window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Alasan Kawasaki Boyong Motor Listrik Mungil ke Indonesia, Incar Segmen Non Matic

Ilham · 13 Jun, 2022 11:00

Alasan Kawasaki Boyong Motor Listrik Mungil ke Indonesia, Incar Segmen Non Matic 01

Kawasaki Elektrode
  • Kawasaki punya beragam tipe motor tapi minim matic.
  • Segmen motor anak-anak jadi pembuka produk elektrik Kawasaki.

Kawasaki Heavy Industries sebagai induk pabrikan motor Kawasaki dikenal sebagai produsen beragam jenis kendaraan. Mulai dari sepeda motor, pesawat hingga kereta api mereka buat.

Namun untuk motor listrik, pabrikan yang identik dengan kelir hijau ini baru memiliki satu model, yakni Kawasaki Elektrode. Ini pun tak bisa disebut motor yang 'full size' karena ukurannya yang imut dan diperuntukan bagi anak-anak.

Kawasaki Elektrode ini mampir di Indonesia pekan lalu. Dan Kawasaki punya alasan tersendiri mengenai penampilan motor tersebut di Indonesia. Bahkan motor tersebut disiapkan juga untuk pasar Tanah Air.

Baca Juga: Begini Bentuk Motor Listrik Pertama Kawasaki, Dibuat Untuk Anak-Anak Harga Tembus Rp 20 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kawasaki Incar Motor Listrik Yang Beda

Bukan sekadar memamerkan kemampuan dalam pengembangan motor listrik, bagi Kawasaki Indonesia kehadiran motor tersebut sebagai bukti jika mereka ingin mengincar segmen yang berbeda dari produsen lainnya.

Alasan Kawasaki Boyong Motor Listrik Mungil ke Indonesia, Incar Segmen Non Matic 01

Mengincar pasar beda

"Kawasaki akan masuk ke elektrifikasi tapi di segmen yang berbeda. Bisa di segmen offroad dan sport, yang lain kan main di matic," kata Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan jika ke depannya akan makin banyak produsen motor yang menghadirkan motor listrik atau elektrifikasi lainnya. Sehingga pihaknya pun bersiap untuk masuk ke pasar tersebut.

"Mungkin tiap pabrikan harus mempersiapkan produk elektriknya nanti. Walaupun Kawasaki tak hanya fokus pada motor listrik, karena juga tengah mengembangkan hidrogen. Saat ini terus didevelop oleh Kawasaki," jelas Michael.

Dijual Mulai Tahun Depan

Soal waktu penjualannya, estimasi Kawasaki Elektrode bisa dijual di Indonesia, baru sekitar tahun depan. "Paling lambat kuartal kedua tahun 2023. Jadi memang produk global yang disurvey di Amerika," jelasnya.

Alasan Kawasaki Boyong Motor Listrik Mungil ke Indonesia, Incar Segmen Non Matic 02

Motor tertanam di hub roda belakang

Lebih lanjut, lamanya rentang waktu kehadiran dan pengenalan tersebut dijelaskan oleh Michael diantaranya mengenai perizinan yang perlu diurus. Karena Kawasaki Elektrode basisnya akan diimpor utuh (CBU) dari Thailand.

Sementara soal harga, motor listrik Kawasaki Elektrode bakal dilepas dengan estimasi harga Rp 20 jutaan. Di mana motor tersebut punya status penjualan off the road, karena memang bukan diperuntukan di jalan raya.

Spesifikasi Kawasaki Elektrode

Dirancang untuk anak usia 8-13 tahun, dimensi Kawasaki Elektrode terbilang mungil. Bahkan masih bisa diangkut di bagasi mobil. Ukuran panjang x lebar x tingginya hanya 1.235 x 582 x 767 mm dengan wheelbase 832 mm.

Alasan Kawasaki Boyong Motor Listrik Mungil ke Indonesia, Incar Segmen Non Matic 03

Tinggi jok bisa diatur

Sementara ketinggian joknya bisa diatur dari 410-520 mm. Bobotnya pun ringan, yakni 14,5 kg saja. Ukuran bannya 16 inci tipe knobby.

Performanya disokong motor listrik 250W yang sanggup digeber hingga 21 km/jam, tergantung dari riding mode. Dalam sistem kelistrikannya, Kawasaki Elektrode juga didukung dengan baterai tipe lithium ion yang tertanam pada rangka underbonenya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });