window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pertamina Lubricants Bakal Punya Oli Mesin Moge, Sudah Dijajal Harley-Davidson

Ary · 17 Jan, 2023 16:00

Oli Mesin Pertamina Lubricants Moge

Pertamina Lubricants berencana menghadirkan oli mesin untuk moge.
  • Segmen moge alias big bike belum dijamah oleh Pertamina Lubricants.
  • Oli mesin buat moge dari Pertamina Lubricants diperkirakan rilis tahun ini.

PT Pertamina Lubricants (PTPL) tergolong memiliki line up produk yang komplet. Namun, satu ceruk belum terjamah yakni segmen 250cc ke atas. Meski tak sebesar market motor matic, populasi kelas ini tetap ada. Fakta itu pun akhirnya mendorong mereka untuk menghadirkan pelumas bagi motor-motor tersebut.

Saat bincang di Purwokerto baru-baru ini, Catur Dermawan selaku Direktur Finance & Business Support PTPL mengungkap, rencana itu sejatinya sudah digagas sejak tahun lalu. Tak tanggung-tanggung, percobaannya bahkan dilakukan terhadap moge berlabel Harley-Davidson. 

Dijajal Buat Moge Harley-Davidson

"Tahun lalu di acara drag race di Jogja, kami support Harley-Davidson dengan oli multigrade 10W-60 Fastron Platinum Racing. Alhamdulillah juara. Artinya, secara formulasi Pertamina Lubricants bisa membuat oli mesin dengan spesifikasi sesuai harapan pengguna big bike," kata Catur. 

Pengisian oli mesin Pertamina Lubricants

Pengisian oli mesin Pertamina Lubricants.

Baca juga: Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected 2023 Resmi Mengaspal di Indonesia, Harga Mulai Rp 27 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Diterangkannya pula, pembuktian oli mesin ini kemudian berlanjut untuk perjalanan jauh alias touring. "Kami juga membuktikan kepada teman-teman pengguna moge lewat touring. Katanya, temperatur mesin lebih dingin dibanding oli pesaing," ungkap penyuka touring ini. 

Kendati begitu, Catur belum dapat memastikan secara detail ihwal ketersediaan oli mesin moge Pertamina Lubricants ini di pasaran. "Kita lihat perkembangan market. Kalau animonya makin banyak, ditambah lagi pandemi COVID-19 sudah tidak ada dan banyak kegiatan,mungkin kami akan mengeluarkan produk untuk big bike tahun ini," tuturnya. 

Rejuvinasi Produk

Bukan cuma itu. Pada 2023 ini, PTPL juga melakukan pengembangan terhadap lini produk oli mesin Pertamina Lubricants lainnya. Secara lugas disebutkan, hal tersebut menyasar ke seluruh produk mereka. 

Pertamina Lubricants

Pertamina Lubricants akan mengembangkan spesifikasi produk.

Baca juga: Uji Oli Enduro Matic V Buat Honda ADV160, Tempuh 400 Km via Jalur Ekstrem Gunung Lio!

"Akan ada rejuvinasi, misalnya API Service yang tadinya SN naik ke SP. Kami sudah ada rencana untuk itu di tahun ini. Tidak cuma Fastron tapi juga Enduro. Sama juga dengan Meditran karena ada kebijakan kendaraan komersial sekarang harus sudah Euro 4," tutur Asmirandi Noor Hudha, Brand Communication Manager PTPL. 
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });