window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Marc Marquez Gegar Otak, Peluang Hatrick di MotoGP Algarve Dipastikan Gagal

Ilham · 3 Nov, 2021 19:00

Kabar kurang sedap buat kalian penggemar Marc Marquez, yang mengharapkan aksi dan kembali meraih kemenangan tiga kali beruntun alias hatrick di MotoGP Algarve pada 7 November nanti. Pasalnya Marquez bakal absen di ajang balap yang berlangsung di Portimao, Portugal tersebut.

Melalui pernyataan resminya, pihak tim Repsol Honda menyatakan jika Marquez mundur dari MotoGP Algarve karena menderita gegar otak ringan. Hal tersebut didapat rider bernomor 93 itu akibat kecelakaan saat latihan bersama motor off road.

Marc Marquez Gegar Otak, Peluang Hatrick di MotoGP Algarve Dipastikan Gagal 01

Marc Marquez Saat Membalap

Dilansir motogp.com, Marquez sebenarnya sempat memantau kondisi kesehatannya terlebih dahulu setelah kecelakaan terjadi, sebelum akhirnya memutuskan mundur.

Menurutnya, setelah beberapa hari istirahat di rumah dan melihat kondisinya yang masih kurang sehat, Marquez memutuskan untuk diperiksa oleh dokter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dalam medical check-up untuk mengevaluasi statusnya saat ini, akhirnya sebagai tindakan pencegahan, pihak dokter menyatakan jika Marquez tidak akan mengikuti Grand Prix Algarve di Portimao.

Kondisi ini tentu sangat disayangkan, mengingat pertarungan antar pembalap di ajang MotoGP tahun ini hanya tinggal menyisakan dua ronde. Yakni seri Algarve dan Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol.

Marc Marquez Gegar Otak, Peluang Hatrick di MotoGP Algarve Dipastikan Gagal 01

Podium Marquez di Misano

Selain itu, Marquez sendiri tengah dalam kondisi terbaik setelah pulih dari cedera berat beberapa waktu lalu. Performa pembalap Spanyol ini mulai membaik setelah sebelumnya sukses merebut gelar juara di 2 seri MotoGP terakhir.

Keduanya adalah seri Amerika yang berlangsung di trek Circuit Of The Americas dan seri Emilia-Romagna di Sirkuit Misano. Nantinya, posisi Marquez akan digantikan oleh test rider Honda Racing Corporation, Stefan Bradl.

Performa Marquez Mulai Menanjak

Meski harus absen di 2 seri perdana MotoGP 2021 yang berlangsung di lokasi yang sama yaitu Losail, Qatar tetapi Marquez sukses menunjukan kelasnya sebagai pemegang 8 gelar juara dunia. Pasalnya sederet kemenangan dan podium sanggup diraihnya tahun ini.

The Baby Alien, julukannya sukses merebut gelar juara 3 kali dan1 kali runner up. Kemenangan pertama Marquez tahun ini didapat dari seri Jerman di Sachsenring. Podium tersebut memutus puasa panjang gelar juara Marquez yang terakhir di dapat pada November 2019 silam. Lalu diikuti podium dua di seri Aragon.

Marc Marquez Gegar Otak, Peluang Hatrick di MotoGP Algarve Dipastikan Gagal 02

Marquez memberi selamat pada juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo

Torehan empat podium tersebut sukses mebuatnya bertengger di posisi 6 klasemen sementara MotoGP 2021 dengan perolehan poin 142. Potensi untuk menggusur Jack Miller yang berada setingkat di atasnya pun besar. Karena Miller hanya memiliki 149 poin saja. Namun harapan itu pupus sudah.

Selain itu, selisih poin yang didapat oleh Marquez terbilang tipis dari pemilik urutan ke-7 yakni Brad Binder yang mengoleksi 136 poin. Sehingga ada kemungkinan juga pembalap Afrika Selatan ini yang justru melengserkan posisinya.

Cedera Panjang Marc Marquez

Setelah merebut gelar juara MotoGP 2016-2019 secara beruntun, karir Marquez tampak tanpa pesaing. Namun petaka datang di tahun 2020, tepatnya pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez.

Marc Marquez Gegar Otak, Peluang Hatrick di MotoGP Algarve Dipastikan Gagal 03

Aksi Marquez di trek

Gelaran yang tertunda hingga bulan Juli 2020 akibat pandemi virus corona ini membawa mimpi buruk bagi Marquez. Selepas terjatuh di pertengahan lomba, Marquez sukses bangkit dan mengejar hingga posisi ke-2. Namun dirinya kembali terjatuh, ironisnya tangan Marquez tertabrak ban motornya sendiri hingga patah.

Setelah melakukan operasi dan pengobatan, dirinya sempat kembali mencoba menunggang motor. Hasilnya, kondisi tangannya makin parah dan pihak dokter menyatakan Marquez harus beristirahat setahun penuh untuk memulihkan kondisinya.

Setelah kembali di 2021 pasca kesembuhan tangannya, kini Marquez kembali tertimpa musibah karena menderita gegar otak ringan. Sehingga memaksanya kembali beristirahat di seri Algarve nanti.

Duh, semoga cepat pulih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });