window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bakal Ada Motor Nasional Malaysia Bermesin Suzuki, PT SIS Ikut Dilibatkan?

Ilham · 22 Sep, 2023 18:00

Bakal Ada Motor Nasional Malaysia Bermesin Suzuki, PT SIS Ikut Dilibatkan? 01

Motor nasional AFAZ mulai diresmikan
  • Jadi merek motor nasional ke-2 di Malaysia.
  • Produksinya dibantu suplai spare parts dari Suzuki.

Pekan ini Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan kerjasama mereka dengan perusahaaan asal Malaysia, KMSB Motors Sdn. Bhd. Sepeda motor nasional bermerek AFAZ pun terlahir dari kolaborasi keduanya.

KMSB sendiri adalah perusahaan grup AFY Mobility Industries Sdn. Bhd, pemegang saham tunggal Suzuki di Malaysia. Yang bertugas memproduksi dan menjual sepeda motor Suzuki di Malaysia.

Menukil dari situs resmi Suzuki Global, penandatanganan merek baru tersebut dilakukan oleh sejumlah pihak terkait. Termasuk pemimpin Malaysia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Diantaranya Presiden SMC, Toshihiro Suzuki dan Presiden KMSB, Faez Yahya hingga Perdana Menteri Malaysia yaitu Anwar Ibrahim.

Kehadiran merek AFAZ ini memperbanyak merek motor nasional asal Malaysia. Di mana sebelumnya sudah hadir brand Modenas sejak tahun 90-an yang merupakan hasil kerja sama dengan Kawasaki.

Baca Juga: Soebronto Laras, Bapak Suzuki Indonesia Meninggal Dunia

Suzuki Suplai Suku Cadang

Dalam kerja sama ini, Suzuki berencana memasok mesin dan suku cadang bodi untuk model mulai dari 110cc hingga 150cc merek AFAZ.

Bakal Ada Motor Nasional Malaysia Bermesin Suzuki, PT SIS Ikut Dilibatkan? 01

Produk Suzuki di Malaysia

Pasokan akan dimulai pada paruh pertama 2024. Sementara suku cadang yang didistribusikan berasal dari pabrik Suzuki di Asia Tenggara.

Dengan demikian, ada kemungkinan pabrik Suzuki di Indonesia dalam hal ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal dilibatkan untuk suplai tersebut.

“Selain penjualan sepeda motor, Suzuki ingin berkontribusi terhadap perluasan pasar dan industri sepeda motor Malaysia melalui penyediaan suku cadang ke KMSB,” ucap Presiden SMC, Toshihiro Suzuki.

Baca Juga: Servis Motor di Planet Ban Bisa Uji Emisi Gratis

Skema Kerja Sama Motor Nasional Malaysia dan Suzuki

Sama seperti Modenas dan Kawasaki, baik Suzuki dan merek nasional Malaysia ini sepakat memasok komponen penting kepada KMSB untuk mengembangkan sepeda motor AFAZ.

Sehingga, bisa jadi kita melihat motor merek AFAZ dengan mesin Suzuki.

Bakal Ada Motor Nasional Malaysia Bermesin Suzuki, PT SIS Ikut Dilibatkan? 02

Ada suplai komponen dari pabrik Suzuki Indonesia 

Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam mengkatalisasi industri otomotif roda dua di Malaysia. Serta, berkontribusi terhadap kebutuhan keahlian industri manufaktur lokal di sana.

Meski disokong suplai dari Suzuki, pengembangan serta penjualannya dilakukan secara mandiri. Bahkan, AFAZ memupuk misi menjadi pemain utama di pasar sepeda motor lokal. Harapannya tentu agar bisa bersaing di tingkat Asean dan global.

Sebagai catatan, saat ini Suzuki Malaysia masih tetap beroperasi dengan beragam model yang ditawarkan. Mulai dari line up motor 150 cc seperti Suzuki GSX-R150 dan Raider R150FI, hingga moge sekelas GSX-8S dan V-Strom 800DE ada.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });