window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cek Ricek Lagi, Modal Tiga Hal Ini Rem Cakram Dijamin Optimal Terus

Ilham · 13 Mei, 2022 09:30

Cek Ricek Lagi,  Modal Tiga Hal Ini Rem Cakram Dijamin Optimal Terus 01

Pengecekan rem cakram
  • Rem cakram motor wajib dicek setelah perjalanan jauh.
  • Bisa jadi fungsinya berkurang pasca mudik.

Banyak peranti yang perlu diperiksa pasca berkendara jauh seperti mudik Lebaran lalu. Tak terkecuali komponen rem motor yang punya fungsi penting untuk mengontrol kecepatan, seperti memperlambat dan menghentikan laju motor.

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Seperti diketahui, ada dua tipe rem yang jamak digunakan motor saat ini. Diantaranya rem cakram dan tromol. Keduanya patut diperiksa kondisinya pasca mudik.

Pada sistem pengereman tromol pengecekannya terbilang sederhana dengan mengetahui ketebalan kampasnya melalui setelannya. Namun perawatan dari sistem rem hidrolik cakram berbeda. Seperti ini cara merawatnya:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Ingat-Ingat Lagi, Daripada Kena Tilang Rp 1 Juta Mending Gak Ngelanggar Aturan Ini Ya!

Cek dan Ganti Minyak Rem Secara Berkala

Dalam pengoperasiannya, kunci rem cakram bisa bekerja dengan baik adalah memperhatikan minyak remnya. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km.

Cek Ricek Lagi,  Modal Tiga Hal Ini Rem Cakram Dijamin Optimal Terus 01

Kondisi rem kotor mempengaruhi performanya

Secara visual, warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap karena terkontaminasi debu dan air. Sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti. Rutin memeriksa dan mengganti minyak rem yang bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal.

Membersihkan Kaliper

Saat servis setelah mudik, ada baiknya juga turut membersihkan kaliper rem cakram dan perhatikan kampasnya. Apalagi komponen rem cakram seperti kalipernya bersifat terbuka. Sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran berpotensi ikut menempel pada kampas atau piston.

Cek Ricek Lagi,  Modal Tiga Hal Ini Rem Cakram Dijamin Optimal Terus 02

Komponen rem cakram rawan terkena kotoran

Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal. Karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut. Jika kondisi kampas mulai tipis juga lebih baik segera diganti untuk mengantisipasi kurang optimalnya pengereman dan komponen cakram yang bisa aus.

Perhatikan Kondisi Master Rem

Pada motor jenis matic atau bebek, master rem cakram kerap berada di balik batok setang. Tapi bukan berarti komponen ini bebas masalah lho.

Cek Ricek Lagi,  Modal Tiga Hal Ini Rem Cakram Dijamin Optimal Terus 03

Permukaan cakram bisa aus jika kampas habis didiamkan

Potensi kerusakan bisa dirasakan jika handle rem terasa berat saat ditekan. Saat kondisi ini terjadi, segera periksa atau ganti seal master rem bagian atas.

Selain itu, bisa saja kotoran menghambat kinerja tuas rem. Sehingga efeknya pengereman akan terasa berat dan kurang pakem.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });