window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Duh! Maling Kini Incar Baterai Motor Listrik, Bisa Raib Dalam 20 Detik

Ilham · 29 Nov, 2022 14:30

Motor Listrik

Baterai motor listrik kini diincar maling.
  • Komplotan incar baterai tipe portable.
  • Baterai motor listrik punya nilai jual tinggi.

Penggunaan motor listrik makin marak di Indonesia. Berbagai merek dan tipe turut mengisi pasar, termasuk pada penggunaan niaga seperti kurir dan ojek online.

Meski sepeda motornya terbilang aman dari aksi pencurian, tapi lain halnya dengan komponen primer di motor tersebut, yakni baterai. Yup, belakangan ini pencurian baterai tengah marak terjadi.

Seperti unggahan dari Dondi Pratama di grup Facebook Kosmik Indonesia (Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia) pada Minggu (27/11/2022). Di mana sebuah motor listrik berjenis Viar Q1 yang tengah terparkir dicuri baterainya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dalam melancarkan aksinya, tak butuh waktu lama untuk baterai motor listrik berpindah tangan. Cukup 20 detik saja pencuri tersebut sudah bisa mencuri baterai tersebut.

Duh! Maling Kini Incar Baterai Motor Listrik, Bisa Raib Dalam 20 Detik 01

Rekaman CCTV pencurian baterai motlis

Hal ini pun menimbulkan keresahan, karena kebanyakan pengguna motor listrik yang digunakan oleh ojek online lewat skema sewa. Sehingga bukan hanya motornya yang tak lagi bisa dipakai, tapi juga penggunanya bisa didenda dengan mengganti baterai yang dicuri tersebut.

Baca Juga: Yamaha Mio Sporty Masih Ada Barunya, Masih Keren Berbanderol Rp 19 Juta

Incar Motor Dengan Baterai Portable

Dalam kasus pencurian baterai motor listrik, yang diincar oleh pelaku adalah jenis swappable atau portable. Baterai ini bertipe tukar pakai. Bukan baterai tanam yang tak bisa dicopot dari motornya.

Duh! Maling Kini Incar Baterai Motor Listrik, Bisa Raib Dalam 20 Detik 02

Baterai portable mudah dicuri

Baterai tersebut kebanyakan ditanam di balik jok. Sehingga pelaku dan komplotannya bisa mencuri baterai tersebut setelah mencongkel jok dari depan. Kemudian pencuri langsung mencabut baterai yang terdapat di slot tersebut, tanpa membutuhkan kunci tambahan lainnya.

Baca Juga: Gurita Bisnis Piaggio Indonesia, Awalnya Cuma Jualan Skuter Impor sampai Bikin Pabrik

Ragam Motor Listrik Dengan Baterai Portable

Kemudahan mencuri baterai motor listrik ini juga didukung dengan makin banyaknya produk yang mengusung baterai tipe portable. Saat ini, penggunaan baterai portable di motor listrik sudah terbilang luas. 

Duh! Maling Kini Incar Baterai Motor Listrik, Bisa Raib Dalam 20 Detik 03

Maling batera motor listrik semakin marak.

Operatornya cukup banyak, seperti Swap, Oyika, Ezyfast hingga Gogoro. Rata-rata dipakai oleh armada ojek online. Tapi tak sedikit juga yang bersifat penggunaan pribadi.

Misalnya motor listrik keluaran Polytron yang dilepas dengan skema penyewaan baterai. Konsep serupa juga ditawarkan oleh Honda dengan Honda Power Pack Exchanger e: yang sempat menjadi armada ojek online Grab dan pendukung di KTT G20 Bali belum lama ini.

Duh! Maling Kini Incar Baterai Motor Listrik, Bisa Raib Dalam 20 Detik 04

Ada versi dua baterai

Padahal, rata-rata baterai motor listrik dihargai Rp 5-8 jutaan per unit. Tak jarang juga motor listrik memiliki dua baterai yang dipakai bergantian. Hmm, kebayang kan harganya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });