window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan Gimmick, Ini Pentingnya Rutin Ganti Oli Mesin Motor

Harry · 4 Des, 2023 10:00

Bukan Gimmick, Ini Pentingnya Rutin Ganti Oli Mesin Motor 01

Perawatan paling mudah adalah ganti oli teratur.
  • Efisiensi bahan bakar dititik optimal.
  • Kinerja mesin lebih halus.
  • Terhindar dari kerusakan besar.

Ganti oli mesin motor secara rutin merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan setiap pemilik kendaraan, termasuk sepeda motor.

Malah sepeda motor perlu melakukan hal tersebut, bahkan lebih sering dari kendaraan roda empat alias mobil.

Namun pada beberapa kondisi, masih dijumpai pemilik sepeda motor yang abai dalam melakukan penggantian oli secara rutin sesuai rekomendasi pabrikan.

"Hal ini berimbas pada performa motor yang jadi tidak optimal," ungkap Agung Budi Raharja, GM Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi kenapa sih oli mesin motor harus rutin diganti? Kan olinya cuma muter-muter disitu saja? Gimmick bengkel doang itu buat jualan oli!

Duh ini yang keliru, biasanya pengendara wanita nih yang berpendapat seperti ini. Oke, begini penjelasannya.

Salah satu alasannya karena putaran mesin motor yang tinggi, serta lebih panas lantaran masih ada yang pakai pendingin udara.

Kondisi tersebut sedikit banyak mempengaruhi kualitas oli, seperti volume yang menyusut juga warna yang berubah menghitam.

Jadwal penggantian oli mesin bisa dilihat pada buku manual kendaraan, yang rata-rata diantara 2.000 hingga 4.000 km sekali.

Baca juga : Yamaha Grand Filano Anti Ngeblong! Upgrade Rem Depan, Ini Rinciannya

Bukan Gimmick, Ini Pentingnya Rutin Ganti Oli Mesin Motor 01

Motor kini sudah diengkapi info masa pakai oli.

Namun hal tersebut juga bergantung dari intensitas pemakaian. Tentunya lebih rutin mengganti oli akan lebih bagus untuk kesehatan mesin.

Nah, berikut manfaat yang didapatkan dari rutin mengganti oli mesin.

1. Suhu dan Performa Terjaga

Oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalam mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin bekerja.

Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat. 

Jika terus dibiarkan bisa menimbulkan suara kasar dan masalah overheat, yang menyebabkan tarikan motor menjadi tidak bertenaga.

2. Awet dan Hemat

Bukan Gimmick, Ini Pentingnya Rutin Ganti Oli Mesin Motor 02

Kondisi oli juga bisa dilihat lewat kaca pengintip seperti ini.

Dengan fungsi oli yang melumasi komponen internal serta membersihkan dari keausan serta korosi, maka mesin akan lebih awet.

Dengan umur pakai yang panjang, tentunya biaya perawatan bisa ditekan, karena tak sampai menimbulkan kerusakan yang berat.

Baca juga : Lagi Naik Daun, Segini Harga dan Cicilan Yamaha MX King 150 di Solo

3. Irit dan Ramah Lingkungan

Dengan performa yang lebih terjaga, tentunya kinerja mesin akan selalu pada titik optimal.

Pengendara tak perlu membuka gas terlalu besar untuk mengail tenaga yang diinginkan.

Hal ini tentu berimbas positif pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit, juga emisi karbon yang dihasilkan.

Kesimpulan

Bukan Gimmick, Ini Pentingnya Rutin Ganti Oli Mesin Motor 03

Perawatan rutin mencegah kerusakan besar.

Hanya dengan mengganti oli mesin secara rutin, banyak manfaat yang didapatkan pemilik motor.

Dari kinerja mesin yang selalu optimal, mesin lebih awet hingga efisiensi bahan bakar.

Tapi yang tak kalah penting adalah menggunakan oli yang asli rekomendasi pabrikan, seperti Yamalube misalnya.

Pada kemasan oli Yamalube terdapat QR code yang akan menampilkan keaslian produk, serta terhubung dengan website www.yamalubepromo.com.

Masukkan kode unik dan verifikasi, jika hasil verifikasi hijau, maka oli tersebut adalah asli. 
 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });