window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini

Harry · 25 Apr, 2022 10:30

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini 01

Motor tipe sport lebih pas untuk jalan jauh.
  • Kopling gosok bisa bikin motor hilang tenaga.
  • Rantai aus berpotensi putus di jalan.
  • Tangki kotor bisa ganggu kinerja injector dan karburator.

Musim mudik telah tiba, jalanan di sepanjang Kalimalang, Bekasi mulai nampak pemudik menggunakan sepeda motor sejak akhir pekan kemarin. Moda transportasi roda dua ini dipilih karena murah, praktis dan mudah digunakan siapa saja.

Ya meski tidak disarankan untuk mudik pakai motor, namun rasa rindu kampung halaman yang membuncang sejak dua tahun belakangan tak bisa dibentuk. Alhasil pemudik pakai motor masih banyak jumlahnya.

Jika kalian ada rencana mudik pakai motor tipe sport dan sedang melakukan persiapan, jangan luput untuk memeriksa sejumlah komponen ini. Tentunya supaya dalam perjalanan aman dan nyaman, apa saja ya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kopling

Komponen penyalur daya mesin menuju rantai kemudian roda ini punya peran vital. Kalau bermasalah, jelas motor tak akan bisa bergerak dan hilang tenaga, meski mesin bisa hidup normal.

Baca juga : RX-King 20Th Anniversary Jadi Inspirasi, Yamaha Lexi Ini Tampil Mewah Dengan Kelir Hitam dan Emas

"Biasanya kampas kopling habis karena keseringan ngegantung kopling pas macet," jelas Heri Prasetyawan dari Jaw's Speed. Jadi ada baiknya kampas kopling dicek kondisinya ya.

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini 01

Kampas kopling tipis baiknya ganti.

Kalau sudah tipis atau gosong baiknya ganti baru. Kemudian perhatikan juga kondisi dan mekanisme gerak handle kopling dan kabel kopling. Kalau semua aman, hindari kebiasaan gantung kopling pas macet ya!

Rantai

Utamanya setel jarak main bebas rantai motor kesayangan, dengan melihat indikatornya pada lengan ayun. Jika sudah sampai mentok, mending diganti baru sekalian agar kinerjanya kembali maksimal.

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini 02

Jika rantai sudah mulur, baiknya ganti baru.

Bisa sih potong rantai, tapi khawatir kekuatan rantai berkurang. Jadi ada baiknya sekalian beli gear set, supaya benar-benar aman dan kuat buat mudik.

Baca juga : Bukan Cacat Pabrik, Kenapa Tutup Power Outlet Honda Genio 2022 Ngeganjel Saat Dipakai?

Tangki

Dengan posisi tangki yang lebih terbuka, maka lebih mudah terkena hujan hingga air saat mencuci. Untuk motor yang sudah lebih dari setahun, disarankan untuk menguras tangki bahan bakar ya.

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini 03

Kuras tangki untuk bersihkan kotoran.

Hal ini untuk menghindari potensi adanya karat dan kotoran yang bisa menyumbat fuel pump, injector atau bahkan karburator. Jangan sampai performa motor justru tersendat-sendat dalam perjalanan mudik nanti.

Ban dan Kaki-Kaki

Terakhir tentu saja bagian ban, kalau tapak ban sudah menipis dengan melihat TWI, atau ban yang dipakai sudah banyak tambalan, baiknya langsung ganti baru. Bukan tak mungkil kerikil kecil saja bisa menyebabkan ban bocor.

Baca juga : Viral Video Honda BeAT 'Lari Anjing', Ternyata Gara-Gara Malas Keluar Uang Rp 60 Ribuan Doang!

Mudik Pakai Motor Tipe Sport? Jangan Lupa Cek Bagian Ini 04

Periksa ketebalan tapak ban.

Untuk kaki-kaki banyak yang harus diperiksa, cek suspensi apakah ada kebocoran. Kemudian laher-laher roda pastikan masih aman, tidak oblak atau goyang. Terakhir cek sistem pengereman.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });