window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi!

Harry · 13 Sep, 2022 14:30

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi! 01

Qcix Zuma, motor listrik unik ala Honda Zoomer.
  • Tampilan modern dan mewah.
  • Motor minim cover bodil
  • Jiplak bentuk Honda Zoomer.

Era motor listrik mulai ramai diberbagai belahan dunia. Cina sebagai negara dengan populasi besar dan industri otomotif yang berkembang pesat, tak mau kalah untuk ikut meramaikan pasar motor listrik.

Meski sudah ada banyak motor cina dengan desain keren dan murni kaya pabrikan sendiri, masih ada juga yang asal jiplak untuk kemudian dijadikan motor listrik. Salah satunya Qcix.

Baca juga : Pabrikan Motor Italia Malaguti Bikin Saingan Yamaha MT-25 di Cina, Comot Mesin Aprilia Bro!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Merek satu ini memproduksi beragam motor listrik yang beberapa diantaranya mirip model motor yang sudah populer. Qcix Zuma salah satunya, dan secara tampilan terlihat persis Honda Zoomer yang ikonik.

Tapi jika Honda Zoomer terlihat klasik, Qcix justru membuatnta terlihat modern. Caranya dengan menggunakan lampu-lampu LED pada lampu depan, lampu belakang hingga lampu sein.

Manfaatkan Ruang Kosong

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi! 01

Lampu depan dengan pelindung.

Ciri utamanya adalah motor tanpa cover bodi, dek rata serta memiliki sepasang lampu depan bulat ganda, dengan cover pelat pelindung. Aslinya, bawah jok pun bolong untuk membawa barang panjang, seperti skateboard.

Tapi karena Qcix Zuma ini adalah motor listrik, dan meniru motor yang tanpa cover bodi, alhasil ruang kosong di bawah jok dijadikan tempat untuk baterai. 

Baca juga : Tiruan Honda ADV 150 Asal Cina Bersolek, Lebih Gahar Pakai Pelek Jari-Jari!

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi! 02

Lampu belakang juga sudah LED.

Kemudian bagian mesin juga CVT pada unit aslinya, digantikan dengan cover, karena jika dilihat motor listrik penggeraknya menyatu dengan tromol. Tentunya cover ala-ala itu supaya bagian belakang motor tak terlalu kosong.

Kaki-Kaki Mewah

Biar mocin dan menjipak model yang sudah ada, nampaknya Qcix ini terlihat serius karena komponen kaki-kakinya terlihat mewah. Suspensi depan upside down, mewah dengan tampilan silver.

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi! 03

Suspensi depan upside down.

Belum lagi ada tambahan tabung kecil ditiap sisi tabung yang nampaknya berfungsi untuk mengatur setelan karkater suspensi. Suspensi belakang tak kalah mewahnya dengan suspensi ganda dengan tabung.

Unsur mewah lainnya adalah penggunaan ban yang seperti Pirelli Diablo Scooter namun bermerek Shou Tong, dengan profil tebal, yang nampak cocok dengan bentuk motor keseluruhan. Sayang kaliper rem yang dipakai agak kurang mendukung nih.

Baca juga : Mocin Ybhoonda PCX 150, Honda PCX 150 Jadi-Jadian Asal Cina Tapi Pakai Mesin eSP

Jiplak Habis Honda Zoomer, Mocin Listrik Ini Tampil Unik Tanpa Bodi! 04

Panel meter digital yang informatif.

Sayangnya tak ada data spesifikasi lebih lengkap terkait motor listrik ini, seperti kapasitas baterai dan kemampuan jelajahnya. Namun lihat dari panel meter full digital, motor ini memiliki 4 mode berkendara.

Kemudian ada fitur cruise control, side stand switch, rem parkir, serta indikator lain seperti tuas akselerator error. Kalau masuk Indonesia kira-kira bakal dijual berapa ya?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });