window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas

Harry · 25 Jul, 2021 14:00

Kala mau beli motor tapi budget terbatas, motor bekas bisa jadi alternatif menarik ketimbang beli baru. Apalagi motor-motor keluaran terbaru juga beberapa sudah tersedia di pasaran motor bekas loh.

Sebelumnya kami pernah menuliskan beberapa opsi motor bekas tahun muda, terakhir ulasan kami mengenai harga bekas Honda PCX 160. Yup, skutik premium terbaru Honda itu sudah ada unit bekasnya!

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas 01

Honda PCX 160 sudah ada unit bekasnya loh!

Tapi jangan bayar dulu, yang namanya motor bekas tetap ada beberapa item yang harus diperiksa. Jika secara fisik terhitung mulus, tak ada bodi yang pecah dan lampu-lampu semua menyala, kalian tetap harus cek beberapa bagian untuk memastikan motornya benar-benar layak pakai.

Jangan sampai beli kucing dalam karung bro, yuk simak apa saja yang harus diperiksa.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Intip Harga Honda PCX 160 Bekas, Ada yang Jual Rp27 Jutaan nih!

Rangka

Gak harus bongkar bodi buat periksa kondisi rangka motor incaran. Kalian cukup posisikan motor dengan standar tengah, luruskan setang dan lihat dari belakang dan juga depan.

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas 01

Cek kondisi rangka dengan sejajarkan kedua roda.

Jika garis roda depan dan belakang sejajar, bisa dipastikan rangka motor masih lurus. Jika terlihat sedikit miring, ada kemungkinan rangka sudah tak presisi dan bisa jadi motor bekas tabrakan.

Kaki-Kaki

Periksa kondisi suspensi depan dan belakang, apakah masih normal atau ada gejala kerusakan misal kebocoran oli. Kalian bisa memegang karet sil suspensi depan atau as suspensi untuk memastikan ada tidaknya kebocoran.

Baca juga : Yamaha XSR 155 Menjamur di Pasar Motor Bekas, Ada yang Jual di Bawah Rp 30 Juta!

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas 02

Pegang as suspensi, kalau berminyak artinya ada kebocoran.

Lalu naiki motor, tekan-tekan motor di bagian depan dan belakang untuk memastikan kinerja kedua suspensi. Normalnya, pergerakan suspensi akan terasa lembut, jika rebound terlalu cepat atau justru tak turun saat ditekan, kemungkinan suspensi sudah rusak.

Mesin

Sebelum menyalakan mesin, cek dulu level ketinggian oli mesin lewat dipstick. Kemudian coba hidupkan mesin dengan starter elektrik, jika lancar berarti dinamo starter dan kondisi kelistrikan masih aman.

Baca juga : Harga Honda Vario 125 Generasi Awal Kini Cuma Rp 8 Jutaan, Menggoda Buat Harian!

Dengarkan suara mesin apakah normal atau ada suara kasar. Suara kasar biasanya pemilik sebelumnya sering telat mengganti oli sehingga ada kemungkinan komponen aus di dalamnya.

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas 03

Cek mesin dari kebocoran, asap dan suara kasar.

Perhatikan juga knalpotnya apakah keluar asap atau tidak. Pada motor 4-tak, munculnya asap tipis menandakan ada komponen mesin yang minta diganti, seperti sil klep, ring piston atau bahkan sudah minta untuk over size.

Baca juga : Harga Rp 16 Jutaan, Mending Sikat Honda Vario 150 Bekas Daripada Honda BeAT 2021

Tes Jalan

Ini sebagai langkah final sebelum deal dengan penjual motor. Tes jalan dilakukan untuk memastikan kondisi motor benar-benar sesuai perkiraan, rasakan kinerja mesin dan transmisi baik motor manual atau matik.

Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas 04

Jangan lupa tes jalan motor bekas incaran.

Rasakan pula kinerja kaki-kakinya, redaman kedua suspensi motor, pengereman, gerak setang kemudi, spidometer dan bodi-bodi yang biasanya berisik pada putaran mesin tertentu.  

Kalau semuanya aman, tinggal nego harga deh sama penjualnya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });