First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe

Ilham · 9 Nov, 2021 20:00

Dalam acara Kustomfest 2021 di Jakarta akhir pekan lalu, hadir beragam motor-motor custom yang dimodifikasi secara frontal. Namun ada satu motor yang terlihat unik dan berbeda berjuluk Rakata NX8. Sepintas tampilannya mengingatkan kita pada sosok Honda CB650R Neo Sport Cafe.

Tetapi ketika diperhatikan, ternyata motor tersebut bukanlah memakai penggerak mesin bakar seperti Honda CB650R Neo Sport Cafe. Karena bagian mesinnya tertutup dan tromol roda belakangnya berukuran cukup besar. Yup, Rakata NX8 ternyata adalah sebuah motor listrik.

First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe 01

Sepintas mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe

Desain Retro Modern Rakata NX8

Seperti disebutkan sebelumnya, Rakata NX8 menghadirkan tampilan retro modern. Kesan tersebut langsung terlihat mulai dari depan terutama di bagian headlampnya. Desainnya membulat, namun yang menarik lampunya sudah memakai LED yang kini jamak digunakan oleh motor-motor modern.

Baca Juga: Wow, Gusur Energica Ducati Jadi Pemasok Tunggal Motor Listrik Untuk Balap MotoE!

Sayangnya yang sedikit ganjil adalah posisi plat nomornya yang berada di atas headlamp dan menutupi panel spidometernya. Sedikit mengurangi segi estetika, karena seperti orang yang ditempel koyo di keningnya. Posisi plat nomor seperti ini jadi mengingatkan kita akan sosok Yamaha Byson yang juga bernasib sama.

First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe 01

Kaliper rem depan sudah model radial

Untuk bodinya berwarna putih dengan kombinasi hitam yang menggunakan bahan plastik. Bagian sasis dan baterainya tertutup panel warna hitam. Joknya memakai model split yang memisahkan bagian pengendara dan penumpangnya.

Baca Juga: Gojek Gandeng Gogoro, 2030 Abang Ojol Pakai Motor Listrik Semua!

Kaki-kaki Dan Pengereman Kekar Ala Moge

Meski berpenggerak listrik, tampilan modern dan kekar juga hadir dari sektor kaki-kaki dan pengeremannya. Bahkan kesannya seperti motor gede alias moge. Di mana Rakata NX8 dibekali suspensi up side down di depan dan monosok dengan paduan swing arm tipe banana di belakang.

First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe 02

Bagian sasis dan mesin ditutup panel bodi warna hitam

Di area pengereman, roda depan di kawal rem single disc besar dengan kaliper model radial. Sedangkan di belakang, ada rem cakram yang dilengkapi dengan kaliper tipe double piston.

Keunikannya, ada dummy knalpot yang kemungkinan dipasang agar motor listrik tersebut memiliki suara layaknya motor bensin. Hal ini penting karena motor listrik yang senyap justru membuat kewaspadaan pengguna jalan berkurang.

First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe 03

Knalpotnya dummy, tanpa adanya asap hasil pembakaran

Tak ada penjelasan mengenai spesifikasi sumber tenaga listrik di motor ini. Namun bisa dilihat, motor listrik tampaknya bergerak langsung dari bagian tromol roda belakang. Sehingga tidak tampak sistem penyaluran tenaga seperti belt atau rantai di Rakata NX8.

Baca Juga: Motor Listrik Singapura Scorpio X1 Sudah Bisa Dipesan, Bakal Ke Indonesia!

Rakata NX8 Belum Dijual Umum

Bukan tanpa alasan data Rakata NX8 belum bisa diketahui. Pasalnya sampai awal bulan November ini, motor listrik Rakata NX8 ternyata belum dijual umum. Bisa dilihat melalui keterangan di website dan akun media sosial Instagram resmi mereka, Rakata saat ini baru menjual motor listrik dengan tipe skuter.

First Impression Rakata NX8, Motor Listrik Sangar Mirip Honda CB650R Neo Sport Cafe 04

Motor listrik menyatu dengan tromol roda belakang

Keduanya berjuluk Rakata X5 dan Rakata S9. Untuk model Rakata X5 mengusung motor penggerak berkekuatan 1.750 watt yang diklaim mampu menempuh jarak 60 km sekali pengecasan penuh dan kecepatan tertingginya 55 km/jam. Harga jualnya Rp 20,5 juta.

Sementara varian Rakata S9 dibekali motor penggerak dengan daya yang lebih kecil, yakni 800 watt. Daya tempuhnya sama, yaitu 60 km, tapi kecepatan tertingginya hanya 50 km/jam. Harganya pun lebih terjangkau, yakni Rp 15,6 juta.

Komentar