window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ogah Kecolongan Kawasaki dan Yamaha, Honda CBR400RR 2022 Meluncur Duluan

Ary · 19 Agu, 2021 09:30

Persaingan motor sport 400 cc 4-silinder kian memanas. Setelah munculnya rumor Honda CBR400RR dan Kawasaki Ninja ZX-4R, Yamaha YZF-R4 dipastikan ambil bagian dalam kelas baru tersebut. Akan tetapi, Honda CBR400RR lah yang sepertinya bakal meluncur duluan.

Tentu saja bukan dengan mesin yang saat ini dibopong Honda CBR400R (konfigurasi 2-silinder). Kuat dugaan jika jantung mekanis Honda CBR400RR 2022 nantinya menggunakan basis kepunyaan Honda CB400 Super Four maupun Honda CB400 Super Bol D'or. 

Honda CBR400RR 2022

Honda CBR400RR dikabarkan meluncur lebih dulu ketimbang Kawasaki Ninja ZX-4R dan Yamaha YZF-R4.

Baca juga: Setelah Honda dan Kawasaki, Giliran Yamaha Kembangkan Yamaha YZF-R4?

Maka dari itu, sudah tergambar jelas bagaimana performa Honda CBR400RR 2022 nantinya. Berkaca pada spesifikasi teknis kedua varian Honda CB400 itu, Honda CBR400RR akan menggunakan mesin DOHC 4-silinder segaris pendingin cairan berkapasitas 399 cc. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Racikan mesinnya pun sepertinya identik, menggunakan bore x stroke: 55 x 42 mm dan kompresi 11:3. Logis bila tenaga yang ditorehkan Honda CBR400RR adalah 56 PS @11.000 rpm. Berkaca pula kepada output pemilik basis mesin, torsi Honda CBR400RR diperkirakan mencapai 39 Nm pada putaran 9.500 rpm. 

Mesin Hyper VTEC Revo

Hal menarik dari mesin 400 cc 4-silinder Honda ini terletak pada usungan bertemakan Hyper VTEC Revo. Ini adalah sebuah mekanisme control valve yang akan mengubah peroperasian katup per silinder dari dua katup menjadi empat katup secara otomatis, sesuai dengan putaran mesin. 

Mesin Honda CBR400RR 2022

Mesin Hyper VTEC Revo yang dipakai oleh Honda CB400 Super Four maupun Honda CB400 Super Bol D'or. 

Baca juga: Penggarapan Kawasaki Ninja ZX-4R 2022 Nyata, Ini Buktinya!

Pada gigi 1 sampai 5 dan putaran mesin di rentang 6.300 rpm hingga 6.750 rpm, sensor akan mengatur dua valve untuk bekerja. Sementara saat transmisi berpindah ke gigi 6 dan 6.750 rpm, maka empat katup akan aktif. Menurut pihak Honda hal ini membuat torsi mesin kuat di setiap putaran. 

Tak cuma itu. Efisiensi juga didapat lantaran sistem injeksi motor berpadu dengan throttle body yang sudah berpelengkap IACV (Idle Air Control Valve). Terapan pada Honda CB400 ini berfungsi menstabilkan mesin. Dengan tujuan memberikan impresi berkendara yang halus baik pada kecepatan rendah maupun tinggi. 

Meluncur dalam Waktu Dekat?

Alasan Honda CBR400RR meluncur duluan jelas sebagai cara agar tidak kecolongan dari para kompatriotnya tadi. Selain itu, posisi Honda juga diuntungkan lantaran  sudah punya mesin 400 cc 4-silinder.

Mesin Honda CBR400RR 2022

Nantikan keseruan persaingan di kelas motor sport 400 cc 4-silinder.

Baca juga: Bukan cuma Harga, Ini Beda Honda Super Cub C125 2022 dan Versi lama

Tak cukup sampai di situ. Kabar hadirnya Honda CBR400RR 2022 bahkan terealisasi tidak lama lagi. Hal ini ditandai setelah media asal Jepang, Young Machine menyebut Honda bakal memberikan kejutan di segmen motor sport dalam waktu dekat ini.

Jikapun boleh memprediksi, Kawasaki Ninja ZX-4R kemungkinan menjadi kontestan kedua. Salah satu bukti sudah diperlihatkan melalui gambar paten yang sempat didaftarkan Kawasaki beberapa waktu lalu. Sementara Yamaha YZF-R4 jelas masuk sebagai pemain terakhir. Seberapa menarik rivalitas ketiganya? Kita tunggu saja debut dari masing-masing pabrikan Jepang ini!

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });