Adu Fitur Honda Vario 160 2022 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Mana Lebih Unggul?

Adu fitur Honda Vario 160 dengan Yamaha Aerox 155 Connected
  • Keduanya memiliki fitur unggulan yang tidak ada di kompetitor
  • Bagasi Aerox 155 Connected mencapai 25 liter
  • Vario 160 varian ABS dilengkapi cakram belakang

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 sebelumnya sudah cukup kuat untuk bertarung di kelas matic 150-155 cc dengan beragam fitur terkininya. Tapi belum lama ini, Honda Vario 160 2022 hadir sebagai penantang beratnya.

Jika dari segi desain keseluruhan TYamaha Aerox 155 memangsa pasar pengendara yang ingin tampil sporty tapi dengan kemudahan berkendara motor matic, Honda Vario 160 tidak ingin ketinggalan momen tersebut.

Vario 160 mendapatkan rombakan bodi hingga mesin yang cukup banyak jika dibandingkan dengan Vario 150 generasi terakhir. Ini juga yang menjadi kuncian dari PT Astra Honda Motor (AHM), mereka ingin membuat Vario 160 tampil layaknya matic besar.

Jika fokus terhadap suguhan fitur, masing-masing motor ini memiliki fitur yang jadi andalan atau bahkan tidak dimiliki oleh penantangnya. Kalau begitu mari bandingkan rangkaian fitur dari kedua matic ini.

Baca juga: Serba-Serbi Remote Smart Key Honda Vario 160 2022, Mulai Dari Hilang Sampai Cara Merawatnya

Perlampuan Aerox 155 Connected belum semuanya LED

Lampu-Lampu Gunakan LED

Fitur pertama yang langsung tampak adalah sisi perlampuan. Di sini keduanya sudah dibekali dengan lampu utama LED 4 titik, 2 titik low beam dan 2 titik high beam plus ditemani DRL (Daytime Running Light).

Lampu LED juga digunakan kedua motor ini pada lampu pengereman. Bedanya lampu rem Honda Vario 160 lebih lebar menyesuaikan bodi motornya yang gambot, ini membuat tampilan lebih mewah.

Sedangkan Yamaha Aerox 155 mengusung konsep buntut motor sport yang khas akan desain lancip meruncing untuk mengejar sisi aerodinamis. Ini juga yang membuat lampu remnya punya dimensi lebih mungil namun tetap terang.

Vario 160 masih setia dengan suspensi belakang tunggal

Masih di belakang, lampu penerang pelat nomor belakang miik Honda Vario 160 juga sudah menggunakan LED putih yang membuat tampilannya lebih mewah di malam hari. Yamaha Aerox 155 masih pakai bohlam nih.

Baca juga: Tengok Lawan Honda Vario 160 2022 Asal Italia, Jual Tampang Sporty Ala Eropa

Lanjut untuk lampu sein Vario 160 sudah seluruhnya menggunakan LED. Yang depan di sebelah DRL sedangkan yang belakang model terpisah dengan lampu rem. Sein belakangnya serupa dengan Honda Vario 150 hingga Honda CBR250RR.

Wajah baru Vario 160 dengan DRL terpisah, semuanya sudah LED

Kalau Yamaha Aerox 155 masih mengandalkan bohlam pada seinnya. Yang depan punya posisi di bodi samping yang bentuknya seperti fairing motor tipe sport. Yang belakang juga model terpisah dengan model identik dengan Yamaha V-Ixion.

Pelek dan Ban, Adu Gambot

Perlu diakui kalau kaki-kaki Yamaha Aerox 155 tampil lebih padat. Ini berkat penggunaan lebar pelek depan 3 inci dengan ban 110/80-14 dan lebar pelek belakang 3,5 inci berbalut ban 140/70-14, gambot!

Honda Vario 160 pun melakukan upgrade yang sama, yaitu dengan membuat desain pelek baru juga lebar, tapi tetap tidak selebar milik Yamaha Aerox 155. Pelek baru Honda Vario 160 yang depan lebar 2,15 inci dan ban 100/80-14, yang belakang lebar 3,5 inci dengan ban 120/70-14.

Baca juga: Hitung-hitungan Yuk, Mending Tebus Yamaha NMax 155 Bekas atau Honda Vario 160 2022 Baru?

Ban belakang 140/70-14 bikin tampilan bokong Aerox 155 Connected gambot!

Suspensi Siapa Paling Nyaman

Kedua motor ini memiliki suspensi yang berbeda, terutama suspensi belakang. Honda Vario 160 masih setia dengan suspensi tunggal di belakang pada sisi kiri, sama seperti Honda Vario all series dan matic di Indonesia pada umumnya.

Sedangkan Yamaha Aerox 155 Connected sejak pertama kali diluncurkan sudah menggunakan suspensi belakang ganda, tentu ini sekaligus membuat tampilan belakangnya lebih padat. Bahkan ada 2 versi berbeda, tipe non ABS suspensi polos sedangkan tipe ABS dilengkapi sub-tank.

Sub-tank ini turut mendongkrak penampilan yang lebih sporty dan tentunya juga memiliki karakter redaman yang berbeda.

Sub-tank suspension pada Aerox 155 Connected dongkrak aura sporty

Pengereman, Andalkan ABS

Kedua matic ini sudah dibekali dengan fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) 1 channel, tepatnya roda depan saja. Bahkan sebelumnya Honda Vario 150 juga menggunakan rem tipe drum brake atau tromol untuk rem belakang serupa Yamaha Aerox 155.

Baca juga: Adu Performa Honda Vario 160 2022 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Mana Unggul?

Vario 160 tipe ABS sudah menggunakan cakram belakang diameter 220 mm

Namun pembaharuan terjadi di Honda Vario 160, tepatnya tipe ABS yang sudah menggunakan rem cakram baik depan maupun belakang dengan diameter 220 mm. Tentunya ini menjadi point penting, karena sang kompetitor masih setia dengan rem tromolnya.

Selain tipe ABS, Vario 160 juga hadir dalam tipe CBS (Combi Brake System) yang masih menggunakan rem belakang tromol dan penggunaan diameter cakram tidak terlalu besar di depan.

Yamaha Aerox 155 Connected tampil sebagai sport scooter

Konektivitas

Fitur konektivitas pada Yamaha yang disebut Y-Connect jadi fitur andalan yang belum dimiliki kompetitornya. Dengan Y-Connect membuat smartphone pengendara dapat terhubung dengan motor berkat adanya CCU (Communication Control Unit).

Dengan begitu pengendara bisa memantau keadaan kendarannya jadi lebih mudah. Seperti last parking location, konsumsi BBM, notifikasi malfungsi pada motor, peringkat mengenai jarak tempuh dan ECO, takometer, hingga indikator ECO riding.

Baca juga: Pahami Lagi Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Matic Bongsor Nan Sporty

Fitur Y-Connect jadi salah satu fitur andalan dari Yamaha

Gak sampai di situ, pada spidometer juga terdapat indikator tambahan seperti kapasitas baterai smartphone, indikator notifikasi pesan, dan indikator notifikasi telepon masuk yang nantinya akan berkedip.

Spidometer Digital

Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155 sudah menggunakan spidometer full digital, keduanya juga sudah menggunakan negative display yang lebih ‘adem’ di mata berkat latar belakang hitamnya. Melirik informasi baik siang atau malam pun jadi lebih mudah.

Spidometer Vario 160 lebih ringkes mengikuti desain batok yang compact

Perbedaan paling terasa ada pada dimensi spidometernya. Dimensi yang besar juga membuat ukuran font pada spidometer Yamaha Aerox 155 cukup besar, kesan sporty pun terasa karena disematkannya sepasang tachometer bar.

Spidometer Honda Vario 160 lebih compact mengikuti desain batoknya yang memang kecil, desain dan informasinya tidak banyak berbeda dibanding Honda Vario 150. Hanya ada tambahan indikator ABS dan punya tampilan lebih elegan berkat ada aksen guratan di sekeliling spidometernya.

Baca juga: Alasan Kenapa Yamaha Aerox 155 Connected 2022 Jadi Favorit Anak Muda

Spidometer Aerox 155 Connected besar dengan sepasang tachometer bar

Tampilan utamanya yang paling terlihat tentu saja real time fuel consumption dalam bentuk bar yang akan terus berubah seiring gaya berkendara. Sisanya kedua spidometer ini memiliki informasi yang mirip.

Kunci Keyless

Salah satu fitur kemanan yang kekinian adalah keyless. Baik Yamaha taua pun Honda, sama-sama menyebutnya dengan Smart Key System. Pada prinsipnya keduanya punya fungsi yang sama.

Yaitu menggantikan anak kunci konvensional dengan remote yang memiliki sinyal serupa dengan receiver di motor. Salah satu yang jadi pembeda adalah fitur pada keyless tersebut. Yamaha membekali tombol answer back system pada remotnya.

Honda Vario 160 dengan desain bodi baru

Fungsinya tentu untuk memudahkan pengendara mencari kendaraannya saat di parkiran, karena beeper akan berbunyi dibarengi dengan berkedipnya keempat lampu sein. Honda juga punya fitur serupa, tapi lebih lengkap dengan anti-theft alarm.

Baca juga: Beragam Grafis Spesial Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Obat Gantengnya Anak Sunmori

Vario 160 dilengkapi fitur anti-theft system pada remot keylessnya

Fitur tersebut dibekali sensor getar untuk mendeteksi getaran pada motor. Artinya ketika fitur diaktifkan dan terdeteksi getaran seolah ingin dicuri, maka beeper akan berbunyi nyaring dan cepat dibarengi kedipan keempat lampu sein.

Ruang Penyimpanan

Di Honda Vario 160 mendapatkan desain kompartemen baru, tepatnya di bawah setang. Sisi kiri dilengkapi penutup dan berisikan USB charger. Namun memang ruangannya tidak terlalu besar.

Yamaha Aerox 155 hanya dilengkapi kompartemen di bawah setang sisi kiri saja, dilengkapi juga dengan power outlet namun model lighter atau pematik api seperti di mobil. Meski begitu ruang penyimpanannya terasa lebih lega.

Power outlet Vario 160 sudah model USB, isi daya smartphone lebih mudah tanpa adaptor

Ruang penyimpanan lebih lega lagi tentu ada di bawah joknya, ini karena tangki 5,5 liter milik Yamaha Aerox 155 diletakan di tengah-tengah kaki pengendara. Efeknya ruang bagasi di bawah jok mencapai 25 liter.

Baca juga: Racing Habis, Yamaha Rilis Aerox 155 Connected/ABS Pakai Livery Yamaha World GP 60th Anniversary

Sedangkan Vario 160 ruang bagasinya masih berbagi tempat dengan tangki 5,5 liter di bawah jok. Efeknya tentu saja ruang bagasi hanya memiliki kapasitas penyimpanan 18 liter. Tapi tetap muat helm kok!

Aerox 155 Connected punya ruang bagasi 25 liter di bawah joknya

Relatif Seimbang

Keduanya bertarung disegmen yang sama, dengan kapasitas mesin yang kini bisa dikatakan setara. Begitu pula dengan kelengkapan dari fitur hingga akomodasinya, masing-masing punya keunggulan dan daya tariknya sendiri.

Jika menyukai tampilan baru dengan lampu full LED serta dek rata, tentu pilihannya adalah Honda Vario 160 2022. Tapi jika menyukai matic sporty ala motor sport dengan bagasi besar dan fitur konektivitas, maka Yamaha Aerox 155 Connected pilihannya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 160
Lihat