window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cafe Racer Listrik Buatan Thailand ini Mampu Melesat hingga 140 kpj!

Ary · 10 Jun, 2021 18:00

Brand sepeda motor listrik KeepCool, menyuguhkan produk niremisi berbeda kepada khalayak di Thailand. Bukan saja unik lantaran mengedepankan tema cafe racer. Motor ini juga diklaim punya kecepatan yang luar biasa!

Motor Listrik KeepCool

KeepCool mempersiapkan motor listrik bergaya cafe racer.

Layaknya Motor Custom

Sebelum lebih jauh, tak ada salah kita bahas dulu desain sang cafe racer listrik bernama Project-E1 ini. Saat melihat jejaknya di facebook Andy Keepcool, penggarapannya benar-benar dibuat bak sebuah motor custom. Tengok saja tangki serta panel bodi di bawahnya. Bagian yang unik ini tampaknya terbuat dari plat dengan pengerjaan galvanis.  

Guna menguatkan konsep semula, maka dipasangkan lah lampu depan bulat, fork upside down berdiameter besar hingga setang jepit dengan penempatan under yoke. Sementara di bagian belakang, jok dibuat mentereng dengan warna marun dan suspensi belakang ganda subtank. 

Baca juga: Skutik Listrik Honda Benly e Kedapatan Uji Coba di India, Cocok buat Harian?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor Listrik Thailand

KeepCool Project-E1 digarap bak sebuah motor custom.

Dari sisi ini terutama kaki-kaki, tampak cafe racer listrik Project-E1 menggunakan spare part yang sudah tersedia di pasaran. Begitu pula dengan perangkat roda. Mengejutkannya, pihak KeepCool justru masih menyematkan rantai. Terlihat dari sproket besar yang terpasang di roda belakangnya itu. 

Kesan konservatif juga tampak pada bagian panel meter dan rumah kunci. Namun setelah semuanya rampung dirakit, pesona motor listrik asal Thailand muncul setelah tubuhnya dilabur cat bernuansa monokrom (hitam-putih). 

Pengisian Baterai Motor Listrik KeepCool

Soket pengisian daya ulang baterai terdapat di bagian atas tangki. 

Baca juga: Keren! Skutik Listrik Cina, Felo FW06 Punya Jarak Tempuh di Atas Honda PCX Listrik

Durasi Pengisian Baterai Maksimal 3 Jam 

Terkait bagian bodi unik tadi, bagian yang biasanya berisikan bongkahan mesin pada motor konvensional, ditempati oleh perangkat baterai. Pemasok daya KeepCool Project-E1 menggunakan baterai lithium nmc 5,3 Kwh yang bukan swappable batery. Sementara pada tangki, menjadi tempat untuk soket pengisian ulang daya. 

Melalui laman Facebook-nya, Andy menerangkan bahwa sistem charger AC type 2 dari motor listrik KeepCool ini sudah memenuhi standar internasional. "Untuk mengisi 80-100% hanya membutuhkan waktu 30 menit. Sementara untuk pengisian normal berlangsung antara 2-3 jam," tulis Andy. 

Motor Listrik KeepCool Project-E1

Motor Listrik KeepCool masih menggunakan sproket.

Baca juga: Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

Dengan baterai tersebut, KeepCool Project-E1 diklaim mampu diajak menjelajah hingga 150 km. Bukan cuma itu. motor listrik ini bahkan disebut-sebut mampu melesat dengan kecepatan tertinggi hingga 140 kpj. 

"Karena bisa berjalan jauh, diperlukan baterai yang besar dan berat. Oleh karena itu, tidak cocok untuk mencopot baterainya. Motor ini sudah menggunakan sistem pengisian seperti di Amerika dan Eropa," pungkas Andy.  

Kabar terakhir, KeepCool sudah merampungkan tes dari prototipe-nya tersebut. Jika proses perizinan berjalan mulus, Project-E1 siap diproduksi massal. Dengan level perusahaan yang masih start up, tentu permintaan hanya diperuntukkan bagi pasar domestik Thailand saja. 

Sedangkan dari harga jual, KeepCool Project-E1 diperkiraan tidak sampai 100.000 Baht (sekitar Rp45 jutaan). Menarik karena banderol segitu setara dengan motor sport 150 cc di Thailand. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });