window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Muncul Paten Skutik Baru Suzuki, Burgman Versi Listrik?

Ary · 24 Jun, 2021 13:30

Kehadiran Suzuki GSX-S1000 2021 boleh jadi memukau. Begitu pula kabar mengenai bakal munculnya Suzuki GSX-S950 2022. Namun, bukan produk bermesin bakar saja yang menjadi fokus Suzuki. Jenama asal Hamamatsu, Jepang juga diketahui tengah menyiapkan produk baru berbasis listrik.

Paten Skutik Listrik Suzuki 2021

Gambar paten memiliki kemiripan dengan penampakan skutik listrik Suzuki yang belum lama ini melakukan uji jalan di India. Foto: Visordown,Gaadiwaadi.

Dari paten yang ditampilkan Visordown berikut terlihat jelas, produk anyar Suzuki bakal berwujud sebuah skutik. Sekilas bahkan cukup identik dengan perawakan Suzuki Burgman. Tentu saja sudah mengandalkan baterai dan motor listrik atau dinamo sebagai pemasok daya.

Akan tetapi, ada yang menarik dari sajian paten terbaru Suzuki ini. Gambar detail lain memperlihatkan jika skutik listrik Suzuki tak menempatkan dinamo pada roda belakang. Pasalnya, Suzuki justru menggunakan penggerak rantai untuk menyalurkan output ke roda tersebut. Sementara untuk baterai beserta controller, diletakkan di bagian atasnya.

Baca juga: Pabrikan Jepang dan Eropa Bentuk Konsorsium Standardisasi Baterai Motor Listrik, ke Depan Bakal lebih Murah?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain Skutik Listrik Suzuki

Skutik listrik Suzuki konon menggunakan rantai untuk menggerakkan roda belakang.

Ada lagi yang unik. Tampak skutik listrik baru Suzuki menggunakan pendingin udara. Hal itu ditandai dengan keberadaan kipas, meski ukurannya tidak terlalu besar. Keberadaannya item ini diperkirakan untuk melepaskan hawa panas di sekitaran baterai dan komponen pendukungnya.

Motor Listrik Suzuki Tertangkap Uji Jalan di India

Paten ini memang tak melulu mengindikasikan kelahiran sebuah produk baru. Nyatanya, cukup banyak pabrikan mendaftarkan paten sebagai langkah untuk mengamankan kekayaan intelektual mereka. Tapi, keberadaannya menjadi selaras dengan pemandangan yang terjadi di India.

Uji Skutik Listrik Suzuki di India

Penampakan motor listrik Suzuki di India.

Baca juga: Honda Kembangkan Charger Baru buat Honda PCX Listrik

Beberapa waktu lalu, motor listrik kepunyaan Suzuki tertangkap sedang uji jalan di negeri sari. Disebutkan Gaadiwaadi.com, Suzuki Burgman 125 yang merupakan produk untuk pasar domestik India dipilih sebagai basis motor listrik Suzuki. Jikapun disandingkan, paten tersebut punya kemiripan dengan si Burgman. Rumornya, skutik listrik berbasis Suzuki Burgman ini bakal rilis antara 2022 dan 2023.

Menggunakan Swappable Battery

Berkaitan dengan baterai, jelas skutik niremisi ini bakal memakai swappable battery. Kepastian ini merujuk kepada keikutsertaan Suzuki dalam konsorsium standardisasi baterai bersama tiga pabrikan Jepang lain yaitu Honda, Yamaha dan Kawasaki.

Baterai Motor listrik Suzuki

Baterai yang dikembangkan Honda diduga bakal dipakai pula oleh skutik listrik Suzuki. 

Baca juga: Ada Kubu Baru, Kymco Gandeng Felo dan Super Soco Bentuk Aliansi Motor Listrik

Keempat brand sepakat menggunakan baterai yang dapat ditukar untuk digunakan bersama. Jikapun membayangkan dengan keadaan sekarang, ibarat mengisi bahan bakar di pom bensin. Setiap motor bebas mengisi bensin, terlepas apapun merek motornya. Berkaca kepada kesamaan baterai tadi, ke depan, pemilik motor listrik Honda, Kawasaki, Suzuki maupun Yamaha dimudahkan dalam menukarkan baterai di charging station tersedia.

Pun halnya dengan pengguna motor listrik Piaggio maupun KTM. Sebagaimana kita tahu, dua jenama Eropa ini juga sebelumnya sudah membentuk hal serupa bersama Honda  dan Yamaha. Hanya saja sampai saat ini belum diketahui seperti apa wujud swappable battery yang disepakati pabrikan tersebut.


 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });