window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Daftar Motor Bebek Unik Tanpa Perlu Buka Jok Saat Isi Bensin, Ada Buatan Esemka Juga Lho!

Ilham · 26 Jun, 2022 12:00

Daftar Motor Bebek Unik Tanpa Perlu Buka Jok Saat Isi Bensin, Ada Buatan Esemka Juga Lho! 01

Motor bebek dengan posisi tangki unik
  • Kawasaki punya banyak motor bebek unik.
  • Kanzen punya inovasi dua tangki.

Motor bebek memang bukanlah jenis yang digemari di Indonesia saat ini. Pamornya kalah bersaing dengan gempuran motor-motor matic yang menjamur di pasaran.

Hal berbeda bisa ditemui beberapa waktu lalu. Di mana berbagai varian motor bebek berseliweran dengan beragam fitur yang jadi unggulan di saat itu.

Seperti varian kawin silang antara motor bebek dengan penggerak matic di Honda Revo AT dan Yamaha Lexam. Selain itu, ada juga motor-motor bebek yang menawarkan kemudahan dengan posisi tutup tangki tak umum.

Yup, kebanyakan motor bebek memang memiliki posisi tutup tangki di balik joknya. Sehingga untuk mengisi bensin, pengguna perlu membuka dahulu joknya. Sehingga terbilang cukup merepotkan jika jok bagian belakang tengah dipakai membawa barang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hal ini disadari beberapa produsen motor yang menghadirkan posisi tutup tangki di depan. Sehingga penggunanya tak perlu repot membuka jok saat mengisi bensin. Apa saja motor bebek tersebut?

Baca Juga: Mengenal Kawasaki Athlete Pro, Motor Ayam Jago Langka Bertabur Fitur Fungsional

Kawasaki Kaze ZX130

Motor bebek yang cukup dikenal revolusioner saat hadir adalah Kawasaki Kaze ZX130. Meski secara tampilan agak terlihat aneh dengan penggunaan lampu di bagian tebeng serta bodi gambot, tetapi taburan fitur fungsionalnya banyak.

Daftar Motor Bebek Unik Tanpa Perlu Buka Jok Saat Isi Bensin, Ada Buatan Esemka Juga Lho! 01

Kawasaki Kaze ZX130

Diantaranya bagasi yang luas, serta mesin 130,1 cc yang terbesar di kelasnya. Tak hanya itu, motor yang dirilis tahun 2005 tersebut punya fitur andalan berupa tutup tangki yang ada di tebeng depan. Tepatnya bagian atas lampu utama di balik plat nomor.

Dari situ, bensin akan disalurkan ke tangki yang terletak di bagian atas sasis underbone. Sehingga pengguna tak perlu membuka jok untuk mengisi bensin.

Kawasaki Athlete Series

Masih dari pabrikan Kawasaki, kali ini ada motor bertipe ayam jago, Kawasaki Athlete Series yang juga punya posisi tutup tangki tak umum. Posisinya persis di tulang tengah, atau underbone yang membuatnya mirip motor sport.

Daftar Motor Bebek Unik Tanpa Perlu Buka Jok Saat Isi Bensin, Ada Buatan Esemka Juga Lho! 02

Kawasaki Athlete Pro

Tapi desain tangkinya berbeda dari sport yang terekspos. Karena tangki di Kawasaki Athlete Series (Athlete dan Athlete Pro) tertutup panel bodi. Sehingga bentuknya agak menonjol di bagian underbone dari motor 125 cc tersebut.

Kanzen Taurus Series

Tak ketinggalan, ada produsen motor lokal yang beberapa waktu lalu viral karena produk Esemka mereka, yakni Kanzen. Ada varian Kanzen Taurus Series (Taurus, Taurus Ultima dan Supermoto) yang punya posisi tutup tangki di panel underbone.

Daftar Motor Bebek Unik Tanpa Perlu Buka Jok Saat Isi Bensin, Ada Buatan Esemka Juga Lho! 03

Kanzen Taurus

Menariknya, ada dua tempat tangki dari motor tersebut. Keduanya adalah tangki di bagian underbone, serta di balik jok. Hal ini memungkinkan kapasitas bensin yang ditampung lebih besar dan cocok untuk perjalanan jarak jauh.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });