window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Kebiasaan, Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Picu Kebakaran!

Harry · 4 Sep, 2021 14:00

Sekarang ini kebutuhan manusia tak hanya pangan, sandang dan papan saja, tapi juga gadget seperti smartphone. Semua orang nyaris tak bisa lepas dari ponsel pintar itu karena sekarang serba digital.

Tak heran jika powerbank menjadi salah satu perangkat wajib yang dibutuhkan kala daya smartphone sudah menipis, namun tak menemui stop kontak. Bikers pun kerap membawa perangkat pengisi daya portabel tersebut.

Jangan Kebiasaan, Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Picu Kebakaran! 01

Simpan powerbank di bagasi berbahaya, apalagi sambil mengisi daya smartphone.

Namun sering kali ditemui kerap menyimpan powerbank di bagasi motor kesayangan. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya, bahkan paling parah bisa memicu kebakaran loh!

Ada beberapa sebab yang menjadi alasan kenapa powerbank jangan disimpan di bagasi motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Jangan Sembarangan Pilih Oli, Ini Spesifikasi Yang Pas Untuk Yamaha Nmax dan Xmax

1. Panas

Letak bagasi motor yang berada di atas mesin, tentu berhawa panas. Terlebih jika motor digunakan dalam cuaca terik dan kondisi jalan yang padat. Suhu pada bagasi akan lebih tinggi.

Panas ini bukan tak mungkin akan memicu powerbank terbakar. Terlebih jika kualitas powerbank yang dimiliki abal-abal. Jadi mending simpan powerbank di dalam tas kalian saja ya.

Jangan Kebiasaan, Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Picu Kebakaran! 01

Kualitas powerbank buruk lebih mudah terbakar karena panas.

2. Kualitas Powerbank

Sekarang ini powerbank banyak merek, kapasitas daya dan kualitas beragam. Hal ini juga tak lepas dari kualitas baterai lithium dan sirkuit yang digunakan pada powerbank. Jika kualitasnya rendah, bukan tak mungkin komponen internal di dalamnya bisa berpotensi meledak.

Baca juga : Selain lebih Mahal, Ini Bedanya SIM Internasional dan SIM Domestik

3. Bukan Tempat Penyimpanan Yang Baik

Bagasi motor yang memiliki suhu tinggi jelas bukan tempat yang tepat untuk menyimpan perangkat elektronik. Meski sejauh ini belum ada larangan yang dikeluarkan pihak produsen motor untuk menyimpan powerbank di bagasi motor.

Baca juga : Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

Kesimpulan

Perangkat elektronik memang sebaihknya disimpan pada lokasi yang aman dengan suhu stabil. Suhu tinggi seperti bagasi akan merusak dan berpotensi membuat perangkat elektronik meledak. Jadi sekarang hindari ya simpan powerbankdi bagasi motor!

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });