window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh!

Harry · 10 Apr, 2021 17:00

Ada banyak sekali komponen kelistrikan pada sepeda motor yang berfungsi menunjang kinerja motor secara keseluruhan. Termasuk komponen sekring yang terdiri dari beberapa buah sekring untuk mengontrol komponen kelistrikan motor.

Sekring sendiri punya tugas untuk menjaga agar arus listrik tidak melewati batas kebutuhan motor. Jika suplai listrik berlebihan, maka sekring akan jadi komponen pertama yang putus, sehingga tak merembet pada komponen elektrik motor lainnya.

Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh! 01

Lampu-lampu motor bisa mati jika sekring putus.

Sekring yang putus, bisa dilihat dari beberapa tanda dari komponen motor yang tiba-tiba menjadi tidak berfungsi. Apa saja kira-kira ya? Dilansir dari situs Wahana Honda, ini beberapa komponen yang tak berfungsi jika sekring putus.

1. Lampu Motor

Sekring lampu jika putus tentu arus listrik menuju lampu motor tidak ada, dan pastinya lampu jadi tak bisa menyala. Namun mesin motor tetap bisa nyala dan motor juga bisa dikendarai normal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hanya saja lampu motor yang tak bisa menyala akan membahayakan pengendara, karena tak bisa menerangi jalanan saat malam hari, bisa tak terlihat pengendara lain dari belakang dan tak bisa memberi isyarat lampu saat henadk berbelok.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh! 01

Sekring putus bisa bikin motor mogok.

2. Klakson Mati

Komponen satu ini ibarat alat komunikasi untuk sesama pengendara, tak mungkinkan teriak-teriak saat hendak keluar gang atau mencari perhatian pengendara lain? Nah inilah fungsi penting dari klakson.

3. Mesin Mati

Sekring motor terdiri dari beberapa buah, setiap sekring memiliki tugasnya masing-masing, termasuk adanya sekring untuk mesin dan sekring pengapian. Jika salah satu sekring taddi putus, mesin motor tak akan mau menyala.

Jika tiba-tiba motor mogok, pastikan periksa dulu sekring utama dan sekring pengapian tadi. Jika sekring masih bagus, baru periksa komponen motor lainnya seperti ECU, sepul dan lainnya.

Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh! 02

Ketahui letak sekring motor Anda.

Letak Sekring Motor

Umumnya sekring dijadikan dalam satu tempat khusus, ada yang posisinya di bawah jok, ada yang di balik bodi depan bahkan ada yang letaknya di balik cover bodi samping. Maka perhatikan letak sekring motor dengan seksama.

Baca juga : Supaya Tak Bingung, Begini Cara Pakai Y-Connect di Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Untuk mengetahuinya bisa dengan membaca buku pedoman pemilik yang diberikan saat unit pertama kali diantar ke rumah. Ini untuk memudahkan Anda, jika ada kendala di atas, bisa langsung segera melakukan deteksi awal kerusakan dengan melihat kondisi sekring.

Sekring sendiri ada dua macam, yakni sekring model tancap yang untuk memasang and melepasnya hanya dengan ditarik. Ada pula sekring model tabung, yang biasanya dilindungi oleh cover plastik.

Harga Sekring

Sekring sendiri termasuk komponen slow moving, alias jarang bermasalah jika kelistrikan motor dalam kondisi standar. Kalau pun sekring putus, harganya pun tak terlalu mahal, hanya beberapa ribu rupiah saja.

Lampu Hingga Klakson Motor Tiba-Tiba Mati? Bisa Jadi Karena Komponen Kecil Ini Loh! 03

Sekring motor model tancap.

Untuk mendapatkan sekring, bengkel motor baik bengkel resmi atau bengkel umum selalu menyediakan sekring. Baiknya siapkan stok sekring cadangan jika kelistrikan motor sudah berubah, atau ada tambahan komponen yang mengkonsumsi listrik.

Baca juga : Pemilik Yamaha Nmax 155 sampai Honda PCX 160 Wajib Tahu, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan

Kesimpulan

Terkadang karena ketidaktahuan pemilik, motor yang tiba-tiba rusak akan langsung divonis untuk mengganti komponen yang harganya cukup mahal, seperti ECU atau sepul. Padahal penyebabnya hanyalah sekring yang putus.

Maka dari itu penting untuk mengetahui letak sekring motor dan membawa cadangan sekring bisa menjadi langkah awal mengetahui dan memperbaiki kerusakan komponen pada motor. 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });