window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mau Lulus Ujian Praktek SIM C? Ini Bocorannya, Lumayan Buat Latihan

Herdi · 1 Nov, 2022 11:30

Mau Lulus Ujian Praktek SIM C? Ini Bocorannya, Lumayan Buat Latihan 01

Praktik ujian SIM C.
  • Ujian pembuatan SIM dianggap menyulitkan.
  •  

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor. Namun faktanya, banyak orang yang tidak memilikinya. 

Ya, mereka beralasan untuk membuat SIM dianggap ribet. Belum lagi, jika gagal di ujian teori maupun praktik, harus diulang 7-14 hari kemudian. 

Baca juga: Ujian SIM Gagal Jangan Langsung Pulang, Nantinya Bisa Diulang Dihari yang Sama

Ilustrasi SIM A dan C

Ilustrasi SIM A dan C

Tentu saja ini bisa menghabiskan waktu, karena untuk para pekerja mereka harus minta izin atasan, atau terpaksa cuti demi membuat SIM. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Berangkat dari hal ini dan perbincangan dengan pemohon SIM di Satpas SIM, Daan Mogot, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan agar pemohon SIM yang gagal bisa diberi kesempatan untuk latihan terlebih dulu. 

"Yang utamanya yang praktik tadi. Kalau mereka gagal mungkin dikasih kesempatan latihan sekali lah gitu ya. Mungkin sore, tadi saya sudah menanyakan supaya mereka bisa latihan dan kemudian pada saat besok ujiannya lagi lebih lancar," ungkap Sigit seperti dilansir situs Instagram pribadinya @listyosigitprabowo.

Baca juga: Perpanjang SIM Cukup Pakai Ponsel, Caranya Semudah Pesan Ojek Online

SIM

Ilustrasi SIM

Kata Sigit, pemohon yang gagal saat menjalani ujian, sebaiknya diberikan kesempatan untuk berlatih di sore hari agar memiliki kemampuan saat ujian berlangsung . 

"Dikasih kesempatan untuk latihan supaya nggak bolak-balik," tutup Sigit.

Materi Ujian Praktek SIM C

Kali ini, AutoFun Indonesia akan memberikan bocoran beberapa hal penting saat ujian praktek. Tapi sejatinya, aturan perihal ujian praktek ini ada dalam Lampiran Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Surat Izin Mengemudi. 

Nah,karena di Indonesia banyak pengendara sepeda motor, maka kami akan informasikan trik pembuatan SIM C yang perlu diketahui;

A. Uji Pengereman atau keseimbangan

Ilustrasi uji praktek sim track lurus

Ilustrasi uji praktek sim track lurus

1) Menjalankan sepeda motor kecepatan perseneling stabil 30  km/jam, dengan persneling 2 berhenti pada garis Stop dengan teknik pengereman kombinasi yang lebih dominan rem  tangan bersamaan dengan rem belakang (kaki) untuk mengimbangi rem depan,  kaki kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang konfirmasi keselamatan.

2) Jarak dari start sampai finish  adalah  9 buah patok   dari ukuran panjang kendaraan uji tambah ½ panjang kendaraan uji (1,5 m) sedang lebar patok yang dilintasi adalah 2 x  lebar kendaraan bermotor uji   untuk lebar lintasan pengereman.

B. Uji Slalom atau Zig-Zag 

1) Menjalankan sepeda motor slalom/zig-zag melintasi patok (kerucut) dengan kecepatan 10 km/jam, jarak antar patok 1,5 kali  panjang kendaraan bermotor uji dan jari-jari tangan tidak menekan tangkai kopling/pengereman sebelum titik berhenti yang ditentukan.

2) Kemudian dilanjutkan slalom/zig-zag dengan kecepatan stabil,  jarak patok satu dengan yang satu 3 kali panjang kendaraan  bermotor uji dan berhenti pada garis Stop, dengan teknik   pengereman kombinasi rem depan lebih dominan dan rem belakang  mengimbangi asumsi (70 atau 30 persen), kaki kiri menapak di jalan, Kepala memalingkan ke kanan belakang konfirmasi keselamatan.

C. Uji membentuk Angka Delapan

Ilustrasi uji praktek sim track angka delapan

Ilustrasi uji praktek sim track angka delapan

1) Menjalankan sepeda motor di dalam lingkaran 3 kali membentuk angka delapan, mengikuti petunjuk arah, tidak berhenti dan kaki tidak menginjak lapangan serta jari-jari tangan tidak menarik kopling/rem.

2) Di atas garis angka delapan diletakkan patok, dengan jarak antar masing-masing patok 1,5 kali panjang kendaraan bermotor uji.

D. Uji Reaksi Rem Menghindar

Konfirmasi   keselamatan   pada   saat   menjalankan   sepeda   motor dengan kecepatan stabil perseneleng 2 atau 3, kemudian melakukan pengereman  pada  Garis  Kuning  atau  patok,  lepas  rem pada  patok   atau Garis Hijau, lalu  membelok sesuai petunjuk dari petugas, serta berhenti  pada  garis stop  dengan  teknik  pengereman kombinasi untuk rem belakang mengimbangi dan untuk  rem depan dominan, kaki kiri turun dan palingkan kepala ke kanan belakang. 

E. Uji Berbalik arah membentuk huruf U (Turn)

Ilustrasi uji praktek SIM U turn

Ilustrasi uji praktek SIM U turn

Konfirmasi  keselamatan  pada  saat  akan  menjalankan  sepeda  motor memutar  dengan  membentuk huruf  U  di  jalan  sempit  yang  lebarnya  2 kali  panjang  kendaraan  bermotor  uji,  tanpa  menginjakkan kaki  ke lapangan dan pandangan tertuju ke arah yang akan dituju.

Ketentuan lulus ujian Praktik SIM C

Tidak boleh menyenggol patok  (Andy Garna)

Tidak boleh menyenggol patok  (Youtube: Andy Garna)

a. peserta  uji  menyelesaikan  seluruh  materi  ujian  Praktik  Surat  Izin mengemudi C dengan tidak melakukan kesalahan, antara lain :

1) Tidak  menyentuh  dan  menjatuhkan  patok  pada  setiap  materi ujian.
2) Kaki tidak menginjak lapangan pada materi ujian yang dilarang.
3) Tidak melakukan  pengereman  pada materi  ujian  yang  dilarang. 
4) Peserta  tidak  mentaati  ketentuan  uji  praktik  sesuai  petunjuk penguji.

b. Setiap peserta ujian diberikan kesempatan untuk mengulang dua kali sebelum dinyatakan gugur.

Persiapan Simulasi Ujian Praktik Pembuatan SIM C

Uji Praktek SIM C Berita Sae

Uji Praktek SIM C (Capture Youtube Berita Sae)

Saat mengajukan pembuatan SIM baru, hal tersulit sangat terasa ketika uji praktik, khususnya saat melewati zig-zag atau slalom, dan membentuk angka delapan. 

Maka dari itu, agar bisa lolos uji praktik SIM, sebenarnya Anda bisa berlatih terlebih dahulu di rumah. Tentunya di area luas seperti lapangan.

Nah, untuk melakukan itu simulasi uji praktik, mak setidaknya dilakukan di sebuah lapangan tidak licin atau berpasir dengan lebar minimal 50 meter dan panjang 100 meter. 

Tidak lupa ada beberapa perlengkapan yang dipersiapkan, seperti patok dengan tinggi 40 cm, diameter 10-25 cm, dan warnanya terang.

Semoga lulus dapat SIM C ya...

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });