window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha

Ilham · 12 Jul, 2022 18:00

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha 01

  • Dibuat oleh produsen komponen motor Jepang.
  • Pakai baterai jenis lithium dari ABC.

Selama ini PT Dharma Polimetal mungkin lebih dikenal sebagai pemasok komponen sepeda motor. Termasuk beberapa parts yang dipakai oleh motor-motor merek Jepang.

Namun saat ini, mereka juga memproduksi motor roda tiga berjuluk PowerAce. Dan di ajang Jakarta Fair 2022 yang berlangsung di JIEXpo, Kemayoran hingga 17 Juli ini turut hadir prototipe dari motor listrik roda tiga mereka, PowerAce EV.

Gunakan Baterai ABC Lithium

Menariknya, dalam prototipe ini bagian baterainya sengaja diekspos dengan menampilkan celah akrilik pada panel baknya. Dan baterai tersebut ternyata disuplai oleh produsen yang sudah dikenal di Indonesia, yakni ABC.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha 01

Baterai produksi ABC

Baterai tersebut bertipe Lithium dengan daya 48V 100 Ah. Ditunjang dengan penggerak motor listrik bertenaga 3 kW 48V, estimasi jarak tempuh yang didapat mencapai sekitar 80 km. Karena dirancang untuk kebutuhan kargo, kecepatan tertinggi yang dihasilkan hanya 40 km/jam saja. Selain itu, tersedia juga gigi mundur untuk mempermudah mobilitas.

Baca Juga: Bakal Banyak Motor Listrik Baru di PEVS 2022, Tapi Tanpa Merek Jepang

Daya Angkut Hingga 1 Ton

Dihadirkan sebagai motor kargo, PowerAce EV punya daya angkut yang cukup mumpuni, yakni 1 ton. Sehingga bukan hanya motor pengangkut barang, namun bisa juga berfungsi untuk boks bahkan motor toko yang komplet dengan karoserinya.

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha 02

Punya kabin minimalis

Hal ini diakomodir dengan dimensi motor yang besar. Di mana panjang totalnya 3 meter, lebar 1,1 meter dan tinggi 1,9 meter. Ketinggian tersebut termasuk kanopi yang dimiliki oleh PowerAce EV.

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha 03

Selain itu ada juga penunjang lain dalam hal daya angkut adalah penggunaan suspensi depan teleskopik dengan spiral spring. Serta ada per daun yang dikenal kekuatannya untuk sok belakang.

Ada Fitur Safety

Karena dimensinya yang gambot, serta sistem penggerak listrik yang senyap membuat PowerAce EV butuh beberapa peranti penunjang keselamatan. Seperti adanya indikator suara yang memudahkan pengguna jalan lain mengetahui posisi motor tersebut saat berjalan.

Pakai Baterai ABC, Motor Listrik Roda Tiga PowerAce EV Bakal Cocok Buat Usaha 04

Ruang kabin

Lalu ada safety belt untuk pengendara. Ada juga sensor parkir yang bisa memberikan sinyal berupa suara pada pengendara ketika mundur.

Belum Dijual Umum

Sayangnya saat ini PowerAce EV belum dijual umum. Hal ini terkait perizinan dan beberapa penyempurnaan yang dibutuhkan. "Kemungkinan baru dijual tahun depan. Karena masih butuh penyesuaian lagi," ucap salah seorang sales PowerAce.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });