Duh, Honda RC213V-S Seharga Rp 7 Miliar Kena Hujat Karena Saklarnya Mirip Supra Bapack
Ilham · 24 Des, 2021 12:30
0
0
Saklar Honda RC213V-S Fungsional
Tetap Istimewa Dengan Produksi Terbatas
Honda RC213V-S dikenal sebagai versi street legal dari tunggangan balap MotoGP, Honda RC213V yang digeber oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro. Sederet fitur canggih ala motor balap tersebut ikut tersemat kecuali..... saklarnya!
Yup, belum lama ini Honda RC213V-S kena hujat oleh netizen Indonesia yang dikenal kesopanannya. Sebab saklar sebelah kiri yang terdapat di bagian setang motor sport fairing tersebut diketahui mirip kepunyaan Honda Supra X lawas.
Di mana fungsi yang dimiliki oleh saklar tersebut terbilang sederhana. Diantaranya tombol lampu dim, tombol lampu, sein dan klakson. Namun di Honda RC213V-S, posisi tombol lampu dim berubah menjadi Select.
Sontak banyak komentar yang berpendapat jika motor seharga lebih dari Rp 7 miliar tersebut punya juga komponen yang 'merakyat'. Bahkan ada pengguna Honda Supra X yang menyebut harga saklar tersebut hanya Rp 100 ribuan di pasaran.
Tak sedikit pula pengguna Honda Supra X yang menjadi bangga karena ada komponen di motornya yang melekat pada Honda RC213V-S. Apalagi Honda Supra X dikenal cukup berumur, karena sudah stop produksi cukup lama.
Jika ditilik dari kiprahnya, Honda RC213V-S disebut sebagai motor termahal yang pernah dibuat oleh pabrikan Jepang. Honda RC213V-S dikembangkan oleh Honda Racing Corporation (HRC) sebagai replika motor MotoGP yang bisa dibawa ke jalan raya.
Embel-embel huruf S di belakang namanya adalah Street yang berarti berstatus street legal. Untuk itu terdapat peranti kelengkapan berkendara seperti lampu-lampu, spion dan klakson.
Debutnya dimulai pada bulan Juni 2015. Dan Honda menyatakan ada 80 persen komponen motor MotoGP yang dipakai Honda RC213V-S.
Itu jelas bukan termasuk komponen saklar kiri Honda RC213V di MotoGP yang punya fungsi rumit, seperti launch control, pit speed dan sebagainya. Tentu juga, saklar di MotoGP minus tombol lampu apalagi klakson seperti milik Honda RC213V-S.
Di seluruh dunia, motor ini dijual terbatas sekitar 250 unit saja. Sedangkan yang masuk ke Indonesia hanya lima unit saja yang sebagian besar dimiliki PT Astra Honda Motor.
Tenaga Honda RC213V-S Bervariasi Tergantung Lokasi
Selain saklar yang mirip Honda Supra X, spesifikasi yang ditawarkan oleh Honda RC213V-S jelas istimewa. Seperti kaki-kaki yang disokong merek Eropa, sekelas velg 17 dari Marchesini, suspensi Ohlins dan rem Brembo.
Kemudian sektor mesin yang memang memakai tipe empat silinder berkonfigurasi V (V4) bertransmisi 6-speed manual. Sistem injeksinya PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan sokongan tangki bahan bakar bervolume 16,3 liter.
Kapasitas mesinnya 999 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 157 PS per 11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm di 10.500 rpm untuk versi standar di Indonesia. Keluaran tenaga tersebut terbilang variatif di berbagai wilayah, tergantung regulasinya.
Misalnya di Amerika keluaran tenaganya hanya 101 PS di 8.000 rpm. Sementara di Jepang lebih menyedihkan lagi, yaitu sebatas 68 PS di 6.000 rpm. Ini artinya keluaran tenaganya nyaris setara Kawasaki Ninja ZX25R yang punya daya 51 PS di 15.500 rpm.