window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

CARSOME Gandeng Electrum, Siap Kembangkan Ekosistem Motor Listrik

Ilham · 11 Jan, 2023 09:00

Carsome

CEO CARSOME, Eric Cheng berpose dengan motor listrik.
  • Jadi salah satu investor IKN Nusantara.
  • Ikuti perkembangan tren motor listrik.

CARSOME akan kembangkan ekosistem motor listrik di Indonesia? Yup, tepatnya di IKN Nusantara yang menjadi magnet baru bagi banyak investor untuk mengembangkan kawasan tersebut, terutama sektor transportasi.

Nantinya kota masa depan tersebut akan menerapkan zero emission dengan mengandalkan kendaraan elektrik. Hal ini yang coba disasar oleh platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, CARSOME untuk memperkuat operasinya di Indonesia. 

Dalam hal ini, perusahaan asal Malaysia itu bergabung dengan Electrum untuk berinvestasi dalam memperluas bisnisnya di ibu kota Nusantara. CARSOME siap mendorong penerapan solusi mobilitas yang berkelanjutan. 

“CARSOME berterima kasih kepada Pemerintah Malaysia atas kesempatan menjadi salah satu pelopor untuk berinvestasi dalam pertumbuhan ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara," ucap Eric Cheng.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

CARSOME Gandeng Electrum, Siap Kembangkan Ekosistem Motor Listrik 01

IKN Nusantara menarik minat investor.

Menurutnya, CARSOME berada di posisi yang tepat untuk berkontribusi dalam memperkuat ekosistem otomotif Nusantara melalui digitalisasi. Serta untuk mendorong pengembangan dan penciptaan lapangan kerja dengan pendirian pusat-pusat baru di ibukota.

Baca Juga: Berstatus CBU, Ini Beda Suzuki Avenis 125 Versi Indonesia dan India

Jadi Kerjasama Antarnegara

Keikutsertaan CARSOME dalam kunjungan kerja Perdana Menteri Malaysia ke Jakarta, pada Minggu (8/1/2023). Co-founder dan Group CEO CARSOME Eric Cheng menyerahkan Letter of Intent (“LOI”) kepada Menteri Perdagangan dan Industri Internasional, Malaysia YB Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Abdul Aziz. 

CARSOME Gandeng Electrum, Siap Kembangkan Ekosistem Motor Listrik 02

CARSOME merupakan perusahaan asal Malaysia.

Seremonial tersebut disaksikan oleh Perdana Menteri YAB Dato’ Seri Anwar Ibrahim yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri YB Dato’ Seri Diraja Dr. Zambry Abd Kadir, Menteri Luar Negeri RI Retno Werdiningsih, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

LOI CARSOME selanjutnya diserahkan oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia kepada Bambang Susantono, Ketua Otoritas Ibu Kota Nusantara di hadapan Perdana Menteri Malaysia dan Presiden Indonesia, Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada hari Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Nih, Deretan Motor Bertangki Unik yang Pernah Hadir di Indonesia

Gandeng Pihak Electrum

Dalam kesempatan terpisah selama kunjungan ke Jakarta, CARSOME mengumumkan kolaborasinya dengan Electrum untuk lebih mempercepat adopsi kendaraan roda dua listrik. 

CARSOME Gandeng Electrum, Siap Kembangkan Ekosistem Motor Listrik 03

Electrum sendiri merupakan perusahaan patungan antara Gojek dan TBS Energi Utama didirikan pada tahun 2021. Dibangunnya Electrum bertujuan untuk mendorong Indonesia menjadi pemimpin dalam industri EV global.

“Kemitraan kami dengan Electrum akan mengubah permainan. Bersama-sama, kami menjajaki opsi untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik roda dua seiring meningkatnya permintaan akan solusi mobilitas yang lebih ekonomis dan berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara," pungkas Eric.

Dirinya menambahkan jika kemitraan ini juga menandai era baru dalam perjalanan CARSOME. Di mana pihaknya ingin mematangkan rencana dan mendukung antisipasi pertumbuhan adopsi EV di seluruh kawasan operasionalnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });