda R & D South East Asia Co., Ltd. Menurutnya, ada dua hal yang membuat All New Honda CB150R Streetfire 2021 tak memakai Assist and Slipper Clutch. 

Tubuh kekar dengan desain dan suspensi baru menjadi nilai jual utama All New Honda CB150R Streetfire.

Baca juga: Harga makin Mahal, Ini Daftar Perubahan All New Honda CB150R Streetfire 2021

"Pertama adalah terkait dengan engine brake. Honda CB150R Streetfire ini engine brake-nya tidak besar. Maka pemakaian Assist and Slipper Clutch tidak terlalu memberikan efek. Kedua. Berdasarkan pada studi pasar yang kami lakukan, saat ini fitur yang ada pada CB150 Streetfire sudah cukup diterima dengan baik oleh masyarakat. Namun, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari fitur tersebut akan diadopsi pada model ini," papar Sakron. 

Output Mesin Berbeda dengan All New Honda CBR150R 2021  

Cukup masuk akal jika berkaitan dengan efek engine brake. Walau memiliki kubikasi mesin serupa, All New Honda CB150R Streetfire nyatanya punya output mesin berbeda dengan All New Honda CBR150R. 

Di atas kertas, All New Honda CBR150R mampu menorehkan pencapaian 17,1 PS @9.000 rpm dan 14,4 Nm @7.000 rpm. Sementara All New Honda CB150R Streetfire sanggup menghasilkan tenaga 16,9 PS @9.000 rpm. Sedang untuk torsi maksimal adalah 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. 

Walau kapasitasnya sama, output All New Honda CBR150R lebih besar daripada All New Honda CB150R Streetfire.

Baca juga: Selain Warna, Ini Perbedaan Varian Honda CB150R Streetfire 2021

Boleh jadi Assist and Slipper Clutch ini sekarang belum terlalu penting untuk All New Honda CB150R Streetfire 2021. Sekalipun diaplikasikan, tentu harganya tak lagi seperti sekarang. Namun, perlu diingat pula, Yamaha Vixion punya perangkat tersebut.    

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CB150R StreetFire
Lihat