window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kembangkan Baterai Motor Listrik, Pabrikan Ban Ini bakal Tambah Bisnis Baru?

Ary · 13 Agu, 2021 14:00

Giat elektrifikasi yang semakin masif, mendorong berbagai pihak turut serta melakukan hal serupa. Hal tersebut pun nyatanya tengah dijajaki pula oleh Continental AG. Produsen ban asal Jerman ini diketahui tengah mengembangkan baterai untuk motor listrik berjenis skuter. 

Tentu tidak seorang diri. Seperti disampaikan oleh Motorrad Online, di sini Continental menggandeng Varta selaku partner. Varta sendiri merupakan produsen aki (accu) yang menyediakan kebutuhan untuk berbagai jenis kendaraan. Mulai dari sepeda motor, mobil, kendaraan berat hingga jet ski.

Continental Baterai Motor Listrik

Pabrikan ban Continental tengah mengembangkan baterai untuk motor listrik. 

Baca juga: Hebat! Skuter Listrik Cina ini cuma Butuh 30 Menit buat Isi Baterai

Kemampuan Baterai Setara Skutik 125 cc

Untuk saat ini, proyek perdana keduanya spesifik ditujukan kepada baterai peruntukkan skuter. Sumber serupa menerangkan, Continental dan Varta menampilkan paket baterai lithium ion berjenis swappable. Pemasok dayanya sendiri dikatakan memiliki daya 48 volt. Sementara untuk output yang dihasilkan, bisa di atas 13,5 PS. Kemampuan ini setara dengan skutik 125 cc seperti Honda Vario 125 atau Yamaha Freego.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Diterangkan pula, setiap satu baterai itu mampu digunakan berjalan hingga 50 km. Artinya, bakal dua kali lipat jarak tempuhnya apabila motor listrik tersebut sanggup menggendong dua paket baterai sekaligus. Pencapaian 100 km, tentu saja bagus untuk sebuah skuter listrik. 

Baterai Motor Listrik Continental

Sosok Vespa listrik yang sudah menggendong baterai Continental.

Baca juga: Selisik Detail Skuter Listrik CE 04, Top Speed Tembus 120 km/jam!

Bukan saja soal daya jelajah. Selain memiliki desain ringkas, baterai Continental dan Varta juga diklaim memiliki performa tinggi, pengisian ulang singkat dan tahan terhadap suhu dingin. Menariknya lagi, prototipe baterai ini diperlihatkan hanya salam waktu 6 bulan semenjak adanya kerjasama antara Continental dan Varta. 

Mungkin agak kecil peluang Continental dipilih sebagai pemasok baterai salah satu pabrikan. Pasalnya, saat ini pun setiap jenama sudah memiliki rekanannya masing-masing. Hal itu bahkan diperlihatkan Varta yang notabene menjadi rekanan dalam proyek motor listrik KTM. 

Ban Motor Continental

Continental menjadi ban OEM untuk BMW Motorrad.

Baca juga: Cocok Buat Gantiin BeAT, Ini Skuter Listrik Baru Honda Yang Dijual Rp 16 Jutaan

Seperti model bisnis yang dijalankannya sekarang, Continental hadir sebagai salah brand karet bundar untuk berbagai jenis kendaraan. Jadi, bukan tidak mungkin baterai ini dijadikannya sebagai ladang uang baru Continental di era elektrifikasi ke depan. Selain menjadi produk aftermarket, bisa saja baterai mereka ini justru menjadi produk OEM sebuah brand kendaraan.    

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });