window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ini Fungsi Selang Mungil CVT Motor Matic, Pemilik Wajib Tahu

Ary · 10 Okt, 2021 12:30

Meski terbilang praktis dalam penggunaan, motor matic memiliki komponen lebih banyak ketimbang motor manual. Sebut saja pada bagian penerus output ke roda belakang. Motor matic dilengkapi CVT (Continously Variable Transmission) di mana terdapat lagi beberapa bagian. Termasuk pula selang mungil berikut. 

Walau berada di bagian luar CVT, selang mungil ini memiliki peran yang tak kalah penting. Pasalnya, selang itu difungsikan sebagai penutup lubang pembuangan CVT. Tak cuma itu. Selang ini juga bertugas menampung endapan air yang masuk ke area CVT motor matic. 

Selang Mungil CVT Motor Matic

Selang Mungil CVT Motor Matic. Foto: Indako.

Baca juga: Waspada Suara Aneh Di CVT Skutik, Bisa Jadi Komponen Ini Yang Rusak

Seperti dituturkan melalui situs Indako, air pada selang mungil di CVT motor matic itu umumnya muncul karena beberapa hal. Pertama, setelah pemilik motor matic mencuci motor. Sementara yang kedua ialah setelah motor melewati genangan air cukup tinggi.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Merawat Selang Mungil CVT

Kenyataannya, masih banyak pemilik motor matic yang belum mengetahui fungsi selang mungil pada CVT tersebut. Padahal, ini wajib diketahui agar komponen CVT terhindar dari kerusakan. 

Maka dari itu, selang ini pun wajib dirawat secara berkala. Sumber serupa menerangkan, selang kecil CVT perlu dicek dan dibersihkan setidaknya satu bulan sekali. 

Merawat Selang Mungil CVT Motor Matic

Bersihkan selang mungil di CVT motor matic setidaknya sebulan sekali.

Baca juga: Catatan: Komponen CVT Honda Vario yang Wajib Rutin Diperiksa

Mengenai perawatan selangnya sendiri terbilang mudah. Anda hanya memerlukan tang untuk membuka pengunci yang menjepit selang tersebut. Lepaskan setang lalu hidupkan mesin motor selama kurang lebih 10 detik. 

Seraya itu, Anda bisa memuntir gas secara perlahan untuk mengeluarkan sisa-sisa air dari CVT motor matic. Jika dirasa sudah kering, matikan mesin motor dan pasang kembali selang mungil CVT.

Mengeringkan CVT Setelah Menerjang Banjir 

Namun, perlu perhatian lebih apabila motor matic dipaksa menerjang banjir. Anda wajib mendatangi bengkel untuk mengeringkan komponen CVT secara menyeluruh. Hal ini menjadi keharusan agar kinerjanya tetap optimal (tidak slip).  

Perawatan Motor Pasca Terjang Banjir

Crankcase CVT harus dibuka agar pengeringan dan pembersihan komponen CVT dapat dilakukan secara optimal. 

Baca juga: Pentingnya Merawat V-Belt Skutik, Kalau Putus Motor Bisa Jalan di Tempat

Di situ, cover crankcase wajib dibuka agar proses pengeringan bagian seperti v-belt sampai roller CVT bisa dilakukan secara maksimal. Seperti kita ketahui, air dapat menimbulkan karat utamanya jika sudah mengenai bagian pulley. Dengan mengeringkannya, maka komponen CVT bisa lebih terjaga keawetannya.

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });