window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dua Girboks Rusak, Quartararo: Sudah Cukup Pengetesannya!

Ary · 23 Sep, 2023 08:30

Quartararo motogp india

Quartararo saat menjalani sesi latihan MotoGP India
  • Quartararo hanya menjalani 10 lap pada latihan pertama.
  • Berhasil menembus Q2 dengan girboks lama.

Fabio Quartararo mampu lolos ke fase Q2 setelah menjalani sesi latihan MotoGP India, Jum'at (22/9/2023). Namun, dirinya merugi lantaran sempat mengalami kendala teknis. 

Saat latihan pertama, pembalap Monster Energy Yamaha hanya bisa menyelesaikan 10 lap saja. Padahal, kali  itu sangat penting untuk melahap banyak putaran. 

Tak lain dan bukan, tujuannya tentu saja untuk memahami lebih dalam soal karakter Buddh International Circuit. 

Sayangnya, kali itu Quartararo justru mengalami masalah pada area girboks. Bukan sekali, joki berjuluk El Diablo bahkan mengalami kerusakan pada bagian perseneling YZR-M1 tunggangannya itu sebanyak dua kali. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Quartararo Tak Maksimal di Latihan Pertama

"Saya mengalami masalah pada girboks dua kali. Kami memakai yang baru di mana sudah digunakan untuk tiga kali balapan dan tidak ada masalah. Tapi hari ini, saya merusaknya dalam 10 lap. Saya rasa sudah cukup pengujiannya," seru Quartararo kepada Gpone.com

Situasi tersebut jelas merugikan baginya karena tidak maksimal saat latihan pertama. Padahal kata dia, perbedaan dari girboks tersebut tidak lah signifikan.

Baca juga: Quartararo Pesimis Menghadapi MotoGP India, Lagi-lagi Soal Top Speed! 

"Jujur tidak mengubah apa pun, hanya bobotnya saja lebih ringan. Tidak ada pengembangan terkait performa," tambahnya lagi. 

Alhasil, Quartararo kembali menggunakan girboks lama di latihan kedua yang berlangsung sore hari. Kali ini, ia tampil lebih baik dengan menduduki posisi ke-8. 

Hasil itu pun membawanya masuk ke Q2 saat kualifikasi nanti. "Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang bagus. Tapi harus lebih pintar dan menjalani kualifikasi dengan baik. Memilih ban depan juga tekanan yang tepat," ucap pembalap Prancis.

Area Krusial Sirkuit Buddh

Quartararo pun turut mengomentari keseluruhan lay out Sirkuit Buddh. Ada beberapa area krusial yang mmenyulitkannya. 

Quartararo Q2 MotoGP India 2023

Quartararo kesulitan menemukan titik pengereman

Baca juga: Jelang MotoGP India, Banyak Masalah Terpa Pembalap dan Tim

"Tikungan pertama sangat susah, tidak mudah menemukan titik pengereman yang benar. Kemudian di tikungan 5 dan 6 harus sangat presisi, lalu tikungan 8 dan 9 mesti menemukan racing line sempurna karena sangat panjang. Sementara di tikungan 12, lekukannya hampir tidak terlihat," papar Quartararo. 

Walau begitu, Quartararo cukup puas dengan pencapaian di sesi latihan kemarin. Dirinya pun cukup memahami terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya.

"Kami sudah mendapatkan banyak data. Tapi, saya rasa kita juga akan melihat langkah besar dari Ducati," tutupnya.   

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });