window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tilang Uji Emisi Siap Diberlakukan Lagi, Tak Perlu Cemas Ikuti Langkah Ini

Ilham · 12 Okt, 2023 08:30

Uji emisi

Uji emisi
  • Servis mesin dan sistem bahan bakar pengaruhnya signifikan.
  • Bisa langsung uji emisi gratis.

Pemprov DKI Jakarta dan kepolisian kembali mencanangkan razia uji emisi mulai 1 November nanti. Untuk itu, ada baiknya motor Anda diservis dan melakukan uji emisi.

Layanan tersebut turut ditawarkan oleh Planet Ban. Selain menawarkan uji emisi gratis, Anda pun bisa melakukan servis agar bisa lulus uji emisi.

Baca Juga: Servis Motor di Planet Ban Bisa Uji Emisi Gratis

Kondisi Ruang Bakar Perlu Dijaga

Menurut Deden Hendra Shakti, Chief Operation Officer Planet Ban motor yang ingin lulus uji emisi perlu memperhatikan kondisi ruang bakar. Karena prinsipnya ekosistem pembakaran perlu dijaga. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Bagian mesin tersebut, perlu dirawat dan dibersihkan rutin. Kemudian campuran udara dan BBM harus di posisi ideal. Selain itu spare part aus, harus diganti. Karena berpengaruh di emisi yang naik akibat dipengaruhi pembakaran mesin," jelasnya.

Uji emisi

Servis rutin bisa mengurangi emisi

Di sisi lain, sistem bahan bakar seperti karburator dan injektor serta pemilihan BBM juga berpengaruh kepada emisi gas buang.

"Kualitas BBM mempengaruhi kondisi ruang bakar. Karena menghasilkan pembakaran yang kurang efisien dan membuat tumpukan karbon. Jika dibersihkan akan membuat ruang mesin lebih bersih," timpal Chief Innovation Officer Planet Ban, Wisnu Satriya.

Servis Rasa Mesin Baru

Dengan metode Servis Rasa Mesin Baru yang dilakukan oleh Planet Ban, rata-rata terbukti dapat menurunkan kadar emisi HC mereka turun sebesar 67 persen dan kadar emisi CO juga turun sebesar 73 persen.

Tilang Uji Emisi Siap Diberlakukan Lagi, Tak Perlu Cemas Ikuti Langkah Ini 02

Sudah hadir sejak 2018

Bahkan setelah servis bisa langsung uji emisi di gerai Planet Ban tertentu.

Wisnu menyebut jika Planet Ban punya 3 produk yang membuat mesin menjadi berasa baru. Diantaranya lewat Throttle Body Intake Cleaner untuk sistem bahan bakar. 

Kemudian ada auto clean up yang lebih menyeluruh. Karena pembersihan dilakukan mulai dari tangki ke injektor dan masuk ke proses pembakaran. 
"Itu dibersihkan semua. Tidak hanya itu. Pembersihan juga dilakukan hingga ke intake dan katalis knalpot," ucap Wisnu. 

Tak ketinggalan, ada Auto Tune Up yang akan membersihkan ruang oli. Oli mempengaruhi kerja kompomen mesin yang juga bisa berefek ke emisi.

"Pengaruh saat terjadi di pergerakan piston. Masalah di oil slump juga bisa merusak ring piston. Karena oli yang masuk ke ruang bakar bisa menambah emisi motor," jelasnya.

Baca Juga: Motor Listrik BMW CE 02 Produksi India Meluncur, Harganya Setara Mobil LCGC

Efek Servis Mesin

Deden juga menyebutkan jika lewat program Servis Rasa Mesin Baru, ada empat benefit yang bisa didapat.

Uji emisi

Hasil uji emisi

"Mulai dari mesinnya yang makin bersih. Lalu juga bisa mengurangi emisi, efisiensi BBM yang lebih baik dan tarikan lebih enteng," ucapnya.

Dirinya mengatakan jika kampanye Servis Rasa Mesin Baru sudah dilaunching sejak 2018. 

"Biayanya sekitar Rp 70 ribu, sudah bisa membersihkan rangkaian ruang bakar dari tangki, injektor, ruang bakar hingga knalpot. Interval pembersihannya tergantung jenis BBM, tapi rata-rata mulai tiap 5.000 km," urai Deden.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });