window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan

Fariz · 16 Des, 2022 12:00

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 01

Suzuki GSX-S1000GT bergenre Sport Touring.
  • Menggunakan basic GSX-S1000 yang disempurnakan kembali.
  • Bodi dibalut fairing yang sporty namun pakai setang pipa yang nyaman.

Suzuki secara global coba bermain di segmen sport touring dengan membuat sebuah motor yang diberi nama Suzuki GSX-S1000GT. Motor ini mengambil basic dari GSX-S1000 yang sedikit diubah agar cocok dengan konsepnya.

Motor satu ini pun hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh 2Wheelers by Glamour Auto Boutique yang merupakan importir umum. Suzuki GSX-S1000GT ini dibanderol Rp 900 jutaan dalam keadaan off the road.

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 02

Tampilan bokong gambot dengan ban 190/50-17

Desain motor ini kabarnya dibuat di dalam wind tunnel, jadi tidak heran kalau hasil akhirnya terlihat begitu aerodinamis. Bahkan ujung bodi depannya memiliki desain tajam sehingga dapat membelah angin dengan optimal.

Fairing Suzuki GSX-S1000GT juga menganut model tumpuk, terlihat ada beberapa lapisan bodi yang menumpuk pada fairing sampingnya. Karena untuk segmen turing, kedua rodanya menggunakan lingkar 17 inci.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Suzuki Shogun 110R Ngetop Lagi Gara-Gara Kasus Bom Bandung

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 01

Fairing meruncing dengan beberapa lapis bodi

Kaki-Kaki Suzuki GSX-S1000GT

Kedua peleknya dibalut dengan ban full on road berlabel Dunlop Sportmax Roadsport 2 berukuran 120/70-17 di depan dan 190/50-17 untuk belakang, gambot! Suspensi depan menggunakan upside down warna bronze yang bisa disetel sesuka hati.

Ada setelan tension dan preload di atas, lalu setelan compression berada di bawah yang bisa diatur menggunakan obeng pipih. Di sektor pengereman terdapat sepasang kaliper Brembo radial 4 piston di sisi depan yang menjepit cakram semi-floating.

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 02

Lampu sudah full LED dengan desain bodi belakang ramping

Yang belakang pakai cakram tunggal dan dijepit kaliper Nissin 1 piston, baik rem depan maupun belakang tentu sudah disematkan dengan ABS. Selain desain dan kaki-kaki, subframe yang digunakan Suzuki GSX-S1000GT juga berbeda dengan Suzuki GSX-S1000.

Ini karena subframe-nya punya sudut yang lebih melandai dan juga dilengkapi dengan dudukan pannier kanan dan kiri. Dengan begitu memasang pannier bukan lah hal yang sulit.

Baca juga: Situs Suzuki Racing Bakal Tutup Usai 23 Tahun, Sempat Beritakan Pembalap Indonesia

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 03

Sakelar multifungsi untuk mengatur beragam fitur

Mesin 1.000 Cc

Basic mesin yang digunakan motor ini juga sama dengan Suzuki GSX-S1000, tapi ada beberapa update agar sesuai dengan peruntukannya. Mesin legendaris ini menggunakan kombinasi diameter piston 73,4 mm dengan panjang langkah 59 mm.

Pistonnya menggebuk perbandingan kompresi 12,2:1 yang artinya membutuhkan bahan bakar dengan RON tinggi. Terdapat 3 pilihan riding mode yang disebut SDMS atau Suzuki Drive Modes Selector.

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 04

Tenaga mesin difokuskan di putaran rendah dan tengah

Pertama ada A alias Active yang artinya punya respon bukaan gas sangat responsif, tenaga maksimal bisa dirasakan pada mode ini. Kemudian ada B yang berarti Basic, di sini tenaga maksimal tetap sama namun dengan respon akselerasi yang lebih smooth.

Terakhir ada C atau Comfort di mana bukaan gas sangat delay. Di mode ini keluaran torsi juga dibuat lebih rendah agar nyaman saat digunakan di kondisi hujan atau saat jalan minim grip.

Baca juga: Serba-Serbi Suzuki Hayate, Motor Irfan Bachdim Yang Tak Lekang Jaman

Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan 05

Layar digital dengan ukuran 6,5 inci yang cukup besar

Layar Digital Pertama

Suzuki GSX-S1000GT jadi produk pertama dari Suzuki yang menggunakan TFT display, bahkan ukurannya mencapai 6,5 inci. Isi informasinya tentu lengkap dan takometer dibuat seperti jarum.

Selain informasi lengkap, spidometernya juga bisa terkoneksi dengan smartphone dan intercom. Dengan begitu nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi pesan, telepon, musik, hingga navigas.

Untuk lebih lengkapnya bisa simak video first impression kami di bawah ini.

Spesifikasi Suzuki GSX-S1000GT
Mesin 999 cc, 4 tak, pendingin cairan, 4 silinder segaris, DOHC
Bore x stroke 73,4 mm x 59 mm
Perbandingan kompresi 12,2:1
Tenaga maksimal 152 ps @11.000 rpm
Torsi maksimal 106 Nm @9.250 rpm
Sistem bahan bakar Fuel injection dengan Ride-by-Wire
Transmisi 6 percepatan
Suspensi depan Upside down
Suspensi belakang Monoshock
Rem depan Cakram ganda, Brembo 4 piston, ABS
Rem belakang Cakram tunggal, Nissin 1 piston, ABS
Ban depan 120/70-17
Ban belakang 190/50-17
Tangki bensin 19 liter
P x L x T 2.140 mm x 825 mm x 1.215 mm
Panjang sumbu roda 1.460 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Tinggi jok 810 mm
Berat isi 226 kg

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });