window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Marak Motor Listrik, Denso Indonesia Mau Bikin Komponennya?

Ilham · 12 Apr, 2023 09:00

Marak Motor Listrik, Denso Indonesia Mau Bikin Komponennya? 01

Denso produksi beragam komponen otomotif
  • Denso belum masuk tahap pengembangan komponen motor listrik.
  • Pabrikan motor Jepang tengah menyiapkan motor listrik lokal.

Saat ini era motor listrik sudah di depan mata. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya merek dan tipe motor listrik yang dijual di Indonesia.

Bahkan sejumlah pabrikan motor asal Jepang pun mulai menyiapkan produk mereka di segmen kendaraan bebas polusi udara itu. Diantaranya Honda yang menyiapkan produk lokal mereka tahun ini. Serta Yamaha yang kini memasuki tahap uji jalan dari motor listriknya, Yamaha E01 (Spesifikasi | Berita).

Meski demikian, Denso Indonesia sebagai salah satu pemasok dari peranti motor, terutama brand Jepang mengaku saat ini belum mengembangkan komponen motor listrik. Tapi kedepannya, kemungkinan pengembangan tersebut bisa terjadi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Untuk komponen motor listrik saat ini kita belum develop. Tapi kita dekat dengan pabrikan motor di Indonesia. Sehingga semua terbuka untuk segala kesempatan," ucap President Director PT Denso Indonesia (DNIA), Shigeru Kato belum lama ini.

Baca Juga: Cuma Rp 50 Ribuan, Klakson Denso Ini Pas Buat yang Mau Upgrade

Denso Jadi Pemasok Komponen Terbesar ke-2 di Dunia

Bukan tanpa alasan Denso perlu bersiap menghadapi era motor listrik di Indonesia. Pasalnya, Denso dikenal sebagai pemasok komponen terbesar ke-2 di dunia. Banyak pabrikan otomotif bergantung pada produk mereka.

Marak Motor Listrik, Denso Indonesia Mau Bikin Komponennya? 01

Proses produksi di pabrik Denso

Selain itu, pesaing utamanya yakni Bosch yang merupakan pemasok komponen terbesar di Indonesia sudah menghadirkan deretan produk penunjang motor listrik. Termasuk komponen penggeraknya. Sehingga Denso perlu bersaing di segmen baru ini.

“Saat ini, DSIA punya 2 jalur bisnis yang terbagi menjadi dua. Pertama adalah bisnis bisnis Original Equipment Manufacturer (OEM) serta Original Equipment Service Parts (OES) dan yang kedua adalah aftermarket," ucap President Director PT Denso Sales Indonesia, Hiroshi Watanabe.

Baca Juga: Gak Cuma BeAT, Ini Daftar Motor Matic Irit Buat Mudik Versi Autofun

Di Tanah Air, Denso Indonesia sendiri menjadi pemasok berbagai komponen otomotif. Seperti cabin air filter yang tergabung dalam AC mobil dan AC Bus, serta busi, klakson, wiperblade, stick coil, filter udara hingga filter oli dibuat oleh Denso.

Komponen tersebut tersedia untuk bermacam kendaraan, mulai dari bus dan mobil pribadi, hingga sepeda motor. Beragam komponen pendukung industri otomotif ini juga yang membuat Denso Group Indonesia terlihat besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });