window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan eSAF, Ini Modal Honda Giorno+ Buat Lawan Yamaha Grand Filano

Ary · 30 Agu, 2023 16:30

Honda Giorno+ vs Yamaha Grand Filano

Honda Giorno+ vs  Yamaha Grand Filano.
  • Honda Giorno+ menjadi rival Yamaha Grand Filano.
  • Menawarkan keunggulan pada sisi akomodasi dan performa.

AP Honda tak ambil pusing dengan keriuhan rangka eSAF Honda di Indonesia. Pemegang merek Honda di Thailand itu baru saja merilis Honda Giorno+ yang sudah barang tentu bakal berhadapan dengan Yamaha Grand Filano.

Dari sisi desain, baik Giorno+ maupun Grand Filano sama-sama mengusung konsep matic retro-modern sekaligus premium. Termasuk pula mengenai pemilihan lingkar roda berukuran 12 inci (depan-belakang). 

Menyoal modernitas pun diperlihatkan keduanya via penggunaan sistem penerangan LED pada lampu utama. Termasuk pula panel meter yang sudah full digital. 

Lantas dengan konsep serupa, apa kelebihannya ketimbang Yamaha Grand Filano? Berikut ini modal yang ditawarkan Honda Giorno+.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bagasi Honda Giorno+

Secara rancang bangun, Yamaha Grand Filano dan Honda Giorno+ ramah pengendara. Punya jok lebar hingga dek kaki rata serta cukup luas.   

Bagasi Honda Giorno+

Bagasi Honda Giorno+ berkapasitas 30 liter.

Baca juga: Tak Pakai eSAF, Honda Giorno+ Resmi Mengaspal di Thailand

Tapi dari sisi akomodasi terutama bagasi, Honda Giorno+ sedikit lebih unggul dengan kapasitas mencapai 30 liter. Sementara bagasi Grand Filano adalah 27 liter. 

Keduanya pun memiliki konsol tambahan di bawah setang. Namun kepunyaan Giorno+ lebih rapi lantaran berpenutup. Sudah tersedia pula USB port untuk mengisi daya ulang smartphone.

Mesin 125 cc eSP+

Modal lainnya tentu berasal dari sektor performa. Sebagaimana diungkap pada situs resmi AP Honda Thailand, Honda Giorno+ menggendong mesin 125 cc 4 katup. 

Artinya, Honda Giorno+ menjadi pengguna pertama mesin 125 cc bertitel eSP+. Seperti diketahui, label tersebut sudah lebih dulu tersemat pada Honda PCX 160, Honda ADV 160 dan Honda Vario 160

Mesin Honda Giorno+

Jadi produk pertama yang menggunakan mesin 125 cc 4 katup Honda. 

Baca juga: Patut Disimak, Ini Motor Matic Honda yang Pakai Rangka eSAF

Tentu ada perbedaan karakteristik bila dibandingkan dengan Yamaha Grand Filano bersama mesin dua katupnya. Sayang, informasi tenaga maupun torsi Giorno+ belum diungkap oleh pihak AP Honda.   

Kelebihan lainnya, Honda Giorno+ sudah mengaplikasi sistem pendingin cairan. Di lain sisi, Grand Filano masih berpendingin udara. 

Harga Lebih Murah

Tidak hanya dua faktor itu yang bisa diandalkan Honda Giorno+ untuk melawan Yamaha Grand Filano.

Dari segi harga Giorno+ nyatanya lebih murah. Di negeri Gajah Putih, Honda Giorno+ baik tipe CBS maupun ABS, lebih murah daripada Grand Filano.

Honda Giorno+ CBS dijual 61,900 Baht atau Rp 26 jutaan. Sedangkan varian ABS diniagakan dengan harga 66.900 Baht atau setara Rp 29 jutaan. 

Sementara Yamaha Grand Filano tipe standar dibanderol 64,700 Baht (Rp 28 jutaan) dan 69,200 Baht (Rp 30 jutaan) untuk versi ABS.  

Pertanyaannya, apakah Honda Giorno+ bakal masuk ke Indonesia?   

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });