window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R di Atas Rp100 Juta, Seberapa Layak Dibeli?

Ary · 29 Jun, 2021 19:00

Popularitas Kawasaki Ninja ZX-25R di Tanah Air belum luntur. Konfigurasi 4-silinder, menjadikan motor Kawasaki ini menempati kasta tertinggi diantara petarung motor sport seperempat liter. Wajar jika pada akhirnya, sang produk dijual lebih mahal dari kuda besi berkapasitas 250 cc lain.

Saat ini saja, harga baru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 dipatok mulai dari Rp98,850 juta untuk varian terbawah. Sementara pada tipe tertinggi (Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE 2022) dilego Rp116 juta (on the road Jakarta). Pemandangan menarik justru terlihat pasca sang produk lahir. Bagaimana tidak. Pasaran harga bekasnya justru lebih mahal dari harga barunya. 

Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Sejauh ini, Kawasaki Ninja ZX-25R masih paling unggul dibanding kompetitor.

Baca juga: Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!

Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R Mulai Rp102 Juta

Fenomena ini pun nyatanya masih terlihat hingga saat ini. Berdasarkan pemandangan terbaru kami di situs jual-beli online, pasaran harga bekas Kawasaki Ninja ZX-25R masih di atas Rp100 juta. Secara spesifik pula terlihat, banderolnya dipatok mulai Rp102 juta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dilihat dari detail produknya, motor tersebut merupakan unit paling basic. Artinya, unit bekas Kawasaki Ninja ZX-25R itu mengalami kenaikan sebesar Rp3 jutaan dibanding motor barunya.  

Variasi harga justru terlihat pada unit berpelengkap rem ABS (Antilock Braking System). Beberapa pedagang meniagakannya seperti harga baru. Malah ada pula yang menaruh harga jualnya di angka Rp120 juta!

Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R

Harga bekas Kawasaki Ninja ZX-25R lebih mahal dari harga barunya.

Baca juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?

Kawasaki Ninja ZX-25R Bekas Layak Dibeli?

Meski begitu, motor lansiran 2020 ini masih dalam kondisi yang sangat baik. Kebanyakan menerangkan, kilometer berjalannya masih di bawah 5.000 km. Dengan begitu, Kawasaki Ninja ZX-25R bekas ini masih layak untuk dibeli. Jika enggan menunggu antrean, motor-motor tersebut bisa langsung Anda bawa pulang. Hanya saja, perlu diperhatikan lagi untuk biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk pengurusan Bea Balik Nama.

Keunggulan Kawasaki Ninja ZX-25R 

1. Mesin paling buas

Kawasaki Ninja ZX-25R menggendong mesin mesin DOHC 16 katup empat silinder miliknya mampu mengail daya 51 PS pada 15.500 rpm. Sedang untuk  torsi maksimum mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 192 km/jam.

Performa tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan. Translasi daya dan torsi darinya juga dioptimalkan dengan adanya assist and slipper clutch. 

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

Power Mode Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki Power Mode.

2. Power Mode dengan Dua Pengaturan

Output Kawasaki Ninja ZX-25R bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low. Diferensiasi keduanya terletak pada daya yang dikeluarkan mesin. Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full. 

3. Dilengkapi Traction Control

Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disemati Kawasaki Traction Control (KTRC). Pengontrol traksi miliknya pun bisa disetel ke dalam tiga pilihan. Dengan begitu, pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi di roda belakang. Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tak kepalang membutuhkannya.

4. Quick Shifter Dua Arah

Quick shifter menjadi fitur tambahan yang cuma disediakan buat Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE. Dengan begitu, proses perpindahan transmisi dapat dilakukan tanpa mesti menarik tuas kopling.

Baca juga: Cek Biaya Perawatan Kawasaki Ninja ZX-25R di Tahun Pertama, Cuma Rp 1 Jutaan Saja!

Fitur Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Kawasaki Ninja ZX-25R tipe teratas dipersenjatai quick shifter. 

Keuntungan yang didapat adalah pengendara bisa lebih fokus saat berkompetisi. Kinerjanya sendiri berlaku dua arah (upshift dan downshift). Dengan catatan, fitur ini baru bisa dipakai saat putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Satu lagi, pembeli varian ini juga bisa mematikan fitur tersebut. Sudah barang tentu pula, varian tertinggi ini dilengkapi sensor ABS. 

Kesimpulan

Tentu ada alasan bagi sang pemilik motor, meniagakan Kawasaki Ninja ZX-25R seken tersebut lebih mahal ketimbang harga baru. Penetapannya sendiri tentu tak lepas dari popularitasnya yang masih sangat bagus di mata motoris. Selain itu, bisa jadi antrean untuk pembelian unit barunya masih mengular di diler-diler Kawasaki. 

Untuk Anda yang ogah menunggu, membeli Kawasaki Ninja ZX-25R masih layak. Selain usia yang masih sangat muda, motor ini juga menawarkan keunggulan dari sisi performa serta fitur. 

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang horizontal back link SWG ARM with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C 
Ban Belakang 150/60R1M/C 
Rem Depan Single 310mm 
Rem Belakang Single 220 mm 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });