window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Layak ke Indonesia, Daya Jelajah TVS iQube Listrik Ungguli Honda PCX Electric

Yusuf · 11 Jun, 2021 08:30

Pabrikan sepeda motor asal India, TVS, mengumumkan kerja samanya dengan Convergence Energy Services Ltd. (CESL). Bentuk afiliasi keduanya ini berupa kemitraan strategis untuk mendirikan stasiun pengisian EV di seluruh India.

Kesepakatan keduanya berlangsung bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sebagai bagian dari MoU, TVS dan CESL berencana mendirikan jaringan stasiun pengisian untuk skuter listrik TVS iQube yang tersebar di 20 kota.

Motor Listrik TVS

TVS menjalin kerjasama dengan CESL untuk mendukung sebaran motor listriknya.

Dengan adanya kerja sama ini, pengguna motor listrik TVS iQube akan menjadi lebih mudah dalam mengisi ulang daya si motor selain dari rumah. Langkah yang besar karena sejauh ini, stasiun pengisian baru tersedia di jaringan diler TVS saja. 

Penyebaran TVS iQube Electric ke 20 Kota

Seiring pula niatan untuk memperbanyak tempat isi ulang baterai, TVS pun sudah menggagas penyebaran yang lebih masif lagi untuk skuter listriknya tersebut. Tak hanya di Bangalore saja, distribusi TVS iQube Electric bakal dilakukan di 20 kota di India. Timeline ketersediaan skuter ramah lingkungan itu pun dijadwalkan berlangsung selama 2021 hingga 2022 nanti. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Keren! Skutik Listrik Cina, Felo FW06 Punya Jarak Tempuh di Atas Honda PCX Listrik

TVS iQube Electric

Penyebaran TVS iQube bakal secara masif hingga 2022 mendatang.

TVS mengatakan bahwa memperluas infrastruktur pengisian daya akan meningkatkan adopsi kendaraan listrik di India. Faktanya, pemain utama motor listrik di India seperti Ather Energy, Hero-Gogoro dan Ola Electric juga sedang dalam proses memasang atau memperluas hal serupa. Tujuannya satu, memberikan kemudahan. Dengan harapan dapat mendorong ketertarikan masyarakat India untuk menggunakan kendaraan niremisi.  

Jarak Tempuh TVS iQube Electric Kalahkan Honda PCX Listrik

Untuk menegaskan kembali, TVS iQube ditenagai oleh motor listrik berdaya 4.4 kW. Bekalan tersebut mampu mendorong sang skuter TVS hingga kecepatan tertinggi 78 kpj. TVS juga mengklaim, iQube listrik dapat menempuh perjalanan sejauh 75 km dengan pengisian penuh.

Baca juga: Cafe Racer Listrik Buatan Thailand ini Mampu Melesat hingga 140 kpj!

Dimensi TVS iQube Electric

TVS iQube punya dimensi yang imut.

Catatan itu nyatanya lebih jauh daripada pencapaian Honda PCX Electric. Di atas kertas, skuter listrik Honda memiliki daya jelajah 69 km saja. Tentu dengan kondisi baterai terisi penuh. TVS iQube digadang juga mampu menjangkau 0-40kpj dalam waktu 4,2 detik.  

Skuter ini memiliki dua mode berkendara – economy dan power.  Yang disayangkan adalah, baterai pada iQube tidak dapat dilepas untuk diganti dengan baterai cadangan seperti motor listrik Honda. Dengan kata lain, pemilik TVS iQube listrik mesti meluangkan waktu di stasiun pengisian ulang baterai. 

Menarik untuk Pasar Indonesia? 

Tren elektrifikasi pun nyatanya semakin terlihat di Indonesia. Setahun belakangan, muncul pemain-pemain baru selain Honda dan Gesits. Sebut saja Niu, United dan lain-lain. Bahkan, ada satu pemain anyar yaitu BS Electric, yang konon bakal menjual motor listriknya dengan harga lebih murah dari skutik entry level bermesin bensin.

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

Fitur TVS iQube Electric

Fitur navigasi juga tersedia pada TVS iQube Electric.

Menyoal sosok, TVS iQube listrik jelas menggoda. Konsep yang disajikannya selaras dengan minat pasar Indonesia (menyukai skutik). Ditambah lagi tampilan yang imut dan berdimensi kompak. Cocok untuk penggunaan di perkotaan. Selain itu, dia juga punya keunggulan berupa fitur konektivitas gawai. 

Di satu sisi, kehadiran motor listrik TVS mungkin dapat mengangkat kembali nama sang jenama di Tanah Air. Tentu bakal lebih menarik lagi, apabila TVS iQube listrik dijual dengan harga yang kompetitif.  

 

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });